In Movie Land

Eva : Masa Depan Kita adalah Robot


Kalau Hugo adalah film tentang robot di masa lalu, Eva adalah film robot di masa depan. Terbayang kan bedanya. Dari dulu sampai sekarang bahkan di masa depan, robot memiliki makna tersendiri dalam hidup manusia. Robot = mesin. Dan mesin mampu menggantikan kerja manusia dengan program dan teknologi.

Eva (gambar diambil dari sini)
Film EVA menggugahku seketika, karena pada akhirnya robot pun telah menggeser posisi manusia. Robot dibuat 'bernyawa' dengan teknologi yang semakin maju. 2041 adalah tahun robot. Seperti Eva.

Berlatar di Spanyol, Eva tumbuh sebagai anak gadis 10 tahun. Sosoknya cerdas, enerjik dan begitu emosional. Gak seperti anak seusianya. Ternyata kehadiran Eva punya kisah tersendiri. Ending film ini bakal bikin terkejut, meski di awal pasti udah sempat menduga.

Film Spanyol ini memanjakan kita dengan gambar-gambar keren di tahun 2041. Teknologi robotik, hologram, dan komputerisasi yang sangat canggih menjadi gambar yang menarik. Tapi kejanggalannya, detail yang lain tidak diperhatikan. Misalnya mobil. Masa di era 2041 masih ada yang menggunak mobil sejenis mercy tahun 90-an. Agak gak berkembangkah teknologi mobil?

FYI, Film Eva ini memenangkan 3 Goya Awards 2011 di Spanyol untuk kategori Best New Director, Best Supporting Actor dan Best Special Effects. Keren yaa.

***Review film ini pernah dimuat di Majalah Teen 2011.

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment