Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Langsung ke konten utama

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile tentang Perjuangan Atlet e-Sports

Di artikel sebelumnya aku sudah menulis review tuntas drama Cina Falling Into Your Smile. Drama yang diperankan oleh Xu Kai sebagai Lu Si Cheng dan Cheng Xiao sebagai Tong Yao ini mendapat rating tertinggi di WeTV. Tentu kalau ada drama yang lagi ramai ditonton dan heboh di social media, aku nggak mau ketinggalan hype-nya. Drama Falling Into Your Smile sukses membuatku terhibur dan termotivasi karena mengangkat tema tentang kehidupan atlet e-sports yang mematahkan stigma masyarakat tentang gamer dan bagaimana meraih impiannya masing-masing.

Kekeluargaan tim Falling Into Your Smile (sumber: mydramalist.com)

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile 2
Drama Cina terlaris bulan Juli 2021 di WeTV (sumber: chinesedrama.info)

Aku selalu suka drama yang memotivasi begini, nggak melulu tentang cinta-cintaan, ya walaupun porsi romansa di Falling Into Your Smile juga mencuri perhatian. Apalagi chemistry antar karakter sangat kuat. Selain kisah Lu Si Cheng yang jatuh cinta dengan anggota timnya sendiri, Tong Yao, kita juga disuguhi kisah persahabatan dan kekeluargaan dari tim ZGDX. Nggak penting ada pacaran di dalam tim, meski sedikit menyalahi prinsip klub, tapi kehadiran Tong Yao telah memberi makna dalam perjuangan tim ZGDX meraih piala Liga Nasional.

Baca di sini: Review Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Dan, satu tambahan yang paling aku suka selama menonton Falling Into Your Smile adalah kata-kata motivasi dalam dialognya. Selain bertabur bintang, drama ini juga bertabur kata-kata motivasi dan inspiratif.

Aku kutipkan buat kamu beberapa quote dari Falling Into Your Smile. Sayang sekali kata-kata bagus ini nggak dibagikan ke kamu yang belum nonton dramanya. Ini juga jadi pengingatku jika aku butuh kata-kata penyemangat. Karena meski kata-kata ini diucapkan dalam konteks e-sports, tapi maknanya bersifat universal.

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile 3
Perjuangan gamer menuju Liga Nasional. (sumber: chinesedrama.info)

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile 4
Romansa pemain pro-gamer. (sumber: chinesedrama.info)

Quote tentang pertandingan

Lu Si Cheng banyak mengajarkan Tong Yao tentang menjadi profesional gamer. Ini penting mengingat Tong Yao baru bergabung di dalam tim, baru merasakan bagaimana menjadi pro-gamer yang hidupnya ada di antara pertandingan dan pusat perhatian.


Lu Si Cheng:

Keseruan dalam bertanding, terletak pada sebelum detik terakhir, saat kau tidak akan tahu apa yang akan terjadi. Begitu juga dengan kehidupan. 


Lu Si Cheng:

Aku tidak peduli terhadap pandangan orang lain. Aku hanya peduli dengan bagaimana kau melihat dirimu sendiri. Lanjut atau menyerah? Pertandingan profesional bukanlah tempat untuk bermain dan bersenang-senang. Karier pemain profesional sangat pendek. Momen puncak juga akan berlalu dalam sekejap mata. Kau tidak boleh meyia-nyiakan diri sendiri, lebih tidak boleh lagi menghambat orang lain.

 

Tong Yao:

Bukankah ada satu kalimat, praktik adalah satu-satunya standar untuk membuktikan teori, bukan?


Dalam plotnya, sebuah tim e-sports akan dihadapkan pada situasi krisis kepercayaan, entah itu kepercayaan diri, kepercayaan kepada sesama tim, maupun kepercayaan kepada pemimpin tim. Ada situasi saat Tong Yao kalah telak melawan tim profesional dari Korea saat pertandingan latihan, ia merasa dirinya hancur. Tong Yao menempatkan kepercayaan dirinya pada satu tokoh hero kebanggaannya dalam game. Tentu ketika hero itu hancur, setengah dari kepercayaan dirinya ikut hancur. Lu Si Cheng membantunya membangkitkan kepercayaan itu lagi.

Tong Yao:

Jika suatu hari nanti kepercayaanku dihancurkan, aku harus bagaimana?


Lu Si Cheng:

Bagaimana jika membangun kepercayaan baru dengan tekad untuk menang? Bagaimana bisa tahu kalau belum mencoba?

 

Lu Si Cheng juga pernah dihadapkan pada kondisi kalah dalam pertandingan dan Lao Mao, satu rekannya merasa sangat kecewa.

Lao Mao:

Hari ini kita hanya kalah satu babak. Tapi hatiku sesak, kau tahu? Hatiku sesak bukan karena hari ini kita kalah, melainkan karena aku menyadari kau akhir-akhir ini sama sekali tidak memercayai rekan timmu.

 

 

Kalah dalam pertandingan adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah ketika kita menyerah pada kekalahan itu. Quote ini diucapkan Tong Yao saat berbincang dengan lawan pertandingannya yang kalah. Ia menggambarkan ulang bagaimana seseorang pasti bisa berjuang.

Tong Yao:

Jika kalian semakin banyak melihat cara bertanding tim lain dan taktik mereka, kalian masih berkesempatan besar untuk berkembang.


Tong Yao:

Miliki tujuan yang jelas, kemudian berusaha capai tujuan tersebut. 


Quote Drama Cina Falling Into Your Smile 5
Kerja keras demi menggapai impian. (sumber: mydramalist.com)


Tong Yao:

Tak ada tim yang dapat mengalahkan tim lain dengan cara yang mudah. Sebelum orang lain kelihatan bisa dengan mudah mengalahkanmu, mungkin saja mereka sudah mempersiapkan diri dengan matang. Kita semua manusia. Mana mungkin ada orang yang begitu hebat seperti alien? Jadi, jangan pernah remehkan lawanmu. Jangan pernah bertarung tanpa persiapan.


Tong Yao dihadapkan pada situasi masyarakat awam bahkan orangtua belum bisa menerima kemampuan cewek sebagai profesional gamer. Tong Yao selalu gelisah dan bertekad melawan stigma itu. Ia pun menjadi ikon dan trensetter sebagai tokoh perempuan pertama yang berhasil memasuki liga nasional.

Sebenarnya masalah klasik semua pemain e-sports adalah sama, ditentang oleh orangtua. Kemampuan mereka tidak dipercaya. Profesi mereka juga diremehkan begitu saja. Plot Falling Into Your Smile juga mengangkat masalah ini dan bagaimana tokoh-tokohnya menghadapi masalah itu.

Lu Si Cheng:

Ada barang orang tua yang berharap anaknya belajar dengan baik, berusaha masuk universitas terbaik saat ujian nasional. Jadi, jangan memikirkan hal lain. Sama seperti mereka selalu berharap kalian bisa menghafal beberapa kosakata Inggris saat waktu istirahat, jangan main gim yang aneh. Para orang tua sering mendiskusikan hal ini. Niat awal mereka baik, juga berharap kalian bisa lebih fokus belajar, mendapatkan peringkat bagus, untuk melewati kehidupan ini dengan baik. Dengar hal seperti ini memang masuk akal. Namun, biasanya, fans yang memberikan saran ini, sebagian besar berada di usia ini atau orang dewasa yang sedang bekerja. Saat meminta pemain profesional yang juga adalah manusia normal, aku kesampingkan orang yang menertawakan pemain profesional tidak latihan dengan baik, hanya tahu pacaran saja, atau yang bilang main gim lain saat istirahat. Apakah kalian bisa mencuri malas main Tieba saat masuk kelas atau saat bekerja? Aku hanya berharap semuanya bertukar posisi saja. Saat semuanya masih sangat muda, siapa yang tidak mencuri malas saat masuk kelas? Siapa yang tidak pernah tidur di kelas? Tidak diam-diam melihat bunga kelas? Apa bedanya dengan pemain profesional sehingga harus sempurna seperti dewa? Tidak ada manusia yang sempurna. Kalau setiap saat mencari masalah dengan membahas peserta hari ini main tetris, besok main permainan ular, lusa pacaran, itu sangat membosankan. Sebagian besar waktu kami adalah latihan. Waktu latihan kami bahkan lebih banyak dari waktu belajar seseorang.


Tong Yao:

Aku tahu ada sangat banyak orang yang selalu merasa anak perempuan tidak bisa menguasai matematika, anak perempuan tidak cukup rasional, anak perempuan adalah pembunuh jalan. Di setiap bidang, anak perempuan selalu kalah dari laki-laki. Namun, aku ingin bilang, itu hanyalah prasangka. Hal apa pun, jika anak perempuan ingin melakukannya dengan baik, mereka juga bisa melakukan dengan sangat baik. Olahraga elektronik bukanlah bidang yang hanya melibatkan laki-laki.


Tong Yao:

Aku tahu, internet selama ini tidak begitu bersahabat dengan wanita di e-sports. Juga ada banyak wanita sedang berusaha mengubah keadaan ini. Tapi aku ingin bertanya kepada kalian, saat kami berusaha latihan rank, menonton kompetisi, dan analisis taktik, apa yang sedang kalian lakukan?

 

Lagi-lagi Tong Yao dihadapkan pada situasi sulit ketika ia harus tidak bisa tinggal diam terhadap ketidakadilan, sementara gerak-geriknya selalu menjadi sorotan banyak orang. Atlet e-sports tak ada bedanya sebagai public figure.

Lu Si Cheng:

Sebagai public figure, seluruh tubuhmu pada dasarnya juga bukan milikmu sendiri. Makna dari keberadaan kita adalah memenangkan kompetisi, menyenangkan fans, berkontribusi untuk tim. Jadi, kita berusaha maksimal untuk melakukan hal di atas. Perkataan ini kelihatannya benar. Tentu saja juga banyak orang yang mengira begini. Namun, kalau peserta itu sendiri juga mengira seperti ini, itu akan celaka. Menang atau kalah dalam kompetisi memang sangat penting, tapi dibanding dengan kepuasan fans atas peringkat kompetisi, kitalah orang yang seharusnya langsung menghadapi hasil. Jadi bicara dengan egois, ini adalah masalah kami, terima kasih atas kesukaan dan dukungan kalian. Namun, kemenangan dan kekalahan kompetisi, sepertinya benar-benar tidak ada hubungannya dengan kalian. Ini barulah pemikiran yang benar.

Lu Si Cheng:

Kalau kalian benar-benar suka pemain profesional, mendekatlah pada panggung kompetisinya, menjauhlah dari kehidupannya.

 

Xiao Rui:

Ketika sudah beraada di dunia sosial, tidak semua hal bisa diselesaikan secara emosional.

 

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile 6
Romansa dalam game.

Quote di bawah ini adalah tentang besarnya rasa cinta Tong Yao terhadap rekan timnya, kaptennya, sekaligus pacarnya.

Tong Yao:

Ada yang bilang, besarnya makna cinta ada pada dunia ini tiba-tiba muncul seseorang, dia bisa memberikan semua yang kau inginkan. Dia berusaha tidak takut apa pun, setiap saat, tidak peduli apa pun.

 

Lu Si Cheng:

Love, a spark from nowhere to eternity.

 

Pada akhirnya, narasi Falling Into Your Smile akan mengantarkan kita pada sebuah gambaran hidup seperti quote yang aku kutip di bawah menjelang episode terakhir.

Narator:

Tidak ada yang bisa berkuasa selamanya. Juga tidak ada yang akan kesusahan seumur hidup. Cintailah hal yang kau cintai dengan berani. Mencintai hal yang dicintai diri sendiri.



Review selanjutnya: The Brightest Star in The Sky, Petualangan Mengejar Mimpi dari Cina hingga Mexico

Komentar