In Journey Land

Danu Beratan Bedugul, Harmoni Alam, Taman, dan Water Temple

Pulau kecil Bali menyimpan segudang keindahan lainnya. Ada danau di atas bukit. Dan di sanalah kami (Tim Komunitas Tari Galang) menikmati alam itu. Bedugul. Perjalanan yang cukup jauh karena terletak di dataran yang lebih tinggi. Cuaca mulai mendingin. Jalanan yang berliku-liku membelah bukit yang di kiri-kanannya hijau menghampar.

Perjalanan menanjak menuju Danu Beratan memakan waktu sekitar 3 jam. Kupikir penanjakan yang berliku itu berujung pada sebuah danau di atas bukit. Tapi duagaanku salah. Setelah menanjak, jalanan berkelok dan mulai menurun. Di sanalah Danu Beratan itu berada. Taman dengan tumbuhan aneka rupa, aneka warna tertata rapi menyambut kami di pintu gerbang.



Danu Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.Danu Beratan merupakan danau dengan pura di pinggirannya, Pura Ulun Danu alias water temple. Pura ini terbilang kuno, didirikan 1663 sebagai tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu, Dewi Kesuburan dalam kepercayaan Hindu. Paparan keindahan danau, perbukitan di pinggirannya, jajaran taman dengan tanaman tropis, dan atap-atap pura yang berjenjang menjadi padu dalam pandangan mata.




Taman luas yang mengapit danau ini tak kalah menarik hati. Di tengah-tengahnya terdapat pohon-pohon tinggi melingkar seperti pilar tinggi. Rumput dbiarkan menjadi karpet hijau taman itu. Lalu ada pula berbagai jenis bunga warna-warni yang menambah semarak rupa taman Beratan itu. Patung-patung hewan juga tak kalah lucu disebar di beberapa sudut. Pohon besar tua yang rindang juga melindungi pengunjung dari panas terik sekaligus menambah kesejukan lokasi wisata tersebut. Aku suka dengan spot Danu Beratan Bedugul ini. Tatanannya sungguh membentuk harmoni yang tidak saling tumpang tindih unjuk diri mencuri perhatian.












Photos were taken by @Junisatya (Andi J. Satya Wicaksana)

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment