In Abroad Land Journey Land

Flower Dome, Istana Megah Para Bunga

Ciaobella, bunga-bunga...





Kalau di Bogor, ada taman bunga Mekarsari, Singapura punya Flower Dome di Gardens by the Bay yang tentunya dikemas lebih megah. Kalau Indonesia semua serba ada, alami, kaya, tapi dibiarkan begitu saja, Singapura justru mengadopsi, 'meng-kloning' bentuk alam di dunia dalam satu aula besar.

Singapura punya cara sendiri untuk membuat negerinya penuh gaya. Negerinya tidak natural seperti Indonesia. Karena hanya berupa pulau kecil, tentu dari segi lokasi, Singapura belum ada apa-apanya dibanding Indonesia. Namun, Singapura mampu menjangkau apa yang tak kita sadari. Negeri Singa ini menyulap sebuah taman bunga besar di dalam sebuah dome raksasa. The Flower Dome meniru iklim sejuk-kering Mediterania. Sejumlah bunga-bungaan dibudidayakan di sini dan diberikan habitat yang menyerupai habitat asli mereka.

Flower Dome adalah taman penuh bunga. Begitu memasuki Dome ini, semua terasa sejuk. Wangi berbagai jenis bunga menguar. Hidung ini rasanya sangat dimanja dengan wangi parfum alam ini. Mata juga dimanja dengan bunga-bunga warna-warni.










Flower Dome berlokasi di tengah kawasan Garden by the Bay. Katanya sih, Flower Dome ini didesain tahan panas, tapi mampu menyerap cahaya matahari untuk keberlangsungan proses fotosintesis. Anti polusi? Ya tentu. Bikin betah? Sangat! Tanaman-tanaman ini yang bahkan aku tidak bisa mengidentifikasi satu per satu berasal dari berbagai belahan dunia. Jadi kalau mau lihat berbagai jenis bunga, di sinilah tempatnya. Banyak bunga-bunga yang tak kukenal, bentuknya cantik, tapi tak ada di Indonesia. Ratusan jenis kaktus juga memenuhi seperempat bagian gedung ini.




Berada di dalam Flower Dome ini jiwa terasa tentram. Berjalan di jalan setapak buatan, di kiri-kanan tanaman dan bunga-bunga. Lalu ada pula bangku-bangku taman. Kita serasa berada di alam terbuka. Bebas berfoto, tapi tak boleh sedikit pun merusak tanaman di sana. Menyentuh saja harus dengan lembut. Dilarang memetik bunga-bunga cantik itu! Penjagaan dome ini superketat. Terutama kebersihannya. Kami dilarang membawa makanan dan minuman. Tangan jahil harus disimpan. Cukup dinikmati saja keindahannya.



Related Articles

1 komentar:

  1. Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali tentang Bunga ini

    ReplyDelete