Setiap Pantai Punya Cerita di Pulau Weh

Kita semua tahu bahwa pantai itu tempat paling eksotis di daratan. Dari segala sisi, segala kondisi, segala hari, dan segala janji, pantai punya pesonanya sendiri. Banyak orang menyukai pantai karena alasan keindahannya, cantik, manis, dan romantis. Sebagian orang bahkan ada yang membenci pantai karena alasan yang sama dan ingin menghindarinya. Sebagian orang lagi malah membuang rindu di pantai. Apa pun itulah, pantai itu menampung segala rasa rupanya.

Iboih Inn.
Suatu hari, aku berlabuh di Pulau Weh, provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Ya, ini Pulau Weh yang terkenal itu. Pulau Weh yang menjadi titik hitung kilometer 0 negeri ini. Ya, Pulau Weh yang dikenal dengan Kota Sabang-nya. Ada dua asumsi tentang Pulau Weh dan Sabang. Jika mendengar kata Sabang, sebagian orang akan terkoneksi dengan tugu Kilometer 0. Jika mendengar kata Pulau Weh, sebagian orang akan terkoneksi dengan Pantai Iboih yang terkenal itu. Jadi, apa tujuanmu menginjak Kota Sabang dan menjelajahi Pulau Weh? Kalau aku, tentu keduanya.

Dulu sekali, Pulau Weh menjadi satu kesatuan dengan Pulau Sumatera. Namun, entah kapan persisnya (daratan Aceh sendiri memang rawan gempa bumi), daratan di ujung Sumatera itu membelah dan membentuk satu pulau dengan beberapa pulau kecil di sekelilingnya. Itulah Pulau Weh yang dalam bahasa Aceh, 'Weh' artinya 'pindah'. Jadi yang dimaksud Pulau Weh itu adalah pulau yang berpindah. FYI, Pulau Weh ini dulu dilafalkan tanpa penggunaan konsonan 'h'. Penyebutannya hanya 'We' yang dirujuk pada huruf konsonan 'W' karena pulau ini memang berbentuk huruf 'W'. Sejarah penamaan yang mendasar dan masuk akal, bukan?!

Namun, ada yang perlu kamu tahu, bahwa Pulau Weh disebut juga Pulau Emas (Golden Island). Bukan pulau yang menyimpan banyak emas, ya. Tetapi ini berdasarkan catatan para pelaut zaman dulu Ptolomacus (dari Yunani pada masa Sebelum Masehi) dan Sinbad (pada abad ke-12). Dalam peta jalur perdagangan masa lampau, Pulau Weh ditandai sebagai Pulau Emas. Dari dulu daratan Nusantara memang menarik, ya, karena kaya dengan hasil alam.

Kini, Pulau Weh tetap ingin membuktikan bahwa dirinya memang Pulau Emas. Setelah sekian tahun berbenah, Pulau Weh semakin cantik dengan deretan gunung apinya, dengan teluk-teluknya, dan juga dengan pantai-pantainya. Kita bisa mengeksplor seluruh pantai dan seisi daratannya. Apa saja yang dimiliki Pulau Weh? Mari kita lihat-lihat dulu pantai-pantainya.

1. Pantai Iboih

Ini yang paling terkenal dan jadi favoritku. Pantai Iboih (baca: Iboh) ini berlokasi di Desa Iboih yang sebagian wilayahnya adalah kawasan hutan lindung. Ini yang membuat Pantai Iboih begitu populer dan menyimpan keeksotisannya di balik kawanan pepohonan. Penduduk lokal menyebut pantai ini Teupin Layeu.

Pantai Iboih kini bukan pantai yang sepi lagi. Sudah banyak bungalow, toko souvenir, dive centre, dan restoran/cafe. Berada di Pantai Iboih serasa berada di kota mungil dengan segala aktivitas warganya. ada banyak perahu tertambat untuk disewakan. Kita bisa menyeberang ke Pulau Rubiah dan Pulau Seulako dari Iboih. Oleh sebab itu, pantai Iboih menjadi pusat snorkeling dan diving para pencinta alam bawah laut. Perairan pantai Iboih yang diapit oleh Pulau Rubiah menyimpan banyak karang-karang keras yang besar. Jika sebelumnya aku melihat ada banyak spesies karang di laut Indonesia Timur, kawasan Iboih ini berbeda. Karang-karangnya raksasa dan dirimbuni oleh banyak ikan warna-warni.

Yang menarik lagi dari Iboih, angin tenang menghembus Pantai Iboih yang bersembunyi di balik Pulau Rubiah. Pantai Iboih tak pernah terasa begitu terik meskipun titik matahari meninggi. Hutan lindung memberikan kesejukan di balik terik. Inilah yang disebut keelokan Pantai Iboih, selalu tenang dan bersahaja. Posisinya juga menghadap ke timur. Bagi yang menginap di sini, matahari pagi akan menyapa langsung ke balik jendela kamar. Sungguh nuansa yang didamba.

Pantai Iboih yang ramai.

Bungalow di pinggir hutan lindung Iboih.
Dermaga Iboih Inn.

2. Pulau Rubiah

Pulau ini dinamakan Rubiah karena ada seorang perempuan yang menjaga pulau ini dan menua di sini. Nama perempuan itu adalah Ummi Rubiah. Konon Ummi Rubiah ini kabur dari suaminya dan mendiami sebuah pulau yang kini dikenal dengan nama Pulau Rubiah. Ada banyak legenda tentang kisah ini. Konon, di pulau ini, Rubiah mendirikan pondok pengajian yang diisi dengan beberapa santri. Tak heran pada tahun 1920-an, Pulau Rubiah menjadi pusat karantina jamaah haji yang baru pulang dari Mekah. Hingga meninggal, Ummi Rubiah pun dimakamkan di pulau ini. Banyak yang sengaja ke pulau ini untuk berziarah ke makam. Sementara aku dan teman-teman hendak menjenguk bawah laut Pulau Rubiah yang terkenal megah.

Perahu motor menurunkan kami di lepas pantai Pulau Rubiah yang menghadap ke timur. Kami turun dan berenang menuju areal karang cantik yang tak jauh dari bibir pantai. Karang-karang besar menyambut kami. Ikan-ikan kecil berkerumun dan terlihat sangat jinak. Jika menyelam lebih dalam lagi, karang-karang yang lebih halus tersembunyi di sela-sela karang besar. Cantik sekali.

Visibility di kedalaman laut dangkal Pulau Rubiah sangat jernih. Meski karangnya tak berwarna-warni, mereka tetap cantik dihiasi para ikan kecil. Menjenguk taman laut Pulau Rubiah bak bermain dengan ikan-ikan kecil. Jangan lupa membawa butiran roti, nasi, atau pelet ikan, ya, saat snorkeling di perairan Sabang ini.

Pulau Rubiah.







3. Pantai Sumur Tiga

Pantai ini seperti tersembunyi di kawasan Gampong Iemeulee, hanya 15 menit dari pusat Kota Sabang. Jalan masuknya hanya berupa gang kecil yang dikitari oleh rumah-rumah penduduk. Kita akan berjalan sekitar 200 meter dan hasilnya ada tangga menurun dengan pohon-pohon kelapa menjulang tinggi. Inilah Pantai Sumur Tiga. Pasca tsunami, Pantai Sumur Tiga disulap menjadi area resort yang dibangun oleh Freddie, pria berkebangsaan Afrika Selatan yang jatuh cinta pada kelembutan pasir di Pantai Sumur Tiga. Resort itu dinamakan Freddie's Santai Sumur Tiga. Kawasan Sumur Tiga yang terlihat seperti berundak-undak dipenuhi oleh bungalow-bungalow kecil dari kayu. Pada awal dibangun, Freddie's Santai Sumur Tiga hanya dibuka untuk wisatawan mancanegara. Wisatawan lokal tidak dapat menginap di sini karena kebiasaan kita yang cenderung mencemari harmonisasi alam pantai ini. Namun, peraturan itu dihapuskan seiring waktu. Resort milik Freddie ini disebutkan dalam buku Lonely Planet, kitab suci para backpacker. Tak heran, menjambangi Sabang, berarti menjambangi Pantai Sumur Tiga. Berkat Freddie's Santai Sumur Tiga, Sabang jadi terkenal di seantero dunia.

Pantai Sumur Tiga juga dikenal sebagai pantai terpanjang di Sabang di pesisir timur Pulau Weh. Ujung selatan pantai ini berbatasan langsung dengan pantai Anoi Itam. Disebut Pantai Sumur Tiga tentu ada sejarahnya. Dulu ada lima sumur air tawar yang terdapat di pesisir Kota Sabang sebagai sumber mata air. Namanya Sumur Satu di selatan wilayah Iemeulee, Sumur Dua di wilayah pantai yang curam, Sumur Tiga yang kini adalah resort, Sumur Empat yang merupakan bagian dari bunker yang dibangun Jepang saat Perang Dunia II, dan terakhir Sumur Lima yang jadi kawasan Casanemo Resort milik Freddie. Dari kelima sumur, Sumur Tiga adalah yang paling besar. Tak heran akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Sumur Tiga dan dipopulerkan oleh Freddie. Katanya Jepang mendirikan beberapa benteng di sekitar pantai ini dulu, tetapi kondisinya sudah tak terawat, jadi aku pun tidak perlu repot-repot menjenguk situs sejarahnya. Mari main pasir di pantai, yuk.

Pantai Sumur Tiga.

Freddie's Santai Sumur Tiga.

Berjalan-jalan di balik karang Sumur Tiga.

4. Pantai Gapang

Pantai Gapang

Pantai Gapang
Ini pantai yang bersisian dengan Pantai Iboih. Tidak banyak perbedaan dengan Iboih selain pantai ini lebih panjang. Banyak pohon gapang terdapat di pantai ini dan karena itulah pantai ini disebut Pantai Gapang. Area pantai ini bisa jadi alternatif untuk beristirahat dengan nyaman jika Pantai Iboih begitu penuh. Pohon-pohon gapang yang besar-besar meneduhkan garis pantai.


5. Gua Sarang

Ini salah satu lokasi tersulit di Pulau Weh. Tersulit tapi menantang. Konon, Gua Sarang ini adalah gua yang terdapat di bawah karang-karang yang menjulang. Total ada lima gua yang menganga di kaki karang. Gua tersebut langsung bersentuhan dengan dasar laut yang membentuk lorong gelap panjang beratus-ratus meter ke tengah laut. Gua itu dihuni oleh burung-burung dan kelelawar.

Saat aku berada di Pulau Weh, Gua Sarang belum sepopuler sekarang. Bahkan aku pun belum sempat menjelajahi mulut-mulut Gua Sarang tersebut. Pasti indah dengan karang-karang menjadi pagarnya. Untuk sampai ke mulut gua, kita harus trekking menembus bukit dan jalan berbatu karang yang terjal. Setiap tempat cantik nan eksotis memang butuh energi ekstra untuk menjamahnya. Mungkin suatu hari nanti, aku akan kembali ke Sabang dan tidak akan melewatkan petualangan menuju Gua Sarang. Untuk saat ini, aku harus puas melihat panoramanya.

Panorama Gua Sarang.

6. Pasir Putih

Pasir Putih.


Bujang-bujang Sabang
Karena pasirnya paling putih dan air lautnya paling bening di Weh, Pasir Putih sungguh ayu. Sebutan pasir bagi orang Aceh artinya pantai. Jadi kita cukup menyebut pantai bening ini dengan Pasir Putih. Pantai ini murni terdiri dari pasir yang membentang. Tak seperti pantai lain yang dihiasi dengan karang, Pasir Putih jadi areal berenang-renang cantik. Tak terlalu banyak pohon yang menaungi pantai ini sehingga panas di sini menyengat apalagi tengah hari. Tapi justru di sana letak keeksotisannya. Gugusan awan yang menggumpal-gumpal di balik cakrawala mempercantik tempat ini. Beberapa perahu nelayan berlayar dari sini. Tak heran kita bertemu anak-anak Sabang bermain di dekat perahu-perahu mereka.


7. Panorama Pulau Klah

Di jurnal post sebelumnya, aku sudah membahas makan rujak sabang di Panorama Pulau Klah. Kenapa? Pulau Klah jadi salah satu pulau kecil yang mengelilingi Pulau Weh. Luasnya tak jauh berbeda dengan Pulau Rubiah di perairan Pantai Iboih. Pulau Klah terdapat di Teluk Sabang dan menghadap ke utara. Karena aku tidak sempat menyeberang ke Pulau Klah dan merasakan sensasi taman bawah laut di perairan pulau ini, aku bersama yang lainnya memilih duduk-duduk di puncak bukit untuk menikmati panorama Teluk Sabang. Pulau Klah tampak kecil dari atas sana dan dirimbuni oleh hutan hijau.

Panorama Pulau Klah.

Weh Island is truly The Golden Island. Siapa yang tak ingin ke sana. Kamu harus menemukan nilai emasmu di sini.

Komentar

  1. wahh wisata baharinya keren...ahh jadi pengen diving...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu ke sana ga sempet diving. Katanya lebih keren lagi Kak. Btw terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Cantik cantik sekali pemandangannya ....
    Makasih sudah berbagi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betah di sana. Makasi juga sudah berkunjung :)

      Hapus
  3. waaahh keren2 semuaaaaa.. ke pulau weh 1 minggu kayaknya juga belum puas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ini aja masih banyak banget yang belum digali dari Pulau Weh. Tempatnya kecil tapi banyak banget tempat cantik. Makasi sudah mampir Kak Alan :)

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts