Bikin e-Visa Georgia itu Gampang

Suatu hari, ibuku bilang beliau mau ke Georgia. Kupikir itu negara bagian Amerika Serikat. Aku praktis pesimis untuk bikin visa ke Amrik karena persyaratannya lumayan panjang. Lalu, sang ibu bilang, antar Bundo ke kedutaan, ya. Dengan pede, aku buka maps dan mencari kedutaan Amrik. Eh, ternyata salah alamat. Yang dimaksud Georgia itu adalah negara di Eropa Timur sebelahan sama Rusia. Oalah, aku skip.

Oke, mari putar arah. Aku mencari info tentang pengurusan visa ke Georgia. Karena tujuannya bukan untuk jalan-jalan semata, tetapi membawa misi pertukaran kebudayaan, aku langsung tatap muka dengan sekretariat Kedutaan Besar Georgia di Indonesia. Hubungan diplomatik Indonesia dengan Georgia tampak sangat baik. Jadi untuk urusan visa pun lebih gampang.

Pengurusan visa ke Georgia ada dua macam, visa Schengen atau e-visa khusus Georgia. Aku pernah punya visa Schengen saat ke Swiss, tapi masa berlakunya sudah habis. Jadinya memang harus urus visa baru.

Jika ingin mengurus visa Schengen lewat Georgia, itu artinya kamu harus mengurus visa di lembaga khusus karena kedutaan negara-negara Eropa sudah tak mengurus visa lagi. Yang perlu diperhatikan, lihat tujuan kita masuk ke negara itu. Karena ini perjalanan dalam rangka misi kebudayaan untuk ikut festival folklore dunia, kami dipermudah dengan pengurusan e-visa yang sungguh sangat menyingkat waktu. For short term only, ya.

Begini langkah-langkahnya...

1. Buka website e-visa Georgia.

Apply e-Visa Georgia, Eropa Timur

Di website ini terdapat 3 langkah mudah pengurusan e-visa. Kalau masih bingung dan ingin meyakinkan diri sendiri betapa mudahnya mengurus e-visa Georgia, ada video di bagian bawah website. Kalau sudah paham, siapkan file copy paspor dan file pas foto berlatar terang (sebaiknya berlatar putih). Bagi yang menggunakan hijab, jangan khawatir, Georgia sangat welcome dengan perempuan yang mengenakan hijab. (Teringat saat pengurusan visa Swiss dua tahun lalu, kami diminta membuat pas foto tanpa mengenakan hijab. Sedih!) Dua komponen itu yang paling penting. Dokumen pendukung yang lain bisa menyusul, kok.

Siap? Klik "APPLY NOW"!

2. Submit Application

Bikin e-Visa Gerogia itu Gampang

Ini formulir paling gampang diisi dan tidak terlalu panjang. Kalau kamu pernah mengurus visa ke Eropa, tentu kebayang berlembar-lembar formulir yang harus diisi. Khusus untuk kamu yang ingin mengunjungi Georgia, formulirnya nggak panjang, kok. Begini penampakannya.

Isi citizenship dengan negara kebangsaanmu. Nah, untuk type of travel document, kamu sudah tahu, kan, mau isi yang mana? Buat kita yang merupakan rakyat biasa-biasa saja, tanpa punya privilege khusus macam presiden atau intel, isi dengan type "ordinary". Walaupun kamu merasa dirimu istimewa dan luar biasa, khusus untuk ini, kamu harus bersikap low-profile.

Lihat tanggal expired di paspor. Ingat, ya, urus visa ke mana pun minimal tanggal expired paspor masih harus 6 bulan lagi. Kalau paspormu expired dalam 6 bulan, sebaiknya perpanjang dulu. Ini terjadi padaku. Masa berlaku pasporku sebelumnya adalah bulan Desember 2017. Sementara aku berangkat bulan Juni 2017 ke Georgia. Berarti pas banget aku berada di negara Georgia sebelum 6 bulan habis masa berlaku paspor. Namun, sekretariat Kedutaan Besar Gerogia di Indonesia menyarankanku untuk memperpanjang paspor karena e-visa Georgia akan berlaku selama 6 bulan ke depan sejak tanggal e-visa dikeluarkan. Selama masa berlaku e-visa, paspor tidak boleh dalam keadaan 'lampu kuning' alias sudah sekarat masa berlakunya. Jadi, ya, aku harus perpanjang paspor dulu.

Sudah oke, kan, dengan masa berlaku paspormu? Sekarang saatnya tentukan tujuanmu berangkat ke negara Georgia. Karena aku berangkat dalam rangka ikut festival kesenian dunia di Tbilisi, Georgia, aku memilih "Business/Professional". Jika kamu berangkat untuk liburan biasa, langsung klik pilihan "Tourism". Ada beberapa pilihan lain, sih. Pilih saja yang sesuai dengan kepentingan keberangkatan kita ke negara Georgia. Ini penting untuk identifikasi jenis dan status e-visa yang akan dikeluarkan oleh kedutaan.

3. Travel Information

Nah, jika kamu sudah mengisi bagian-bagian di atas, klik "Next". Kamu akan masuk ke laman Travel Information. Tentukan tanggal kedatangan kamu di Georgia, dihitung tanggal kamu menginjakkan kaki di Tbilisi International Airport, ya. Bukan tanggal kamu berangkat dari Indonesia. Nanti sistem akan menghitung durasi masa berlaku visa yang akan dikeluarkan untukmu. Bagian ini lebih gampang dan jangan lupa selalu baca Information Box dengan cermat. Selanjutnya bisa klik "Next" lagi.

e-Visa Georgia Eropa Timur

4. Terms & Condition

Ini yang aku bilang mudah dalam pengurusan e-visa ke Georgia. Kenapa? Kita nggak perlu upload dokumen semacam travel insurance, reservasi tiket pesawat dan hotel, rekening bank, dan surat lain-lain yang mendukung pengurusan visa. Cukup centang saja kotak di laman ini. Baca juga Information Box. Tapi jujur, ya. Untuk dokumen pendukung itu, dibawa saat berangkat untuk jaga-jaga. Siapa tau kamu bermasalah di imigrasi airport. Nanti bisa dikira imigran gelap dan dideportasi. Owh, sungguh mengerikan.

e-Visa Georgia Eropa Timur

5. Personal Information

Ini isian standarlah ya. Nama, nomor paspor, tanggal lahir, dan email. Oiya, di sini juga saatnya kamu upload pas foto dan paspor yang sudah disiapkan sebelum applying e-visa  ini. Pastikan foto sudah diedit sesuai ukuran yang diminta dan tertulis jelas di Information Box. Nanti foto langsung nongol di laman ini untuk memastikan kamu tidak mengunggah foto yang salah.

e-Visa Georgia Eropa Timur

6. Rekapitulasi data

Setelah "Next", kita akan masuk ke laman rekap data. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar. Setelah semua oke, permintaan pengurusan e-visa akan dikirim ke email untuk konfirmasi.

e-Visa Georgia Eropa Timur

7. Cek Email

Kamu akan masuk ke laman seperti ini pada gambar. Coba buka email dan baca ketentuan selanjutnya di sana. Kamu punya waktu 1 jam untuk approve application di email dan payment dapat diproses. Sudah siap dengan kartu kredit, kan?

e-Visa Georgia Eropa Timur

e-Visa Eropa Timur
8. Payment

Satu-satunya cara pembayaran melalui website ini adalah melalui kartu kredit. Jadi jangan kaget, ya. Pastikan kartu kreditmu sudah di tangan sehingga pembayaran dapat diproses. Bayar pengurusan e-visa Georgia sungguh sangat murah, cuma 20 USD, ditambah tax, jadi 20.5 USD. Pembayaran ini tidak refundable, lho. Jadi pastikan lagi data sudah benar. Kalau e-Visa ditolak, ya, risikonya uang tidak kembali. Sedih, ya. Untung murah, kan?!

e-Visa Georgia Eropa Timur

e-Visa Georgia

9. Payment Confirmation

Setelah semua pembayaran sudah dilakukan, cek email lagi. Di sana ada keterangan kalau pembayaran kita sudah berhasil. e-Visa akan diproses dalam 5 hari kerja sejak pembayaran dilakukan. Tinggal tunggu, deh. Menunggu itu paling deg-degan. Bisa diterima dan bisa juga ditolak, kan?

e-Visa Georgia

10. e-Visa Georgia

Tadaaaa, setelah sabar menunggu 5 hari kerja, akhirnya e-Visa Georgia keluar juga. Dikirim via email. Di sana tertera file attachment dalam bentuk pdf. Tinggal cetak, lalu dibawa saat berangkat, selipkan ke dalam paspor. Pintu gerbang Georgia sudah terbuka untukmu.

Di sana juga tertulis type of visa. Saat itu status visa ku ditulis C3. Itu bukan gate pesawat. Bukan! Itu golongan tujuan kita mengunjungi Georgia. Karena tujuanku ke Georgia dalam perjalanan bisnis dan profesional, jadi visa jenis C3. Untuk perjalanan wisata, sepertinya type of visa ditulis C1. Jadi jangan khawatir kalau jenis visa kita berbeda. Yang penting bisa berangkat ke Georgia.

e-Visa Georgia

FYI, e-Visa ini hanya berlaku untuk negara Georgia, bukan kategori visa Schengen. Jadi kamu tidak bisa melintas seenaknya ke negara Eropa lainnya. Namanya juga e-Visa mudah dan murah meriah. Dan, satu lagi, selama di negara Georgia, jangan berbuat yang aneh-aneh, ya. Karena di Georgia nggak ada KBRI. Kantor KBRI berada di Kyiv, Ukraina yang mengayomi Armenia dan Georgia. Jadi, kalau ada apa-apa pada WNI di Georgia, kita harus terbang dulu ke Kyiv, Ukraina, sementara kita tentu nggak prepare visa Ukraina, bukan? Bersikaplah sebagai stranger yang baik di negeri orang. Apalagi kata orang KBRI yang sempat kuemail sebelum berangkat, hanya ada 4 orang WNI yang terdata dan tersebar di negara Gerogia. Bayangkan, cuma 4 orang. Siapkan diri untuk benar-benar menjadi stranger di sana, ya. Happy traveling!



*Pengurusan e-Visa Georgia ini dalam rangka perjalanan misi pertukaran kebudayaan dalam International Folk Dance and Music Perkhuli Tbilisi 2017.

6 comments:

  1. Macam bikin evisa Turki dan India ya. Mudah banget.
    .
    .
    .
    .
    Ongkos ke sananya yang ulalaaaa hahaha

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena ongkos ke sana yang sungguh "ulalaaa" itu, pembuatan e-visa dipermudah dan murah. Biar seimbang.. :))

      Delete
  2. wahh cara bikin e-visa-nya gampang juga ya..

    ReplyDelete
  3. BIKIN VISANYA GAMPANG YA TOLONG. SAVING MONENYA NGGAK GAMPANG YAA. TOLONG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaah. TOLONG, KALAU ADA EVENT KE MANA ATAU LIBURAN KE MANA, AJAK SAYA. TOLONG! :))

      Delete

Instagram @sansadhia