Japan Trick Art: Lukisan 2D Serasa 3D



Lukisan trick art dikategorikan sebagai seni yang memanfaatkan manipulasi daya pandang manusia yang disebut optical illusion.

Beberapa waktu lalu, di Grand Indonesia Shopping Town diadakan pameran Trick Art Japan, dari 2 Desember 2012 sampai 3 Februari 2013. Dengan bermodalkan Rp50.000,- Junisatya dan aku mengunjungi pameran itu.

Aku menyukai galeri. Begitu mendengar pameran ini, mulanya kupikir ini adalah pameran 3 dimensi. Tetapi begitu berada di dalamnya, yang aku lihat adalah lukisan lukisan 2 dimensi yang memiliki efek 3D. Dan ini adalah satu-satunya galeri yang memberikan petunjuk langsung untuk memotret lukisannya.

Aku berkunjung pada saat weekend. Begitu beli tiket, kami tak bisa langsung masuk karena pengunjung di dalam masih penuh. Jadi kami mesti menunggu selama 15 menit.

Begitu memasuki venue, yang bikin aku makin takjub adalah untuk bisa menikmati 1 lukisan aja mesti ngantri juga lantaran orang-orang berfoto bergantian. Nyaris tidak ada lukisan yang dianggurin.

Aku dan Junisatya pun langsung berekspedisi berfoto di tiap lukisan yang ada. Enaknya sih rame-rame datang ke sini. Tapi apa daya, tidak banyak trman-temanku yang menyukai galeri.






























0 komentar: