Naik Kereta Api dari Jakarta ke Garut

Siapakah orang Garut di sini? Siapa yang ingin ke Garut tapi nggak pakai ribet?

Yes. Ini kabar gembiranya.

Garut sudah punya jalur kereta api sendiri. Eiiits, ini bukan jalur baru sebenarnya. Jadi, ceritanya begini.

Dulu sekali, sekitar 1 abad yang lalu Stasiun Garut adalah terminal yang permai, tempat orang bongkar muat dan mengangkut hasil alam dari Garut. Namun, tahun 1980-an, transportasi kereta api tak lagi jadi primadona. Orang lebih memilih naik mobil atau bus, sehingga akhirnya tahun 1983, jalur kereta api Garut-Cibatu tidak lagi beroperasi.

Jalur Kereta Api Garut



Jalur Kereta Api Garut (2)


Selama ini, perjalanan ke Garut memang agak ribet. Yang paling gampang, jika mau ke Garut dari Jakarta, kita bisa naik bus. Bagi yang biasa naik kereta api, biasanya jalurnya hanya mentok hingga Stasiun Cibatu.

Karena itu, aku senang sekali saat mendengar kabar Stasiun Garut punya wajah baru dan jalur kereta api Garut-Cibatu direaktivasi.

Sebuah kehormatan aku bisa diundang oleh PT Kereta Api Indonesia untuk menghadiri launching reaktivasi jalur kereta api Garut-Cibatu dan Stasiun Garut. Peresmian ini dihadiri oleh Pak Menteri Perhubungan dan jajaran KAI.

Jalur Kereta Api Garut (3)


Aku sendiri nggak menyangka, saat peresmian suasananya ramai sekali. Banyak anak-anak sekolah bawa bendera, pertanda masyarakat Garut sangat menyambut baik kehadiran transportasi baru yang merakyat ini. Masyarakat juga bisa langsung mencoba kereta api Garut-Cibatuan secara gratis dari Stasiun Garut hingga Stasiun Cibatu, lalu nanti kembali lagi ke Stasiun Garut.

Untuk saat ini, sudah ada 2 rangkaian kereta api yang melintas hingga Garut.
- KA Cikuray untuk rute Garut-Pasar Senen (pulang-pergi)
- KA Garut-Cibatuan untuk rute Garut-Purwakarta (pulang-pergi)

Jalur Kereta Api Garut (4)



Jalur Kereta Api Garut (5)

Jalur Kereta Api Garut (6)


Sebenarnya KA Garut-Cibatuan sudah ada sejak lama tetapi hanya melayani hingga Stasiun Cibatu sesuai dengan namanya. Kini sudah bisa melayani sampai Garut. Jelas sekali masyarakat senang menyambut kabar gembira ini. Maklum, jalur kereta api ke Garut ini sudah 39 tahun mati suri.

Sekarang dari Jakarta, tepatnya Stasiun Pasar Senen, kita bisa langsung naik kereta api menuju Garut. Harga tiketnya Rp45.000. Kamu bisa cek jadwal kereta apinya di aplikasi KAI Access ya. Sekarang naik kereta api dari Jakarta ke Garut semakin mudah. Nggak perlu transit-transit lagi. 

Dengan dibukanya kembali jalur ini, diharapkan masyarakat semakin punya alternatif transportasi. Kalau kata Pak Jokowi yang pernah kukutip, membangun infrastruktur transportasi sama dengan membangun peradaban. Akan tumbuh titik-titik ekonomi baru di sekitar infrastruktur yang baru itu.

Jadi kapan mau ke Garut?

Komentar

Popular Posts