Rekomendasi Wisata dan Kuliner Unik Blora, Jawa Tengah

Blora. Aku berkesempatan mencoba pengalaman baru naik pesawat ke Kabupaten Blora. Sebuah pengalaman seru mencoba bandara baru langsung dari Jakarta menuju Blora.

Mumpung aku di Blora, aku tulis hal-hal seru tentang Blora yang belum banyak orang tahu.

Wisata Blora-Jurnaland 1


1. Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora

Aku naik pesawat maskapai Citilink jenis ATR dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Ngloram, Blora. Ini adalah rute baru yang dibuka oleh Kementerian Perhubungan dan maskapai Citilink buat ke Blora. Aku sendiri juga baru pertama kali ke kota yang disebut kota sate ini. Jadi nggak heran kalau aku excited sekali dengan penerbangan ini?

Wisata Blora-Jurnaland 2

Perjalanan hanya memakan waktu tempuh 1,5 jam dari Jakarta. Sebelumnya pesawat sempat delay karena ada RI 1 mau terbang, lalu sempat hujan lebat juga di Jakarta. Jadinya kami pun terlambat berangkat sekitar 1,5 jam. Jadi kami dikasih kompensasi berupa snack oleh maskapai saat boarding.

Perjalanan yang cukup singkat, bahkan aku nggak sempat tidur di pesawat. Aku pun mendarat di Bandara Ngloram, Cepu. Bandaranya mungil dengan bangunan yang kokoh. Rupanya Blora ini terkenal sebagai daerah penghasil kayu jati. Interior Bandara Ngloram didesain dengan tiang-tiang kokoh lalu ada cabang di atas yang menopang atap. Desainnya terinsipirasi dari pohon-pohon jati yang menjulang tinggi di hutan.

Inilah Bandara Ngloram. Penerbangan yang dibuka baru 1 rute Jakarta-Blora dengan 1 maskapai Citilink. Tadinya ada penerbangan setiap Rabu dan Jumat. Namun, saat ini berhenti mungkin karena peminatnya belum terlalu besar dan promosi tentang bandara ini pun masih kurang. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, penerbangan dibuka kembali ya.

Wisata Blora-Jurnaland 3


2. Opor Ayam Pak Pangat di Ujung Runaway

Satu hal yang wajib dilakukan ketika mendarat di Bandara Ngloram adalah cobain makan opor di ujung runaway. Kebetulan aku sampai di Bandara Ngloram saat jam makan siang, jadi mau cari kuliner yang dekat dari bandara.

Rupanya kata orang-orang bandara, di sini ada kuliner legendaris. Katanya warung ini sudah ada sejak tahun 1997 dan terkenal di kawasan Cepu.

Wisata Blora-Jurnaland 4

Wisata Blora-Jurnaland 5

Wisata Blora-Jurnaland 6

Aku tinggal jalan sedikit keluar area bandara, lalu ketemu sama warung Lontong Opor Pak Pangat. Posisinya beneran di ujung runaway Bandara Ngloram, tapi di balik pagar bandara ya. Jangan jalan lewatin runaway, bahaya dan melanggar aturan.

Aku memesan satu porsi lontong opor, tapi dihidangnya dengan satu mangkuk besar ayam opor dan beberapa lontong yang dibungkus daun. Ukuran potongan ayamnya besar-besar terdiri dari ayam kampung. Kuahnya kental dan agak kemerahn, rasanya pedas. Kaldu ayam kampungnya terasa bercampur kuah santan. Lontongnya juga lembut. Ini opor ternikmat yang pernah aku coba.

Wisata Blora-Jurnaland 7


Ternyata rahasia kenikmatan opor ini terletan di dapurnya. Opor ayam dimasak di atas tungku kayu. Bahan bakarnya dari kayu jati. Saking berlimpahnya kayu jati di Cepu, memasak pun pakai kayu jati. Pantas saja rasanya berbeda, lebih wangi dan menggugah selera.

Aku suka sekali dapurnya Pak Pangat. Estetik dan menyimpan rahasia keelokan yang ditawarkan di gerbang masuk Blora.


3. Rumah Batik

Kalau ke Jawa Tengah, nggak lihat-lihat batik rasanya kurang lengkap ya. Batik Blora memang nggak sepopuler batik-batik dari Solo atau pun Pekalongan. Tapi batik Blora itu ada dan punya motif uniknya sendiri.

Aku datang ke Dekranasda Blora, tempat kerajinan Blora dari UMKM terbaik dipajang dan dipasarkan. Aku melihat corak-corak batik Blora yang punya motif besar dan sebagian besar mengambil motif dari jati.

Wisata Blora-Jurnaland 8

Wisata Blora-Jurnaland 9

Wisata Blora-Jurnaland 10

Dari Dekranasda, aku mengunjungi rumah batik Nimas Barokah. Di sinilah salah satu batik yang dijual di Dekranasda diproduksi. Ada batik tulis dan ada batik cap. Aku bisa melihat ibu-ibu pembatik sedang menyelesaikan warna dari batik yang telah dicanting. Aku juga belajar nyanting sekaligus ngecap batik. Seru ya bisa mampir ke rumah batik seperti ini.

Lalu aku juga mampir ke rumah batik ecoprint Manggar Pelangi. Di sini, motif batiknya diolah dari dedaunan. Pokoknya serba ecoprint. Warna yang dihasilkan pun didapat secara alami dari warna daun-daunan atau bunga atau batang ranting yang dipanaskan. Cara memproduksi batiknya berbeda ya. Tapi hasilnya sama-sama indah.


4. Bendungan Randugunting

Dulu aku pernah ke Waduk Jatiluhur di Purwakarta yang bisa dijadikan tempat wisata di salah satu sisinya. Ternyata Blora punya tempat wisata serupa, namanya Bendungan Randugunting.

Wisata Blora-Jurnaland 11

Wisata Blora-Jurnaland 12

Wisata Blora-Jurnaland 13

Aku mengunjungi bendungan megah yang ada di Jawa Tengah. Bendungan ini baru aja diresmikan Pak Jokowi tahun 2022 lalu. Namanya Bendungan Randugunting.

Ini bukan sekadar bendungan, melainkan jadi tempat wisata baru di Kabupaten Blora. Ada taman-taman, pendopo, dan anjungan buat menikmati pemandangan indah yang mengitari bendungan.

Bendungan ini bisa mengairi persawahan hingga 670 hektar dan dapat mengatasi kelangkaan air di Blora dan Rembang.

Wisata Blora-Jurnaland 14

Wisata Blora-Jurnaland 15

Sebenarnya tempat ini belum dibuka untuk umum karena masih ada pembangunan yang belum selesai. Aku masuk ke sini atas izin khusus dari Bupati Blora. Tapi aku yakin, nanti Bendungan Randugunting bakal jadi tempat wisata baru yang ramai dikunjungi orang.


5. Desa Wisata Kampung Samin

Wisata Blora-Jurnaland 16

Aku sempat mampir ke Kampung Samin karena awalnya ingin lihat-lihat batik. Tapi karena sedang tidak ada event tertentu di sana, Kampung Samin tampak sepi. Jadi, aku berjalan-jalan keliling kampung yang rumah-rumahnya dicat warna-warni, gangnya ditata rapi dan diberikan ornamen lampu yang unik. Pantas saja Kampung Samin, Desa Wisata Sambongrejo dinobatkan Desa Wisata terbaik di Kabupaten Blora dalam ajang Festival Desa Wisata Blora 2022.

Karena keterbatasan waktu, aku nggak jadi mampir buat lihat-lihat workshop Batik. Aku justru ketemu Mbah Kartini yang memproduksi tempe berdua dengan suaminya yang sudah sepuh. Aku diajak mampir ke dapurnya dan diceritakan bagaimana Mbah Kartini dan suaminya memproduksi ratusan tempe setiap pagi. Tempe-tempe ini dibungkus dengan daun jati. Bukan tempe mendoan ya, tapi tempe biasa yang bentuknya tipis. Mbah menjual tempe ini Rp1.000 per bungkus. Biasanya kalau ada tamu yang datang termasuk Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar, akan mampir ke rumah Mbah Kartini dan memesan sejumlah tempe.

Wisata Blora-Jurnaland 17

Wisata Blora-Jurnaland 18

Wisata Blora-Jurnaland 19

Wisata Blora-Jurnaland 20


Wah, sehat-sehat ya Mbah. Aku pingin balik lagi ke Kampung Samin, ingin melihat tradisi keseniannya dan acara budayanya jika sedang ada event festival.


6. Kopi Santen atau Kopi Klopo

Ini dia minuman khas dari Blora. Kamu harus coba Kopi Santen yang punya metode penyeduhan yang unik.

Aku sengaja datang ke Desa Jepangrejo untuk mencoba kopi santen yang otentik. Katanya Warung Kopi Santen di sini sudah ada sejak tahun 1980. Wah, legendaris sekali.

Wisata Blora-Jurnaland 21

Wisata Blora-Jurnaland 22

Wisata Blora-Jurnaland 23

Kopi santen ini dibuat dari kopi arabika atau kopi robusta. Kalau kopi yang kuminum ini berasal dari kopi nangka. Langkah pertama yang dilakukan adalah merebus air yang sudah dicampur kopi dan gula sampai mendidih. Lalu dimasukkan santan perasan kelapa dan diaduk terus hingga matang. Untuk satu perasa santan, biasanya bisa buat 10 gelas kopi.

Aroma kopi dan santannya wangi. Kopinya sedikit kental dan rasanya creamy. Katanya aman buat penderita asam lambung.

Kalau kamu ke Blora, kamu harus mampir ke Desa Jepangrejo ya buat cobain kopi santen atau kopi klopo.


7. Sate Blora

Kalau dengar kata Blora, kita ingatnya tentu sate blora. Kalau soal warung sate di Blora banyak. Tapi kalau cari yang menunya komplit, ada sate sapi, ayam, dan kambing, Sate Pak Daman Putra jawabannya. Katanya warung Sate Pak Daman sudah ada sejak 30 tahun lalu. Jadi memang terkenal di Blora dan legendaris.

Bumbu kacangnya gurih banget. Bumbu kacang tanahnya disangrai dan digiling bersama bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, dan cabai merah. Lalu direbus dengan santan, kaldu ayam, dan daun jeruk. Jadi rasanya lebih gurih dan wangi.

Wisata Blora-Jurnaland 24

Wisata Blora-Jurnaland 25

Wisata Blora-Jurnaland 26

Kalau kamu ke Blora, harus coba makan di Sate Pak Daman Putra ini. Dijamin, ketagihan dan kalap.


8. Soto Ayam Kletuk

Selain sate, Blora juga punya soto khas. Namanya Soto ayam kletuk. Soto ayamnya pakai kuah bening khas Blora yang disajikan dengan taburan kletuk. Kletuk itu terbuat dari singkong atau ketela yang dipotong kotak-kotak, jadi saat dikunyah ada suara kletuk-kletuk renyah. Suwiran ayamnya pakai ayam kampung.

Wisata Blora-Jurnaland 27

Wisata Blora-Jurnaland 28

Aku coba soto ayam kletuk Pak Sumar Putra. Warungnya memang di area foodcourt Koplakan. Namun tempat penyajian sotonya dibuat otentik dengan gerobak panggul. Katanya Soto Pak Sumar ini salah satu yang legendaris di Blora dan salah satu yang enak juga.

Sekian ceritaku di Blora. Masih ada beberapa tempat lagi yang belum diperlihatkan Blora padaku. Mungkin lain kali kita berjumpa lagi, ya Blora. Blora memang punya pesonanya sendiri.  Terima kasih untuk beberapa pihak yang sudah menemani perjalananku di Blora.

Kalau berangkatnya aku naik pesawat ke Bandara Ngloram Cepu, pulangnya aku naik kereta api malam dari Stasiun Cepu. Sungguh pengalaman baru mencoba naik kereta api dari Stasiun Cepu ke Jakarta.

Wisata Blora-Jurnaland 29

Wisata Blora-Jurnaland 30

Wisata Blora-Jurnaland 31


Salam untuk negeri kayu jati dan kota sate.




Komentar

Popular Posts