In Journey Land

Ada Apa di Kerala?

Banyak yang bertanya padaku tentang Kerala sejak akhir-akhir ini aku menyebarkan promosi diri untuk menggalang voting demi bisa berangkat ke Kerala. Ya, aku memang sedang butuh banyak sekali vote di event Kerala Blog Express yang merupakan agenda tahunan dari Kerala Tourism. Ini sudah season 5. Dan, di season 5 ini aku pun ikutan, kecemplung, lalu eh, namaku muncul sebagai calon partisipan untuk mengunjungi Kerala. Ya, siapa tahu bisa beruntung dan bisa ke Kerala tahun 2018.

Jadi, Kerala itu merupakan salah satu negara bagian di India yang disebut juga God's Own Country dan termasuk ke dalam 50 places of a lifetime versi National Geographic Tavel Magazine. Kerala juga menjadi 1 dari 10 surga yang ada di dunia. Membaca sekilas sebutan-sebutan untuk Kerala ini sudah pasti bikin penasaran.

Kebun teh organik di Munnar. (foto diambil dari sini)

Ada beberapa "katanya" yang sudah kudengar tentang Kerala. Semakin aku kulik lebih jauh, semakin ingin ku menjambangi Kerala.

Katanya, Kerala itu negeri yang super eksotis. Kerala sangat kaya dengan nilai budaya, kearifan lokal, heritage, dan tari rakyat (yang nggak perlu diragukan lagi dari India). Masyarakatnya punya kebiasaan-kebiasaan unik dan hidup damai dalam keberagaman. Apa yang kita lihat di televisi, menonton film, tarian, dan nyanyian India, itu belum seberapa yang nyata di Kerala. Ini yang membuat God's Own Country ini mesti banget masuk bucket list para traveler.

Katanya lagi, Kerala punya keindahan alam yang memikat. Bagi orang Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan bukit, sungai, pantai, dan hasil alamnya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Nah, Kerala punya keindahan yang sama, katanya, tapi dalam satu lingkup. Kerala itu tanahnya labyrinth backwater. Mengarungi labirin sungai yang berliku dengan air yang super tenang, tentu menjadi semacam petualangan tak terlupakan saat berada di Kerala. Ini kata temanku yang sudah lebih dulu ke Kerala.

Lagi-lagi katanya, belum afdhol kalo ke Kerala belum nyobain houseboat vacation di sepanjang Alleppey. Ini jadi model trip masa kini yang nyaris tidak boleh dilewatkan jika ke Kerala. Ada yang bilang, Alleppey backwater trip adalah yang terbaik di Kerala. Setelah itu, kita juga wajib ke wilayah perbukitan teh hijau organik di kawasan Munnar. Hmmm... menjanjikan banget ya wisata alam di Kerala. Itu belum termasuk keindahan eksotis di wilayah Wayanad dengan deretan sawah yang menawan, rimba Thekkady yang merupakan wildlife sanctuary-nya Kerala, Kochi yang kaya bangunan heritage, pantai Varkala, dan sederetan lokasi keren lainnya.

Kita akan naik cruise seperti ini dalam backwater trip. (foto diambil dari sini)

Katanya juga, kalau ke Kerala, banyak nilai-nilai human interest yang dapat kita sorot. Kehidupan masyarakat lokal dengan segala kekayaan alamnya sudah pasti jadi daya tarik wisata. Mereka punya pola hidup berbeda, kepercayaan yang berbeda, dan punya sudut pandang berbeda. Dan itu sudah terbentuk dari generasi ke generasi. Antara masyarakat dan alamnya sudah bernegosiasi lama sekali. Tak heran jika ada yang bilang bahwa Kerala adalah tempat paling aman dan berpendidikan di India. Karena masyarakatnya sungguh bersahaja.

Semua yang aku jabarkan di atas itu baru "katanya" lho. Aku jadi termotivasi banget buat ke Kerala tahun depan. Biar kata "katanya" itu bisa dihilangin, Kerala Tourism sudah memfasilitasi para travel-blogger dari seluruh dunia untuk datang ke Kerala. Tapi nggak semudah itu. Katanya cuma 1 orang yang terpilih dari tiap negara untuk berkesempatan mengeksplor Kerala selama 2 minggu. Itu cuma ada di event Kerala Blog Express. Biar "katanya" bisa aku ganti dengan "kataku", bantu vote aku, ya sebagai perwakilan travel-blogger Indonesia menuju Kerala.

Vote aku di sini.

Vote me, ya.

Klik langsung link-nya, registrasi with email (jangan lupa verifikasi di emailnya ya), dan langsung vote. 1 vote dari kamu membuatku selangkah lebih dekat dengan Kerala. Ayo, kirim aku ke Kerala, aku sungguh rela. Terima kasih.


Related Articles

39 komentar:

  1. Semoga bisa mewakili indonesia kakak....

    ReplyDelete
  2. Semoga bisa mewakili indonesia kakak....

    ReplyDelete
  3. Keren juga ya Kerala. Semoga bisa kesampaian yah nyobain cruise yang kece di backwater trip kerala express :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasi Kak Dee. Udah vote belum Kak? :D

      Delete
  4. Semoga sukses yaa, semoga dpt vote tertinggi dan bisa ke Kerala. :*

    ReplyDelete
  5. Sering saya baca pengalaman teman-teman yang menang event ini, dan menuangkan dalam tulisan. Keren-keren emang. Beberapa teman juga ada yang menceritakan waktu dia datang sendiri ke sini hahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan aku ya Kak biar bias terpilih ke Kerala :))

      Delete
  6. mau bantuin ngevote, tp harus login dulu ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau belum pernah login, berarti daftar dulu. Klik Register with Email Kak. :))

      Delete
  7. Semoga impiannya ke Kerala terwujud tahun depan ya mba. Biar bisa bercerita tentang Kerala yang mba rasakan.

    ReplyDelete
  8. Waahhh kereeeen! Semoga bisa mewakili Indonesia buat menjejak ke Kerala ya kak. AKu pengen ikutan juga tapi nanti kayanya kalo Kerala Blog Express udah masuk 100 season wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ewww. 100 season. hahahaha udah kayak sinetron :))

      Delete
  9. Mau vote apa engga yaaa? akunya dikasih apa nih? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumbang vote dong Kak. Kamu kan udah kebagian road trip di Sumatera. Masa ga mau nyumbang vote remeh untuk aku. Nanti aku doain kamu dapat dedek emesh segera deh. :D :D

      Delete
  10. Saya sudah vote yaaaa. Semoga beruntunggggg

    ReplyDelete
  11. Semangat mba, semoga dimudahkan.

    Www.aulaandika.com

    ReplyDelete
  12. Semanagat kak, keren banget ini, ditunggu ceritanya nanti di Kerala kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu vote dan share ya Kak. Hehehhee. Aamiin.

      Delete
  13. India, daripada membaca banyak tulisan mengenai negara ini, sejujurnya saya lebih banyak tahu tentang komentar ornag lain tentang India. Yang begitulah, yang beginilah.

    Dan jujur, di antara skeptis, sebenarnya saya sangat tidak meragukan kekayaan India dari segi 'non uang' alias budaya, nilai masyarakat, alam, makanan, dan lain2.

    India, menarik sekali di mata saya meski juga masih terselimuti misteri wkwkwk.

    Kak, semoga berhasil ya :) aku vote!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Kak. Aamiin. Siapa tau aku beruntung bisa eksplor Kerala dan cerita banyak di sini. :)

      Delete
  14. baru denger kerala dua tahun terakhir krna ada kompetisi ini..semoga ke pilih y mba, sudah ku vote :D

    ReplyDelete
  15. waaah keren... semoga beruntung, mbak...

    ReplyDelete
  16. done yaa... sukses ya mbakkk, semoga Kerala jadi jodohmu, hehe

    ReplyDelete
  17. selamat ya mba, Insya Allah berangkat ke Kerala AMIN! Aku udah vote kok ^ ^ good luck!

    ReplyDelete
  18. Wah keren, selamat ya mbak... Duh, jd pgn ikut masuk koper biar bisa jalan2 ke Kerala. Haha

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. Jadi kamu belum vote juga Kang? Wah AKang Irham keterlaluan nih gak mau banget aku pergi ke Kerala. :)) Hari terakhir vote lho ini :p

      Delete