Nonton Film Temen Kondangan Biar Move On di Kondangan [Review Film]

Apa jadinya saat mantanmu mengundang ke resepsi pernikahannya? Galaunya  dua kali. Kalau nggak datang, dikira belum move on. Kalau datang dan sendirian, harga diri tercabik-cabik. Itulah yang dirasakan Putri yang diperankan oleh Prisia Nasution di film drama komedi Temen Kondangan.

Sungguh premis film ini sangat sederhana, bukan? Cuma tentang kegalauan datang ke kondangan mantan. Kalau aku jadi Putri, nggak kebayang sih mesti mikirin gandengan buat datang kondangan Deny, mantannya yang diperankan oleh Samuel Rizal. Apalagi Putri ini diceritakan sebagai selebgram yang paling gampang diserbu dengan komen negatif netizen.

Putri yang sudah memutuskan untuk tidak datang ke resepsi mantannya, mendadak diserbu oleh teman-teman se-geng. Teman-temannya menantang Putri, "Kalau emang udah move on, seharusnya datang, dong." Lalu, ada yang nyeletuk, "Mau datang sama siapa?"
Nonton Film Temen Kondangan - image: MNC Pictures documents

Nonton Film Temen Kondangan - Image: MNC Pictures Documents

Nah, dalam 1 hari, Putri harus menemukan gandengan terbaik untuk dipamerkan di kondangan mantan esok harinya. Masalahnya, Putri belum punya pacar lagi sejak putus dengan Deny. Dari sinilah kekonyolan-kekonyolan di film ini dimulai. Putri dikenalkan oleh teman kantornya sekaligus asistennya pada Juna (Kevin Julio) yang sudah biasa membuka jasa temen kondangan. Ya, dengan nekat, Putri langsung mengirimkan chat kepada Juna yang merupakan sepupu dari asistennya itu (Chika Waode).

Karena pesannya belum dibalas Juna, seharian Putri hanya duduk berdiam diri di kantornya. Lantas, saat atasannya, Galih (Gading Marten) mencoba menghiburnya, Putri pun sempat menawarkan Galih untuk jadi gandengannya, tetapi Galih tidak mengiyakan.

Duh, cari temen kondangan ternyata lebih susah daripada cari pacar beneran, ya.
Padahal seharusnya gampang banget, kan. Tinggal ajak temen aja buat kondangan demi nggak disangka belum move on. Tapi urusannya jadi panjang. Belum lagi kejadian di kondangan Deny dan Fitri yang seketika rusuh karena urusan permantanan ini. 

Siapakah yang akan jadi temen kondangan Putri?

Drama komedi produksi MNP Pictures ini mengangkat kegelisahan yang related dengan kehidupan milenial. Menariknya, film ini punya alur yang cukup cepat, diambil dari sudut pandang Putri. Film Temen Kondangan hanya mengambil set waktu dalam 3 hari. Hari pertama saat Putri menerima undangan. Hari ke-2, Putri mencari temen kondangan. Hari ke-3, hari H kondangan mantan. 80% peristiwa di film ini justru berfokus pada sesi resepsi itu.

Unsur komedi di film ini juga terasa natural dan sangat ringan. Berkat Gading Marten dan Reza Nangin, komedi di film ini terasa hidup. Karakter Putri yang serius bisa menjadi sangat renyah berkeliaran di hall resepsi mantannya sendiri.

Nonton Film Temen Kondangan - Image: MNC Pictures Doc

Sebenarnya apa yang diangkat di film ini adalah sebuah tragedi kekinian ulah cuitan social media. Dulu mungkin datang kondangan mantan nggak akan sepanjang dan seribet ini urusannya. Namun, semua berubah dengan adanya social media dan apalagi ada banyak sekali tipe orang yang lebih mementingkan cuitan netizen ketimbang suara hati.

By the way, ini juga pertama kalinya Prisia Nasution berakting dengan Gading Marten. Sama-sama aktor peraih Piala Citra pula. Karakter mereka sangat kuat dan saling mengimbangi karakter yang lainnya. Duet Prisia dan Gading malah nggak failed sama sekali, apalagi Prisia juga baru pertama kali main drama komedi. Tentu kita semua penasaran dengan film Temen Kondangan, bukan. Jajaran cast-nya nggak main-main, lho. Ada Olivia Jensen, Diah Permatasari, Febi Febiola, dan sebagainya.

Kamu lebih baik siap-siap rusuh di bioskop mulai tanggal 30 Januari untuk nonton Temen Kondangan. Mendingan rusuh di bioskop daripada rusuhin kondangan mantan, kan?! Coba latihan bawa gandengan ke bioskop dulu, biar nggak kaku saat datang kondangan mantan.

Komentar

Popular Posts