Ada Apa di Kerala?

Banyak yang bertanya padaku tentang Kerala sejak akhir-akhir ini aku menyebarkan promosi diri untuk menggalang voting demi bisa berangkat ke Kerala. Ya, aku memang sedang butuh banyak sekali vote di event Kerala Blog Express yang merupakan agenda tahunan dari Kerala Tourism. Ini sudah season 5. Dan, di season 5 ini aku pun ikutan, kecemplung, lalu eh, namaku muncul sebagai calon partisipan untuk mengunjungi Kerala. Ya, siapa tahu bisa beruntung dan bisa ke Kerala tahun 2018.

Jadi, Kerala itu merupakan salah satu negara bagian di India yang disebut juga God's Own Country dan termasuk ke dalam 50 places of a lifetime versi National Geographic Tavel Magazine. Kerala juga menjadi 1 dari 10 surga yang ada di dunia. Membaca sekilas sebutan-sebutan untuk Kerala ini sudah pasti bikin penasaran.

Kebun teh organik di Munnar. (foto diambil dari sini)

Ada beberapa "katanya" yang sudah kudengar tentang Kerala. Semakin aku kulik lebih jauh, semakin ingin ku menjambangi Kerala.

Katanya, Kerala itu negeri yang super eksotis. Kerala sangat kaya dengan nilai budaya, kearifan lokal, heritage, dan tari rakyat (yang nggak perlu diragukan lagi dari India). Masyarakatnya punya kebiasaan-kebiasaan unik dan hidup damai dalam keberagaman. Apa yang kita lihat di televisi, menonton film, tarian, dan nyanyian India, itu belum seberapa yang nyata di Kerala. Ini yang membuat God's Own Country ini mesti banget masuk bucket list para traveler.

Katanya lagi, Kerala punya keindahan alam yang memikat. Bagi orang Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan bukit, sungai, pantai, dan hasil alamnya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Nah, Kerala punya keindahan yang sama, katanya, tapi dalam satu lingkup. Kerala itu tanahnya labyrinth backwater. Mengarungi labirin sungai yang berliku dengan air yang super tenang, tentu menjadi semacam petualangan tak terlupakan saat berada di Kerala. Ini kata temanku yang sudah lebih dulu ke Kerala.

Lagi-lagi katanya, belum afdhol kalo ke Kerala belum nyobain houseboat vacation di sepanjang Alleppey. Ini jadi model trip masa kini yang nyaris tidak boleh dilewatkan jika ke Kerala. Ada yang bilang, Alleppey backwater trip adalah yang terbaik di Kerala. Setelah itu, kita juga wajib ke wilayah perbukitan teh hijau organik di kawasan Munnar. Hmmm... menjanjikan banget ya wisata alam di Kerala. Itu belum termasuk keindahan eksotis di wilayah Wayanad dengan deretan sawah yang menawan, rimba Thekkady yang merupakan wildlife sanctuary-nya Kerala, Kochi yang kaya bangunan heritage, pantai Varkala, dan sederetan lokasi keren lainnya.

Kita akan naik cruise seperti ini dalam backwater trip. (foto diambil dari sini)

Katanya juga, kalau ke Kerala, banyak nilai-nilai human interest yang dapat kita sorot. Kehidupan masyarakat lokal dengan segala kekayaan alamnya sudah pasti jadi daya tarik wisata. Mereka punya pola hidup berbeda, kepercayaan yang berbeda, dan punya sudut pandang berbeda. Dan itu sudah terbentuk dari generasi ke generasi. Antara masyarakat dan alamnya sudah bernegosiasi lama sekali. Tak heran jika ada yang bilang bahwa Kerala adalah tempat paling aman dan berpendidikan di India. Karena masyarakatnya sungguh bersahaja.

Semua yang aku jabarkan di atas itu baru "katanya" lho. Aku jadi termotivasi banget buat ke Kerala tahun depan. Biar kata "katanya" itu bisa dihilangin, Kerala Tourism sudah memfasilitasi para travel-blogger dari seluruh dunia untuk datang ke Kerala. Tapi nggak semudah itu. Katanya cuma 1 orang yang terpilih dari tiap negara untuk berkesempatan mengeksplor Kerala selama 2 minggu. Itu cuma ada di event Kerala Blog Express. Biar "katanya" bisa aku ganti dengan "kataku", bantu vote aku, ya sebagai perwakilan travel-blogger Indonesia menuju Kerala.


Vote me, ya.

Klik langsung link-nya, registrasi with email (jangan lupa verifikasi di emailnya ya), dan langsung vote. 1 vote dari kamu membuatku selangkah lebih dekat dengan Kerala. Ayo, kirim aku ke Kerala, aku sungguh rela. Terima kasih.


Komentar

  1. Semoga bisa mewakili indonesia kakak....

    BalasHapus
  2. Semoga bisa mewakili indonesia kakak....

    BalasHapus
  3. Keren juga ya Kerala. Semoga bisa kesampaian yah nyobain cruise yang kece di backwater trip kerala express :D

    BalasHapus
  4. Semoga sukses yaa, semoga dpt vote tertinggi dan bisa ke Kerala. :*

    BalasHapus
  5. Sering saya baca pengalaman teman-teman yang menang event ini, dan menuangkan dalam tulisan. Keren-keren emang. Beberapa teman juga ada yang menceritakan waktu dia datang sendiri ke sini hahahhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doakan aku ya Kak biar bias terpilih ke Kerala :))

      Hapus
  6. mau bantuin ngevote, tp harus login dulu ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kalau belum pernah login, berarti daftar dulu. Klik Register with Email Kak. :))

      Hapus
  7. Semoga impiannya ke Kerala terwujud tahun depan ya mba. Biar bisa bercerita tentang Kerala yang mba rasakan.

    BalasHapus
  8. Mau vote apa engga yaaa? akunya dikasih apa nih? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumbang vote dong Kak. Kamu kan udah kebagian road trip di Sumatera. Masa ga mau nyumbang vote remeh untuk aku. Nanti aku doain kamu dapat dedek emesh segera deh. :D :D

      Hapus
  9. Saya sudah vote yaaaa. Semoga beruntunggggg

    BalasHapus
  10. Semangat mba, semoga dimudahkan.

    Www.aulaandika.com

    BalasHapus
  11. Semanagat kak, keren banget ini, ditunggu ceritanya nanti di Kerala kak

    BalasHapus
  12. baru denger kerala dua tahun terakhir krna ada kompetisi ini..semoga ke pilih y mba, sudah ku vote :D

    BalasHapus
  13. waaah keren... semoga beruntung, mbak...

    BalasHapus
  14. done yaa... sukses ya mbakkk, semoga Kerala jadi jodohmu, hehe

    BalasHapus
  15. selamat ya mba, Insya Allah berangkat ke Kerala AMIN! Aku udah vote kok ^ ^ good luck!

    BalasHapus
  16. Wah keren, selamat ya mbak... Duh, jd pgn ikut masuk koper biar bisa jalan2 ke Kerala. Haha

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Jadi kamu belum vote juga Kang? Wah AKang Irham keterlaluan nih gak mau banget aku pergi ke Kerala. :)) Hari terakhir vote lho ini :p

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts