In Movie Land

Film Ambilkan Bulan : Kerinduan Sajian Kisah Anak-anak


Film musikan anak. (Gambar diambil dari sini)
The Story
Amelia (Lana Nitibaskara) lagi berlibur ke rumah kakeknya di Jawa Tengah. Di sana, ia ketemu Ambar, sepupunya yang suka mengoleksi kupu-kupu seperti dirinya. Amelia tadinya kesepian hidup di Jakarta karena ibunya, Ratna (Astri Nurdin) begitu sibuk, sedangkan ayahnya sudah meninggal. Di tempat kakeknya, Amelia kenalan dengan teman-teman baru, anak-anak desa. Bersama mereka, Amelia menemukan semangat baru.
Siapa sangka, Amelia mengalami petualangan seru bersama teman-teman barunya. Di kampungnya itu ada hutan yang ditakuti anak-anak. Mitosnya sih, hutan itu dikuasai oleh Mbah Gondrong, manusia setengah setan. Tapi berdasarkan cerita Ambar, di hutan itu ada kupu-kupu indah berwarna biru. Saking penasaran, Amelia menerobos masuk ke hutan yang diikuti oleh teman-temannya. Gak taunya mereka nyasar. Lalu mereka pun benar-benar ketemu dengan makhluk yang selama ini dianggap horor, Mbah Gondrong. 

Turn On
Ambilkan Bulan melukiskan imajinasi anak-anak sewajarnya. Sekilas mengingatkan kita pada film Petualangan Sherina (2000). Ada gembira, berantem antarteman, ketakutan yang wajar, serta petualangan yang bikin nyasar. Kisah yang simpel berisi unsur-unsur penting yang pas banget ditonton oleh anak-anak. Kapan lagi anak Indonesia punya tontonan khusus dan punya tempat di film nasional? Film bergenre fantasi musikal ini bakal bikin kamu ikut nyanyi-nyanyi sendiri lho di bioskop. Dari awal sampai akhir film, lagu-lagu ciptaan pengarang lagu anak, almarhum AT Mahmud terus menggema. Bikin merinding, inget masa kecil.

Turn Off
Ada beberapa animasi yang ditampilkan di film ini, seperti kupu-kupu yang beterbangan di hutan, pulau terbang, bulan purnama yang gede (Supermoon) melengkapi imajinasi anak-anak di film ini. Tapi sayang, gambarnya begitu kasar. Selain itu, ide cerita di film ini terasa masih serba nanggung. Kisah di film ini bukan kisah yang baru lho. Apa gak lebih baik lagi kalau cerita film anak-anak nasional lebih dikembangkan dan diseriusi lagi?

Did You Know...?
  Kembali ke tahun 90-an, lagu anak-anak masih berjaya, AT Mahmud boleh bangga dengan karya-karyanya. Tapi kini mungkin beliau sedih karena lagunya mulai terlupakan. Sajian khusus untuk anak-anak pun terasa tersingkir. Setidaknya film ini dapat memicu kebangkitan lagu dan film anak, tentu saja dengan penuh imajinasi, fantasi, ringan dan mendidik.
Ambilkan Bulan ini didedikasikan untuk pengarang lagu anak-anak, almarhum AT Mahmud. Ada 10 lagu beliau yang mengisi musikal di film ini di-recycle oleh 10 penyanyi dan band Indonesia di bawah naungan label Sony Music. Andai Pak AT Mahmud lihat, pasti terharu banget.

Read More

Share Tweet Pin It +1

0 Comments

In Music Land

Super Spectacular, Super Show 4 Super Junior in Indonesia




Kemegahan Super Show 4 Indonesia
Spektakuler. Itu satu kata untuk menggambarkan kemegahan panggung SS4 SuJu di MEIS. Konsep pergeseran benua dan sistem hidrolik benar-benar bikin saya takjub.
  • Panggung yang bisa bergeser maju-mundur dan naik turun.
  • Air siap menyembur dari panggung yang bikin semua ELF makin histeris. Nggak heran kalo SuJu malah main air saat closing.
  • Ada semburan api juga lho dengan lighting merah menyala, memberi kesan panas dan semangat SuJu yang membara, apalagi saat lagu “Bonamana”. Garang!
  • Tembakan laser hijau juga mewarnai panggung seluas 42x56 meter itu.

    Teknologi 4D dengan layar multimedia megah, apalagi saat nyanyiin “Walkin'”. Beuh efek 4D-nya berasa. Keren abis.
  • Tampilan VCR di layar terus menyala mengiringi lagu demi lagu yang dibawain SuJu.
  • Kostum SuJu mendukung banget, senada dengan pencahayaan panggung, apalagi saat nyanyi “Mr. Simple” dengan jas berlampu.
  • Efek tambahan lainnya seperti butiran salju, crane, berlian raksasa dan balon biru yang ditumpahkan dari langit-langit venue memberi kesan sweet.



Fun Parts
Day 1
  • Pada sesi ngobrol sama ELF, Donghae narsis banget di depan kamera yang kebetulan sedang menyorot close up mukanya. Donghae menebar ciuman ke semua ELF lewat kamera, lalu diikuti oleh Eunhyuk, Shindong, dan lain-lain. Ya ampun, konyolnya mereka, padahal Leeteuk lagi cuap-cuap tuh menyapa penonton. Dasar!
  • Ada yang kebagian lemparan apel dari Kyuhyun nggak? Kyuhyun bagi-bagi 1 ember apel yang terlebih dahulu digigit olehnya. Weew.
  • Shindong minjem kamera polaroid ELF saat nyanyi lagu “Miracle” lalu selca alias foto-foto sendiri.
  • Shindong menyanyikan beberapa bait awal dari lagu “Cinta Jangan Kau Pergi” yang dipopulerkan penyanyi Malaysia Sheila Madjid dan dipopulerkan kembali Vidi Aldiano. Shindong sepertinya berlatih keras tuh melafalkan syair lagu ini. Dan dia sukses! Setelah mengucapkan bait-bait “Cinta Jangan Kau Pergi”, vokal Vidi Aldiano mengumandang dan Shindong memulai koreografi tarian patah-patahnya yang memesona. Kau telah merebut hati ELF Indonesia, Shindong oppa . Vidi yang malam itu nggak nonton Super Show 4 kaget en seneng banget waktu tau lagunya dinyanyiin Shindong. Keliatan tuh dari tweet-tweetnya (@vidialdiano).
  • Ucapan “hatur nuhun” (terimakasih) dari Shindong di atas panggung bikin cowok ini tambah beken di mata ELF Indonesia. Kalau Leeteuk beraksi dengan mengucapkan, “Assalammu’alaikum.” Wa’alaikummussalam, Leeteuk-ssi.
  • Personel Suju sempet beberapa sesi ngoceh di depan penonton. Daripada ribet ngafalin ucapan-ucapan dalam bahasa Indonesia, Eunhyuk dan Ryeowook terang-terangan buka contekan. Lucunya mereka mengeja kata dalam bahasa Indonesia. Itung-itung belajar. Ya gak Oppadeul?
  • Pada lagu “Destiny” yang menutup konser di hari pertama, Siwon mengambil kertas yang dipegang salah satu ELF dan memamerkannya keliling panggung. Kertas itu bertuliskan, “ELF <3 Suju Forever”.

Day 2
  • Saat SuJu nyanyiin lagu “Walkin'”, VCR sempet mati selama 1 menit. Tapi bukan SuJu namanya kalo gak bisa handle. Siwon, Yesung dan Donghae sigap mencairkan suasana. Mereka langsung melempar lelucon ke penonton. Untungnya cuma sebentar, begitu VCR nyala lagi, “Walkin'” dilanjutkan tanpa ada kesan panik dari personel SuJu. How cool yeah. Dan ternyata bukan operator SuJu yang bikin kesalahan dengan matinya VCR spektakuler tersebut. MEIS mengalami mati lampu
  • Saat menyanyikan lagu “Walkin'”, Siwon mencuri kesempatan pamer punggung en perut sixpack-nya
  • Siwon minjem blangkon yang dipakai salah satu ELF dan dipakai di kepalanya. Leeteuk pun ikutan. Dua cowok Korea ini tetep cakep ya pake topi Jawa itu.
  • Lagi-lagi Siwon nih. Saat closing, Siwon kalah suit dari teman-temannya dan dihukum bertelanjang dada lalu disiram air mancur di tengah panggung, diiringi bait-bait lagu “Superman”. Aksinya itu bikin ELF yang tadinya mau pulang, kembali teriak. Ow...Ow...Ow... aksi Siwon yang singkat itu diakhiri dengan handukan sambil pamer body. Bikin ELF mau pingsan berdiri aja ngeliatnya.

Day 3
  • Sebelum konser dimulai, Siwon sempet ngintip dari backstage. Bikin gemes deh si Siwon, ELF jadi makin histeris ngeliat Siwon yang menebar senyum selama sepersekian detik itu.
  • Shindong ngajarin ELF nari. Weew, badan Shindong lentur amat. Saking semangatnya, Shindong malah bilang, “Gerakannya harus yang semangat dong.”
  • Saat Leeteuk mau ngasih 1 bunga terakhir untuk ELF, ada yang ngerebut bunganya gitu aja dari tangan si leader SuJu ini. Waduh, agresif banget fans SuJu. Leeteuk pun mencium tangan cewek itu. Lucky girl.
  • Saat ending SS4INA, Siwon ngajak 3 orang dari anggota SuJu buat basah-basahan, yaitu Donghae, Kyuhyun dan Eunhyuk. Tapi karena penonton nggak puas, akhirnya semua personel SuJu pun bergantian main air. Semburan air mancur di tengah panggung membasahi mereka semua. Seksi abis.
  • Kyuhyun bilang begini sebelum turun panggung, “Kami senang sekali bisa bertemu kalian, fans Indonesia! Kami berjanji untuk kembali lagi ke sini (Indonesia) dan membuat konser lagi untuk kalian.” Ditunggu janjinya ya, Oppa.
  • Sebelum menghilang di balik panggung, Leeteuk masih sempet lho melambaikan tangan ke ELF. Lagi-lagi bikin haru dan... langsung kangen lagi sama Leeteuk cs.

***Tulisan ini telah lebih dulu diterbitkan di majalah Teen 2012.

Read More

Share Tweet Pin It +1

0 Comments