Habibie dan Ainun: Kisah Cinta Sepanjang Masa

Habibie dan Ainun mendadak menjadi ikon cinta sejati di penghujung tahun 2012 lalu. Film ini bersanding dengan 5 Cm. mengalahkan jajaran film Hollywood sekaliber The Hobbit. Seperti trennya, film ini juga diangkat dari buku autobiografi Habibie dan Ainun yang ditulis oleh Pak Bacharuddin Jusuf Habibie sendiri.

Habibie & Ainun, inspirasi cinta sejati.
(credit gambar dari imdb)
Film yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini mengangkat kisah nyata perjalanan cinta Pak Habibie dan Ibu Ainun yang penuh pasang surut. Ditayangkan tanggal 20-12-2012, film ini langsung saja menarik peminat, bahkan mencapai penonton lebih dari 2 juta orang hingga pertengahan Januari 2013.

The Story
Habibie menorehkan prestasi saat kuliah teknik di Jerman. Namun ketekunannya itu membuatnya jatuh sakit sehingga untuk beberapa waktu, ia pulang ke Indonesia buat beristirahat. Habibie bertemu dengan Ainun, cewek yang pernah diejeknya sewaktu SMP dulu. Kini Ainun telah tumbuh jadi perempuan cantik dan anggun. Banyak lelaki yang datang berkunjung ke rumahnya demi menarik perhatian Ainun. Tetapi sepertinya Habibie-lah yang tampil apa adanya lebih menarik pesona Ainun.
Setelah cukup dekat beberapa lama, Habibie pun meminang Ainu, berharap nanti setalah menikah dia memboyong Ainun ke Jerman. Tentu saja Ainun setuju. Maka terbanglah mereka, bahkan Ainun rela meninggalkan cita-citanya sebagai dokter.



Namun, di awal kariernya Habibie, hidup mereka pas-pasan. Berkat kegigihannya, ekonomi keluarga mereka membaik. Apalagi Habibie mulai dikenal sebagai ilmuwan yang mulai disegani di Jerman. Ainun pun dapat kembali bekerja sebsgai dokter anak sesuai dengan impiannya dulu.

sampai suatu saat, presiden Soeharto mengutus 'orangnya' untuk melamar Habibie sebagai Menteri Iptek. Dengan beberapa pertimbangan, Habibie pun menerima dan pulang ke Indonesia. Mulanya Ainun tidak ikut karena masih harus bekerja di Jerman. Tapi, lama kelamaan, Ainun merasa harus mendampingi keluarganya. Ia pun rela menanggalkan kariernya untuk kedua kali dan pulang ke sisi Habibie bersama anak-anaknya.

Habibie didampingi Ainun terjun ke dunia politik sejak saat itu. Dia pun menghidupkan kembali IPTN. Sesuai janjinya kepada Ainun, dia akan membuatkan sebuah pesawat terbang. Dan berhasil. Pesawat terbang pertama karya anak bangsa itu lepas landas dan disaksikan langsung oleh presiden Soeharto.

Karier politik Habibie terus naik, jadi wakil presiden dan sampai ke bangku presiden menggantikan Soeharto. Bukan berarti berjalan mulus. Karena ada beberapa pengusaha rese yang mulai mengganggu kestabilannya. Habibie terus berada di jalannya. Hingga waktunya oa melepas jabatan politiknya. Habibie ingin kembali merengkuh keluarganya. Apalagi IPTN pun bangkrut. Tidak ada lagi usaha yang dapat dilakukannya. Habibie hanya ingin kembali ke keluarganya, kembali ke Ainun.

Masa tua Habibie dan Ainun.
(credit gambar dari imdb)

Turn On
Film inspiratif ini tidak memperlihatkan kisah cinta yang cengeng, tetapi menceritakan kisah yang penuh perjuangan, ketegaran, dan pengertian. Itulah yang dijalani tokoh Habibie dan Ainun di film ini. Film ini memang tidsk berbau politik, tetapi kisah politik Habibie begitu kental di sini. Yang saya ungkap cuma 1 hal: ngenes, tapi Habibie hebat. Rasanya rugi jika melewatkan film nasional yang inspiratif dan mengharu biru ini.

Turn Off
Saya pikir, dengan sejuta kelebihan film ini, apakah kita masih berpikir untuk mencari kelemahannya? Yah, selain beberapa adegan yang memasukkan produk sponsor yang kurang pada tempatnya.

Best Quote
Ada banyak jalan untuk mencintai negara ini.

Saya pikir menonton film Habibie dan Ainun ini membuat penonton sepakat bahwa perjalanan pasangan ini menjadi ikon kisah cinta sepanjang masa.  Emosi di film ini benar-benar ditonjolkan dan masuk ke suasana film. Mimik dan gimik menjadi bahasa utama yang dieksplor di sini. Itulah yang membuat film ini istimewa.


2 comments: