In Story Land

Mengikat Makna 5cm. versi Komik

Ini hasil pembacaan saya terhadap komik 5Cm. Versi novel, versi komik, dan versi film tentu saja berbeda. Sangat berbeda. Namun, maknanya lebih kurang sama saja. Saya berhasil mengumpulkan magic quotes. Segala makna diikat di sini.

5Cm. Impianku. Nafasku. Syairku. Teduhku. Ke-Aku-anku. Benderaku. Penciumanku. Bayangku. Genggamku. Negeriku. Jiwaku. Tanah merahku. Langit putihku.

Terkadang ketika kita kehilangan sesuatu, saat itu kita baru bisa memahami betapa berharganya hal itu.

Kita terlalu sering bersama, sampe udah lupa gimana rasanya sendirian. Sesekali kita perlu keluar dari ruang nyaman kita.

Teman-teman, malam ini kita berpisah untuk bertemu lagi. Selalu bersama dalam hati walau jarak memisahkan sampai kita tua nanti, ingatlah akan hari ini. Ya, ingatlah hari ini!

Kita akan berdiri di atas awan dan menyentuh atap langit.

Taruh puncak itu di depan kita, jangan lepaskan! Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh dan tangan yang berbuat lebih banyak.
Leher yang akan lebih sering melihat ke atas.
Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya.
Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja.
Hati yang akan bekerja lebih keras lagi.
Serta mulut yang akan selalu berdoa.

Cinta itu harus diungkapin kecuali oleh orang yang terlalu mencintai diri sendiri.

Belum pernah ada bukti nyata dalam angkat yang bisa dipecahkan ilmu pengetahuan tentang bagaimana keajaiban sebuah impian, persahabatan, cinta, dan keyakinan bisa membuat begitu banyak perbedaan yang mengubah kehidupan manusia. Hanya impian dan keyakinan yang bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lain.

Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan di depan kening kita, jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening supaya dia tidak terlepas dari mata kita.
Dan yang bisa dilakukan seorang manusia terhadap mimpi dan keyakinannya adalah... ia hanya tinggal mempercayainya.


Di komik 5Cm. ini tentu saja tak banyak kata-kata yang bisa diikat, tapi justru komik ini memvisualkan segala kata lewat gambar.

Komik karya Is Yuniarto ini diadaptasi dari novel 5Cm. empunya Donny Dhirgantoro yang sudah difilmkan oleh sutradara Rizal Mantovani dengan judul 5 Cm.

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment