In Journey Land

Warkop Modjok vs Happiness Kitchen and Coffee

Sebuah kafe kini punya daya tarik sendiri-sendiri. Pengusaha kafe dan restoran mulai berlomba-lomba memberikan aneka kreasi yang menjadi nilai jual. Ya, kuliner kini tak sekadar rasa, tapi juga bentuk dan situasi. Nuansa, suasana, pelayanan, rasa, dan bentuk sungguh diperhitungkan. Apalagi sekarang zamannya nongkrong cantik dan pamer foto selfie atau wefie.

Mungkin aku bukan pencinta kopi, tetapi aku menyukai lokasi-lokasi yang unik dan terkesan homey. Kebetulan sekali aku mengunjungi kafe yang memiliki dekorasi yang serupa di wilayah berbeda. Yang satu berada di Bandung dan yang satu lagi berada di Jakarta. Aku senang mengunjungi kedua tempat yang sedang hits ini. Warkop Modjok dan Happiness Kitchen and Coffee. Di sini aku tidak membahas rasa, tetapi bagaimana kedua kafe dengan konsep serupa ini mampu menjadi daya tarik.

Warkop Modjok

Beberapa waktu lalu aku jalan-jalan ke Bandung dan menyempatkan mampir ke sebuah warung kopi yang lagi happening di Bandung, Warkop Modjok. Saat itu, aku sedang reuni trip bersama teman-teman kampus. Begitu akan balik ke Jakarta, kami yang tadinya hendak makan di Sapulidi Sawah, malah berpindah ke Warkop Modjok. Ceritanya kami ingin duduk santai sambil ngopi-ngopi. Ya, sudah aku menunjukkan tempat ini yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu tol Pasteur.

Aku sendiri sudah lama hendak kemari, akhirnya baru sempat saat reuni trip ini. Apa yang membuat warkop ini sebegitu menarik? Ini dia Warkop Modjok. Dengan tampilan depan yang memang terlihat menarik karena konsepnya outdoor. Berada jauh dari jalan raya, Warkop Modjok memberikan ketenangan. Yang terdengar adalah aliran air sungai yang sedikit tertutup semak liar di belakang kafe. Warkop Modjok mengambil tema bangunan klasik Eropa, berupa satu bangunan kecil kotak di tengah yang terbuat dari kayu. Lalu dikelilingi oleh taman yang terdiri dari meja-meja dan kursi-kursi yang serba kayu juga. Pernak-pernik vintage bernuansa Inggris terdapat di bagian dalam rumah kayu. Dinding yang didominasi dengan jendela kaca membuat ruang kecil tanpa sekat tersebut terang benderang. Sebagai pengunjung, kita bebas memilih tempat duduk, indoor maupun outdoor.





Karena aku datang bersama rombongan teman, kami memilih memenuhi bangku di sisi kiri Warkop Modjok. Dengan dinaungi payung-payung, kami mendominasi sisi samping kafe itu. Panas, tapi tetap menyenangkan. Overall, lokasi unik ini memang instagramable. Meski tidak terlalu besar, dekorasi yang dibuat acak, kafe ini lebih menyerupai taman bermain bagiku. Banyak spot foto dan pantas saja langsung heboh di social media. Dari sisi mana pun, Warkop Modjok tetap cantik.

Kalau untuk menu makanan, sangat banyak, sampai-sampai aku sendiri bingung harus memesan makanan apa. Soal rasa, sebaiknya kafe ini mengadakan evaluasi. Tentukan menu-menu spesial yang dapat dijadikan sajian khas kafe homey ini. Di sini, rasa tak semenarik rupa. Tapi untuk ngumpul cantik, nongkrong santai, foto-foto ria, kafe ini juara. Kopi-kopian, teh-teh, serta roti bakarnya setia menemani di tempat ini.





Happiness Kitchen and Coffee

Tak terlalu jauh berbeda dengan Warkop Modjok, Happiness Kitchen and Coffee ini juga mengusung tema outdoor cafe. Berlokasi di Jakarta, tentu tempatnya tak seasri kafe di Bandung. Namun, dari sisi dekorasi, Happiness tampak lebih matang, lebih luas, dan memiliki lahan parkir sendiri yang sengaja diperhitungkan.

Aku kebetulan nongkrong di kafe ini pada malam hari. Tak seperti kafe pada umumnya, kafe ini terang-benderang. Lampu-lampu kecil dihias di bagian luar sehingga suasa di luar lebih temaram. Dengan mengusung konsep klasik juga, Happiness lebih hidup dengan warna-warna cerah pada tembok serta pernak-pernik lucu. Baik di indoor maupun outdoor, bangku-bangku disusun senyaman mungkin dan cenderung rapi. Jika dilihat sekilas, tampilan luar Happiness Kitchen ini lebih menyerupai dekorasi garden party pada pernikahan di Eropa. Kesan ceria memang mewarnai kafe ini.

Untuk menu yang ada, tidak banyak pilihan. Sepertinya Happiness tahu benar apa yang bisa disajikan dan apa yang menjadi khas kafe ini. Memang ada beberapa menu yang unik. Dibanding Warkop Modjok, Happiness lebih matang dalam pemilihan menu. Sepertinya kafe ini tidak saja mengusung warna cerah pada dekorasi, tetapi juga menyajikan makanan yang warna-warni.










A photo posted by Sulung Siti Hanum (@sansadhia) on



Jika Warkop Modjok memberikan nuansa yang lebih kalem, Happiness memberikan sesuatu yang dapat membangkitkan mood. Jika Warkop Modjok itu penuh cinta, Happiness itu ceria seperti namanya. Love is all you need and I choose to be happy today.

Related Articles

1 komentar:

  1. Waaaa.. Kafenya lucuk. Vintage en shabby gitu ya, Mbak :D Instagramable banget :D

    ReplyDelete