Surabaya Heritage : Jembatan Suramadu Membelah Megah Selat Madura



Jembatan Suramadu adalah pesona lain dari Jawa Timur. Jembatan yang menghubungkan daratan ujung timur Pulau Jawa dengan Pulau Madura ini terlihat panjang dan megah. Jembatan ini membelah Selat Madura dengan rentang yang cukup panjang, lebih kurang 5 km (jembatan terpanjang di Indonesia saat tulisan ini diterbitkan).



Sebenarnya Jembatan Suramadu adalah jalan tol, tapi jalan tol yang bisa dilewati oleh motor. Jalanannya dibagi menjadi 4 ruas, ruas paling pinggir, hanya 1 lajur khusus untuk motor roda 2, 2 di tengahnya lebih lebar dan masing-masing terdiri dari 2 lajur adalah lintasan mobil minimal beroda 4.



Kemegahan jembatan ini adalah pilar-pilar besi yang menjulang yang terpancang sepanjang sisi kiri-kanan jalan. Jika kita melewati jembatan ini, hembusan angin terasa kencang karena di bawahnya adalah lautan yang tidak boleh diremehkan kedalamannya. Kalau berkendara melewati jembatan ini dilarang ngebut. Ya iyalah, lebih baik memanjakan mata menatap keagungan jembatan ini. Pemandangannya juga tak cukup dijelaskan dengan kata-kata. Dari kejauhan terlihat kota Surabaya dengan gedung-gedung dan rumah-rumah yang terlihat mungil. Lalu di seberangnya, Pulau Madura terlihat rimbun dan hijau. Ada beberapa kapal yang berlayar di Selat Madura. Itu pasti kapal dari Tanjung Perak menuju pelabuhan negeri Karapan Sapi itu.



Di Madura, niatnya kami mau kuliner Bebek Sinjai yang terkenal di Madura, tapi tak beruntung. Warung Bebeknya tutup. Kami juga mampir ke toko yang menjual kain batik tulis Madura. Harganya mahal tapi aku dihadiahii 1 lembar kain batik Madura oleh Etek.
Saat petang tiba, aku, Kenny, dan Ageng diberi pilihan, mau balik ke Surabaya lewat Jembatan Suramadu atau naik kapal? Yes, kami pun memilih naik kapal saja, ingin mengeksplor pemandangan laut senja hari. Naik kapal dari Madura ke Tanjung Perak hanya menghabiskan waktu 20 menit. It cukup untuk kami melihat perubahan warna langit dari terang, lalu oranye, lalu kebiruan, dan gelap.







1 comment: