Taman Bunga Begonia yang Penuh Cinta

Pencinta tumbuhan dan bunga-bungaan, kebahagiannya akan bertambah 99% saat masuk ke kawasan Taman Bunga Begonia. Lokasinya yang adem, sejuk, dan segar, budidaya tumbuhan di kawasan Maribaya, Lembang, Jawa Barat ini menjadi ranum dan rimbun. Hasilnya, taman indah warna-warni serta wangi menjadi pusat perhatian banyak orang. Ada banyak jenis bunga yang ditanam di sini, lalu ditata sedemikian rupa dengan beberapa instalasi. Taman Bunga Begonia memang bikin betah. Bacanya harus lengkap 'begonia', ya. Jangan disingkat. Jangan pula ditambah-tambah jadi begonia(n). :)

Saat berada memasuki Taman Bunga Begonia, aku jadi ingat sebuah taman bunga besar di Singapura yang pernah kukunjungi sebelum ini. Flower Dome di Garden by The Bay. Taman Bunga Begonia memang tak sebesar dan semegah taman bunga di negeri tetangga itu. Tapi percayalah, wangi-wangian bebungaan lebih natural dan menawan hati. Rasanya, ini sangat Indonesia. Tak perlu budidaya di dalam dome dengan pengaturan suhu tertentu atau dengan kualitas tanah yang sengaja didatangkan dari luar. Taman Begonia memang ada karena kesuburan, suhu udara, serta cuaca yang cocok dan aman untuk berbagai jenis tanaman.

Jenis bunga begonia di Lembang
Bunga yang merah itu termasuk jenis begonia lho.

Taman Bunga Begonia
Selalu bersama Junisatya.
Sunny day di Lembang
Sunny day.
Taman Bunga Begonia yang penuh cinta
Datang sendiri pun ke sini, nggak akan kesepian. Taman ini tetap bernuansa penuh cinta, kok. :)
FYI, bagi yang belum tahu kenapa taman ini dinamakan 'Begonia', begonia itu bukan nama satu jenis bunga saja. Begonia ternyata sekumpulan keluarga tanaman hias yang dapat tumbuh di daerah lembab dan tropis. Cocok sekali dengan Lembang yang sejuk dan lembab. Bunga-bunga yang masuk dalam genus Begonia termasuk bunga tangguh yang bisa hidup di dalam ruangan. Ada beberapa tanaman begonia yang dirawat di area ini (yang sebenarnya aku sendiri tidak begitu tahu yang mana saja).

Taman Bunga Begonia didekorasi se-fun mungkin. Ada beberapa bangku-bangku taman yang di beberapa titik. Disediakan pula tempat-tempat yang bisa membuat fotomu instagramable. Ada area untuk nongkrong bersama, ada pula area untuk bikin acara gathering (asal tidak merusak tanaman). Semua dekorasi dan instalasi ini menjadikan Taman Bunga Begonia bernuansa penuh cinta. Semerbak bunga tercium, ditambah pula angin perbukitan yang sepoi-sepoi. Sangat disarankan untuk mengunjungi taman ini pada pagi hari. Warna-warna bunga masih merona saat itu. Pukul 7 pagi sudah dibuka, kok. Jangan heran jika nanti datang ke sini saat beberapa petugas masih menyirami tanaman.

Taman Bunga Begonia Lembang
Koleksi bunga matahari juga ada di sini.
Taman Bunga Begonia Lembang
Kalau ingin tahu banyak tentang bunga-bungaan, bisa masuk ke bangunan ini.
begonia lembang
Lucu, kan, instalasinya.
Setelah membayar tiket masuk seharga Rp10.000,-, kamu akan dipinjamkan topi rotan sebagai pelindung matahari. Siang di sini tentu sangat terik. Selain fungsi topi sebagai pelindung kepala, topi bisa jadi properti fotoshoot yang ciamik di tengah bunga-bunga cinta.

Yang paling penting saat masuk ke area ini, jangan pernah memetik bunga yang menjadi koleksi Taman Bunga Begonia. Ada area khusus pengunjung yang ingin membawa pulang tanaman cantik dari Begonia untuk dibudidayakan di rumah. Bisa banget. Tapi jangan petik yang ada di dalam area taman, ya. Yang boleh dipetik itu sayurannya (jika kebetulan sedang panen). Yes, di Taman Begonia kita nggak cuma bisa melihat bunga-bunga cantik, tapi di bagian belakang terdapat area perkebunan sayur organik. Beberapa bibit bunga juga dibudidayakan di area kebun. Kebunnya memang tidak terlalu besar, tetapi kita bisa memetik sayuran segar. Ibu-ibu pasti senang kalau ke sini apalagi saat panen. Ada labu, strawberi, lobak, tomat, kol, sawi, dan sebagainya. Petik sendiri dan bisa pilih sayuran mana yang mau dibawa pulang. Nanti ditimbang dan bayar sesuai berat sayur yang mau dibungkus. Tenang saja, harganya murah-meriah. Borong pun boleh selama persediaan masih ada.

Taman Begonia Lembang
Junisatya abis metik labu di Kebun Begonia.
Taman Bunga Begonia Lembang
Dirgahayu Indonesia.

Information
Tiket masuk : Rp10.000,-
Jam buka: 07.00-18.00

6 comments:

  1. Saya taunya begonia makanan survival klo buat di hutan gunung tuh.. rasanya rada asem seger gitu dehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, begonia memang bisa dimakan. Rasanya asem asem rujak. Kamu ga salah kok Kak. :))

      Delete
  2. Subhanallah lembang memang memukau banget ya mba.kapan ya aku bisa ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembang memang difokuskan sebagai area wisata keluarga di wilayah Jawa Barat. Kalau ke Lembang, hindari tanggal merah dan long weekend ya Ka. Karena macet banget.

      Delete

Instagram @sansadhia