In Gallery Land

My Weekend List: Keseruan PopCon Asia 2016

PopCon Asia 2016
Bagi yang suka dengan dunia komik, kartun, film, game, grafiti, dan ilustrasi pasti akan bahagia ketika memasuki Jakarta Convention Centre tempat PopCon Asia 2016 diadakan. Acara tahunan ini sudah tidak asing lagi bagi penggemar komik dan animasi. Bisa banget dijadikan weekend list tanggal 12-14 Agustus 2016. Ada apa aja di PopCon Asia 2016?

Temanya tahun ini adalah Pop-Revolution. Di sini dunianya para pencinta komik, animasi, multimedia, dan desain komunikasi visual, sekaligus menjejak sejarah seni menggambar yang makin berkembang.

Dari pintu masuk saja, booth-booth menarik telah siap didatangi satu per satu. Ada gelaran lego, robotik, dan video game, serta ruang kreatif dari Be Kraf Indonesia. Ada pula galeri cantik dengan gimmik-gimmik lucu seperti area photobooth, costplay, dan game. Kita juga bisa melihat perkembangan dunia komik lewat beberapa galeri, lalu perbedaan komik Jepang, Korea, bahkan Indonesia. Di sanalah inti dari PopCon Asia diadakan. Komik dan seni ilustrasi di Indonesia berkembang sedemikian rupa, berangkat dari berbagai ragam kultur yang kita punya, lalu di-mix dengan inspirasi komik dari Jepang, Korea, Amerika, dan negara lain.

Peragaan game video, robotik, digital animation dari Be Kraf.

Tae Joon Park bersama para fans di booth Creative Korea.

Galeri Animanix Biennale di PopCon Asia 2016.
Bagi yang tangannya gatal ingin mencoba corat-coret, ada beberapa booth yang menyiapkan ruang kreativitas bagi pengunjung. Tidak cuma melukis di atas kertas, kita juga diajak memainkan lukisan di atas layar alias multimedia.

PopCon Asia 2016 sangat melibatkan pengunjung. Tak sekadar pameran, di panggung utama kita bisa mendengar talkshow seputar animasi. Selain itu disediakan pula beberapa workshop di ruang-ruang kecil yang menjadi bagian Jakarta Convention Centre. Ada acara nonton film bareng dan masterclass digital illustration, graffiti live painting, dan ngomik bareng Taejoon Park si kartunis Korea dari Line Webtoon. PopCon Asia semakin meriah dengan tabletopia, streetart, galeri Animanix Biennale 2015-2016, Combat Ground, dan popup revolution challenge. Masih urung datang ke sini?


Belajar texturing dan coloring di digital illustration ini. 



Related Articles

1 komentar: