Dapur Editor: Aliando-Prilly Fanfiction di MOCO

Ketika ngefans sudah terlalu mainstream....

3 bulan ini, aku disibukkan oleh sesuatu. Sesuatu yang ngepop, yang tiba-tiba memenuhi layar kaca dan media online. Siapa lagi kalo bukan fenomena artis muda yang digandrungi remaja, Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina. Mereka berdua tiba-tiba melejit lewat sebuah sinetron yang pro dan kontra yang tayang di SCTV yaitu Ganteng Ganteng Serigala. Namun bukan itu yang akan dibahas. Fenomenanya, fenomena bahwa mereka memang pendongkrak rating televisi dan punya fans militan untuk ukuran idola Indonesia. Setelah masa Smash dan virusnya redup dan euforia artis bule Stefan William dan Yuki Kato sebagai ikon remaja telah berlalu, posisi itu sekarang diambil alih oleh Aliando dan Prilly ini.

Apa yang luar biasa dari mereka? Sejumlah fans mengibarkan khayalan mereka tentang dua tokoh ini di media sosial Instagram. Antimainstream sebenarnya. Di saat fanfiction artis luar negeri menjamur di blog, twitter, facebook, fans Aliando Prilly ini merambah fanfiction di Instagram. Lucu memang, tapi ekosistem itu tumbuh dan berkembang di media tersebut.

Sampai pada suatu hari, aku menemukan beberapa di antara mereka, hendak menarik mereka untuk berkarya lebih serius dan diterbitkan di social reading pertama di Indonesia, MOCO.

Gambar adalah properti instagram.com/mocologue

Gambar adalah properti instagram.com/mocologue
Dengan visual post ini pertama kali disebar, naskah-naskah fanfiction pun masuk ke emailku satu demi satu. Proses editing memakan waktu yang tidak begitu lama untuk ukuran 20 naskah. Aku dan tim editor lainnya (Ageng dan Dhimas) berjibaku mengubah naskah yang tekniknya penulisannya belum bagus ini menjadi jauh lebih baik dan layak dibaca lebih banyak orang.

Satu demi satu selesai dan dievaluasi bersama penulis masing-masing. Ada 20 karya dan 18 penulis terkumpul untuk edisi Fanfiction Aliando-Prilly generasi pertama yang lahir di MOCO. Yang membuat salut adalah, proses kreatif penulisan fanfiction ini pun tidak memakan waktu tahunan, bulanan, atau mingguan. Dalam beberapa hari, 1 cerita selesai. Ide mereka itu yang patut diacungi jempol dan semangat mereka atas inspirasi yang mereka dapatkan dari sang idola ini pula yang membuat editor semakin terbakar.

Bangga telah melahirkan edisi fanfiction ini dan mendapat sambutan khusus.






20 Judul Fanfiction resmi rilis di MOCO pada tanggal 5 September 2014 dan 19 September 2014.

1. Istriku Selebriti -- Naz Hameed
2. Our Journey -- Nouraicha Afta
3. True Love -- Dessy Noviyanti
4. Pengakuan Cinta -- Aprilian Sumarlu
5. Immortal Love -- Nenden S. Sopiah
6. The Mission -- Ni Wayan Wirdasih
7. Dandelion -- Ni Wayan Wirdasih
8. Cinta Asam Manis -- Kayla Jasmine
9. Hatiku Untukmu -- Rachel Salwa
10. Planet Merah Muda -- Fitriana E. Puspa
11. Di Sela Cinta -- Widya Puspita Sari
12. Taman Bintang -- Ni Putu Pingki Ayu Sari
13. Cowok Mawar Merah -- Adinda Sheila Najhmi
14. Puing-puing Hati -- Nissa Fhilya
15. Rinai Hujan untuk Cinta -- Della Kusuma Wardiana
16. Stuck on You -- Widya Puspita Sari
17. Prilly's Heart -- Rizka Nuryanah
18. Aliando's Dream -- Dea Amelia
19. First -- Alifah Dinayah
20. Always in My Heart -- Loisa Simanullang



Bangga mengenal mereka karena semangat mareka tak pernah padam. Kreativitas mereka terus berjalan. Imajinasi mereka meluap-luap. Welcome to Moco's family.


0 komentar: