In Gallery Land

SMESCO Indonesia Relaunching Produk Unggulan Lokal yang Makin Ciamik

Selama ini, apa sih yang kamu tahu tentang SMESCO Indonesia? Atau malah belum tahu, ya, jangan-jangan? Buat sebagian warga Jakarta, tentu sudah tidak asing dengan gedung SME Tower yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, tak jauh dari patung Dirgantara, Pancoran. Yang banyak orang nggak tahu itu bahwa SMESCO Indonesia menyediakan 34 paviliun provinsi yang menjajakan produk-produk khas daerah masing-masing.

SMESCO Indonesia Relaunching Produk Unggulan Lokal yang Makin Ciamik

Karena banyak orang awam yang kurang tahu dengan besarnya manfaat SMESCO dalam memajukan industri kreatif negara kita, SMESCO pun melakukan evaluasi. Aku sendiri sempat menyangka bahwa produk-produk lokal di SMESCO itu dijual dengan harga tinggi. Ternyata anggapan itu salah saat aku datang ke Relaunching Produk Unggulan Provinsi SMESCO, Sabtu (31/03) lalu. Relaunching yang dilakukan SMESCO Indonesia bertujuan untuk menata kembali produk-produk berkualitas yang dipasarkan di setiap paviliun. Saat aku mendatangi beberapa paviliun provinsi, aku melihat aneka ragam kekayaan negeri kita yang terwakili dengan hasil kerajinan yang berbagai rupa. Setiap paviliun menjajakan produk yang berbeda, mulai dari kain batik, tenun, songket, ukiran, anyaman, dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa pakaian, tas, aksesoris, alas kaki, pajangan, dan lain-lain. Yang membuatku kaget, harganya tidak terlalu tinggi, kok.

Relaunching Produk Unggulan Provinsi bersamaan dengan SMESCO Minang Festival 2018 dibuka langsung oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dekranas. Ibu Mufidah sempat berpesan bahwa kualitas produk unggulan yang mulai dibuka tanggal 31 Maret 2018 itu harus tetap terjaga. Beliau berharap SMESCO Indonesia dapat dijadikan referensi bagi wisatawan untuk mencari souvenir berbagai daerah di Indonesia. Hal ini juga disetujui oleh Menteri Koperasi dan UKM. Bapak Puspayoga ingin menjadikan SMESCO ini sebagai miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan. Paviliun provinsi ditata ulang dan khusus di lantai 1 dan 2 gedung SME Tower ditampilkan produk-produk unggulannya.

Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Beberapa koleksi unggulan di paviliun Sumatera Utara.


Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Ternyata harga tas rotan yang lagi hits sekarang termasuk murah di Smesco.

Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Pengrajin songket dari Sumatera Barat.

Buat kamu pencinta karya-karya anak bangsa dan ingin tahu ada benda apa saja dari berbagai daerah se-Nusantara, mestinya kamu harus datang ke gedung SME Tower. Sekarang penampakan SMESCO sudah di desain cocok untuk didatangi anak muda. Nuansanya lebih kreatif. Kalau datang ke sini, serasa masuk ke sebuah mall yang berisi segala macam hasil industri kreatif lokal se-Indonesia. Layaknya pusat penjualan oleh-oleh di beberapa tempat wisata ramai di berbagai daerah, Smesco merangkumnya dalam satu tempat saja. Menurutku, saat ini SMESCO bisa dijadikan satu referensi wisata belanja di Jakarta yang memuat produk lokal. Jadi, kalau ada teman dan kerabat datang ke Jakarta, jangan lupa untuk diajak berjalan-jalan di SMESCO. Buat yang ingin mencari souvenir khas pun SMESCO memang jadi lokasi yang tepat karena menyediakan referensi produk unggulan yang kualitasnya tentu saja sudah dikurasi dengan baik.

Selain sebagai pusat promosi hasil UKM negeri kita, SMESCO Indonesia juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi. Dengan mendatangi setiap paviliunnya, kita jadi tahu apa saja produk-produk yang dihasilkan dari daerah setempat. Sambil jalan-jalan, kita juga jadi bisa belajar dan menambah wawasan. Buat aku yang hobi traveling, SMESCO sungguh menjadi arena yang seru. Karena belum semua provinsi di Indonesia terjamahi olehku, setidaknya aku tahu hasil karya dari macam-macam daerah yang mewakili budaya di daerah itu.

Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Ibu Mufidah Jusuf Kalla meresmikan Relaunching Produk Unggulan Provinsi.

Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Tari Pasambahan dari Minang membuka acara Relaunching Smesco.

Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Peragaan pakaian adat dari Sumatera Barat.

Smesco Indonesia relaunching produk unggulan provinsi
Sebagai anak muda, kami bangga menggunakan produk lokal.


Sekarang, kamu sudah tahu, kan, SMESCO Indonesia itu apa? Kebetulan karena Relaunching Produk Unggulan bersamaan dengan SMESCO Minang Festival, aku dapat bonus melihat pertunjukan seni dan budaya dari kampung halaman sendiri. Paviliun Sumatera Barat pun diletakkan di bagian paling depan dekat pintu masuk SMESCO. Rasanya rindu terobati. Tarian Minang, peragaan busana pakaian adat dari berbagai kabupaten di Sumatera Barat, serta kulinernya dihimpun dalam satu kesatuan festival yang dilaksanakan dua hari, 31 Maret-1 April 2018. 

Kata Ibu Mufidah, SMESCO Minang Festival memang menandai Relaunching Produk Unggulan Provinsi, tapi bukan berarti festivalnya berhenti sampai di sini. Promosi budaya akan terus dilakukan dan akan ada festival seni-budaya dari daerah lain yang diadakan bergantian di Creative Gallery gedung SMESCO. Festival semacam ini diharapkan dapat menarik perhatian banyak orang untuk menyadari bahwa rasa bangga terhadap produk lokal itu penting dimiliki kita semua. Koperasi dan UKM kita berjaya. Dan, aku ingin menjadi salah satu bagian dari kemajuan industri kreatif negeri kita. #lokalbikinbangga

Related Articles

2 komentar:

  1. Seru jalan-jalan ke smesco, tiap paviliun ada aja produk lokal yang bikin aku pengen beliiiii.. Ada juga furniture, karya seni, fashion, macem-macem deh belanja di smesco dah lengkap semua :D

    Cheers,
    Dee Rahma (heydeerahma.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Selama ini informasi tentang produk-produk lokal ini agak minim. Tapi karena sekarang mereka udah relaunching produk unggulannya, kita bisa lebih mudah datang ke paviliun di lantai 1 dan 2. Setelah itu kalau benar-benar tertarik baru deh dirujuk ke lantai tempat paviliun provinsi yang diminati.

      Delete