Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown, Tiket Pulang Batal

Setelah 4 hari di Singapura, aku bertolak ke Langkawi, Malaysia. Dan kamu tahu, hari saat aku berangkat dari Changi Airport ke Langkawi adalah hari saat Singapura memperketat border imigrasinya. Negara yang di-lockdown untuk masuk ke Singapura bertambah. Untuk kita yang berasal dari negara ASEAN wajib memperlihatkan surat keterangan kesehatan di imigrasi. Kalau tidak, ya nggak boleh masuk Singapura. Intinya, kita tidak bisa traveling with no purpose. Yes, Singapura lockdown hari itu. Saat aku keluar border, maka aku tidak bisa masuk Singapura lagi untuk sementara waktu.

Aku naik Air Asia dari Singapura ke Langkawi yang membutuhkan waktu 1 jam. FYI, Langkawi ini adalah salah satu pulau di sisi utara Malaysia, berbatasan dengan perairan Thailand. Begitu sampai di sana, aku melepas masker karena udaranya panas sekali. Seperti kata seorang temanku yang tinggal di Singapura, udara panas bagus buatmu to kill the virus. Oke, aku harus berpikiran positif, semoga tidak membawa virus dari Singapura masuk ke pulau kecil ini. Belum ada kasus pasien positif di Pulau Langkawi saat aku di sana.

Bagi foreigners, kami wajib mengisi formulir pernyataan tidak baru saja traveling dari negara Cina, Korea Selatan, Iran, Italia, dan Jepang. Setelah itu formulir ditandatangani dengan meninggalkan sejumlah kontak termasuk alamat hotel tempatku menginap. Selebihnya Langkawi aman pada saat itu, tanggal 16 Maret 2020.

Baru saja menikmati suasana pantai sore hari di Langkawi dan menikmati bersihnya udara di sini yang jauh dari perkotaan, aku mendengar kabar gempar malam harinya dari pemerintah pusat Malaysia. Malaysia akan melakukan lockdown dan melarang semua aktivitas di luar sampai akhir Maret 2020. Pemberlakuan itu dimulai dari 18 Maret 2020.

Aku cuma bisa berjalan-jalan di tempat-tempat wisata Geopark di Langkawi pada tanggal 17 Maret, ke Telaga Tujuh dan Dataran Lang. Suasana lokasi wisata relatif sepi karena hari kerja. Beberapa pengunjung ada yang berendam di Telaga Tujuh. Aku harus trekking sekitar 200 meter sebelum melihat telaga dengan view lembah air terjun. Ah indahnya. Ini menjadi tempatku merilis stres setelah dapat beberapa pertanyaan dan hujatan di DM terkait perjalananku di tengah wabah virus corona.

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown (2)

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown (3)

Aku berpikir untuk mematikan sinyal sejenak biar bisa menikmati keindahan Langkawi ini, yang tentu saja berbeda dengan suasan kota besar di Singapura. Dataran Lang menjadi tujuan berikutnya. Lagi-lagi lokasinya sepi. Tapi Langkawi sangat panas. Suhu mencapai 35-36 derajat Celcius. Panas banget sampai mungkin virus corona tak ingin mampir ke sana (bercanda :)). Lebih panas dari Jakarta bahkan. Anw, di Dataran Lang ini ada monumen burung elang raksasa. Jadi, Langkawi itu diambil dari kata 'lang' yang berarti 'elang'. Langkawi memang dikenal sebagai daratan elang. Aku beberapa kali melihat elang terbang bebas di udara. Lega sekali melihat habitat elang di sini masih aman.

Malam sebelum lockdown, bukannya bisa beristirahat, sebelum makan malam, aku melihat kepanikan kental sekali terasa di pusat perbelanjaan di Langkawi. Beberapa orang mulai belanja stok makanan dan obat-obatan. Untung orang-orang di sini nggak panic buying karena esok harinya semua pertokoan dan mall tutup kecuali beberapa restoran. Restoran dan swalayan tetap buka dengan syarat social distancing dan hanya boleh take away makanan.

Lalu bagaimana nasibku dengan status foreigner? Banyak sekali berita simpang-siur. Lockdown berlaku untuk warga negara Malaysia. Tapi ada berita bahwa Malaysia juga menutup penerbangan keluar dan masuk. Jadi, kami putuskan malam itu pukul 12 malam, kami melaju ke kantor polisi terdekat, katanya ada ketentuan wajib lapor. Ah, berita beneran simpang siur. Ketika 1 kantor polisi tutup, kami mencari kantor polisi yang lain di Langkawi. Aku sudah mengantongi paspor dan pulpen. Namun, lucunya, begitu sampai kantor polisi, suasana sangat sepi. Kata pak polisi, kami bisa pergi ke mana pun dan tak perlu lapor. Wah, ternyata Langkawi santai sekali ya. Ada beberapa video beredar dari Kuala Lumpur bahwa kantor polisinya dipenuhi antrean. Well, kita nggak tau mana yang benar kan.

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown (4)

Ya, hari ketiga aku di Langkawi, aku hanya berdiam diri di hotel bersama beberapa teman Malaysia yang tim kerjaku. Di Indonesia, kabarnya saat itu penuh desakan lockdown juga. Aku tak mau ambil pusing berita itu daripada stres sendiri. Kami hanya berjalan keluar hotel untuk membeli makanan dan kembali pulang, mengisolasi diri. Langkawi yang sepi seketika menjadi sangat sepi dan seperti kota mati. Aku hanya membeli roti Subway untuk bekal makan siang dan memasak Indomie di hotel. Setelah itu, biar nggak bosan, nilai plusnya lockdown hari ini, kami masih bisa berjalan-jalan ke pantai di seberang jalan dan menunggu sunset di sana. Pantai cukup sepi, lho.

Setelah menjalani seharian isolasi di hotel, setidaknya aku masih bisa menikmati sunset terbaik di Langkawi. Hari itu, aku dan teman-teman melakukan meeting. Jadwal kepulanganku ke Indonesia dimajukan. Seharusnya, setelah selesai eksplor Langkawi, aku akan berada di Kuala Lumpur hingga tanggal 26 Maret 2020. Namun, situasi benar-benar tidak memungkinkan lagi. Meski Indonesia tidak memberlakukan lockdown, ada himbauan resmi dari Menteri Luar Negeri RI kepada semua traveler WNI untuk segera pulang sebelum kondisi semakin sulit. Apalagi kudengar Bali saat itu sudah tertutup bagi wisatawan asing. Jalur internasional menuju Bali pun memang agak sulit. Seorang temanku ada yang pulang ke Denpasar, tetapi karena info itu, dia berniat untuk pulang ke Jakarta.

Jadilah tiket pulang sudah dipesankan untukku tanggal 19 Maret 2020. Dari Langkawi, aku akan transit di Kuala Lumpur dan langsung terbang ke Jakarta. Aku packing malam itu juga.

Namun, semua tidak berjalan lancar. Pagi-pagi sekali, teman sekamarku sudah dihebohkan dengan tiket pesawatnya di-cancel. Kami terpecah dalam 2 penerbangan. Beberapa teman naik Air Asia (yang di-cancel itu) sementara aku dan sisanya naik maskapai Malindo Airlines. Bagi temanku yang warga negara Malaysia, mereka memang kesulitan untuk traveling dalam negeri karena setiap warga negara harus tetap di rumah. Tapi mumpung aturannya belum ketat-ketat amat pada saat itu, mereka masih bisa pulang ke kota asal.

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown (5)

Nah, yang bikin geger tanggal 19 Maret itu adalah semua penerbangan Air Asia dibatalkan baik dalam, maupun luar negeri. Jadi sebagian temanku akan tetap stay di Langkawi sampai hari berikutnya, beli tiket baru. Kami antisipasi untuk tidak membeli tiket Air Asia lagi. Sementara aku masih bisa terbang dengan Malaysia Airlines. Namun, risikonya aku harus menginap satu malam di Kuala Lumpur International Airport menunggu penerbangan tanggal 20 Maret dengan Malaysia Airlines juga. Sempat konfirmasi ke Air Asia untuk penerbangan berikutnya ke Jakarta dan mereka hanya menjawab tidak janji akan terbang. :(

Semua keluarga dan teman dekat sudah khawatir dengan isu lockdown Malaysia yang diperketat. Sebagian mereka menyangka aku sama sekali tidak bisa pulang ke Indonesia. Aku juga sempat berpikir seperti itu saat melihat jadwal keberangkatan di bandara dipenuhi dengan status cancel untuk penerbangan ke luar negeri. Beruntungnya aku, satu-satunya maskapai yang terbang ke Jakarta tanggal 20 Maret adalah Malaysia Airlines. Aku bernapa lega. Aku tidak bisa tidur semalaman meski sudah menyewa kamar di capsule hotel KLIA. Setelah sejauh ini perjalanan dan beberapa kali ganti tiket, tentu aku tidak mau tiket pulangku di-cancel lagi. Kalau sempat cancel, mungkin aku akan menghubungi KBRI di Kuala Lumpur hari itu.

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown (6)

Dan, ya, kabar gembiranya aku bisa pulang dengan sehat ke Jakarta. Meski sempat alot di counter check in karena pembelian bagasi-ku tidak confirmed. Jadinya aku harus bayar bagasi per kilo. 1 kg dikenakan 62 RM. Total bagasiku saat itu adalah 18 kg. Hitung sendiri berapa biaya yang harus aku bayar. Aku sudah berusaha mengurangi bagasi di tempat dan cuma berkurang sebanyak 5 kg. Jadi ya daripada ketinggalan pesawat, aku terpaksa membayar sejumlah uang yang mereka minta. Sampai saat ini, temanku sedang berusaha komplain ke pihak maskapai dan travel agent untuk refund dan sebagainya. Aku sendiri sudah terlalu lelah untuk memikirkannya. Sampai hari ini saja, tiket Air Asia yang cancel belum sempat di-refund. Yang penting bisa sampai di rumah dulu deh.

Di bandara Soekarno-Hatta sendiri, penjagaan border imigrasi diperketat juga. Katanya koper-koper di bagasi disemprot disinfektan, tapi aku tidak melihatnya. Entah benar atau tidak. Di samping itu, kami dibagikan formulir kewaspadaan kesehatan untuk 2 minggu ke depan. Jadi diharapkan untuk setiap traveler yang pulang dari negara terjangkit pandemi memang harus diisolasi selama 14 hari. Kalau terjadi sesuatu, aku bisa membawa formulir itu ke RS rujukan untuk diperiksa.

Traveling Saat Virus Corona Mewabah (Part 2), Malaysia Lockdown (7)

Saat artikel blog ini terbit, aku masih menjalani hari-hari karantina di rumah sebagai antisipasi. Semoga aku baik-baik saja dalam 2 minggu ke depan dan semua yang baca artikel ini juga baik-baik saja. Mari berdoa untuk kesembuhan banyak orang dan berharap wabah ini cepat berhenti.

Jangan lupa, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin dan berlakukan social distancing, ya teman-teman. Penyebaran virus corona itu melalui droplet (percikan dari penderita yang menempel di permukaan benda). Jadi kunci pencegahannya adalah di tangan kita yang kadang-kadang suka rese pegang ini-pegang itu lalu lanjut usap-usap muka. Yang penting rajin cuci tangan pakai sabun.

Komentar

1. Wah semoga cepet selesai proses Refundnya. Sekelas MA masa cari cuan dengan cara begitu sih :((( Sedih banget dengernya.

BalasHapus
  2. Aku juga baru pulang dari Malaysia nih.
    Beberapa hari setelahnya langsung lockdown *Jadi merasa beruntung.

Ga tau gimana jadinya kalau tanggal 18 aku masih di Malaysia mungkin bakal kocar kacir juga.
    Tapi untunglah teh Arum masih diberi kesempatan untuk pulaaang, mantap!

BalasHapus
  3. bacanya ikut deg-degan nih, tapi Alhamdulillah ya Malaysia Airlines masih bisa terbang &Bbisa kembali ke Jakarta dengan lancar. Beruntung gak sampai tertahan lama di sana ya

4. Wahhh menegangkan bangeettt ya.
    Untunglah pakai Malindo dan bisa balik ke JKT.
    Ga kebayang kalo dirimu pakai AirAsia, hiks.

BalasHapus
  5. wuh iya, ikut deg-degan.

sisi baiknya, bisa nikmatin tempat pariwisata yg lebih sepi, ya.

semoga tetap sehat, mbak dan semoga wabah ini segera pergi

BalasHapus
  6. Duh, ikutan deg-degan nih bacanya. Lumayan drama juga yah, untung masih bisa pulang deh.

Semoga sehat2 terus yah kita semuanya

7. Duh, didalam negeri sendiri aja kalau udah urusannya cancel ribet apalagi kalau maslahnya lockdown ya.. bikin deg-degan memang. Alhamdulillah akhirnya lancar ya say

BalasHapus
  8. Syukurlah semua berjalan lancar dan bisa pulang dengan maskapai lain.
    Semoga virus ini cepat mereda dan suasana kembali kondusif ya.

9. Dramanya banyak ya, Mbak. Saya bacanya aja deg-degan. Wabah ini memang cobaan untuk semua. Alhamdulillah bisa kembali ke Indonesia. Semoga sehat selalu ya, Mbak :)

BalasHapus
  10. Tapi berani juga ya pergi ketika mulai ada wabah, untungnya kamu masih bisa pulang mba 😭
    sehat2 terus ya mba dan jangan lupa terus bombardir badan pake makanan sehat dan pikiran positif..

11. Waaa sampai segitunya ya. Alhamdulillah akhirnya tetap pulang. Semoga tetap sehat ya, Mbak. Aku tuh juga suka pegang wajah. Ada himbauan gak usah pegang wajah jadi sudah sendiri, hahaha

BalasHapus
  12. Untung banget ya mba masih bisa pulang ke Indo Sebelum Malaysia beneran dilockdown. Whaaaa bakalan jadi cerita travelingtraveli seru ni . Semoga wabah ini segera berlalu ya Allahhhh... Amin

13. Syukur banget ya mbak bisa pulang ke Indonesia, memang sangat sulit di masa-masa ini ya. Apalagi perjalanan enggak sesuai yang diharapkan, anyway semoga sehat selalu ya mbak.

14. Perjalanan yang penuh drama ya mbak. Kepanikan melanda hampir seluruh negara-negara di dunia sejak wabah Covid-19 ini menyebar. Simpang siur berita juga memicu stres...semoga wabah ini segera berlalu...sedih juga nih tidak bisa kemana-mana apalagi saat lebaran nanti. Tidak bisa mudik rasanya bikin hati nelangsa ingat orang tua di Jawa sementara aku di Bali

BalasHapus
  15. Refundnya lama ga kak? Aku juga ngebatalin kreta nih refund sebulanna..

Semoga cot sleee proses refundnya ya kak. Emang corona nih bikin semua kacau. Bismillah semoga cpt pegi dri dunia ini coronanya.. Amin

16. Duh ngga kebayang aku kalo jadi mbak, aku pasti sangat khawatir juga.. tapi Alhamdulillah saat ini sudah di Jakarta ya mba, berkumpul dengan keluarga.. kita semua berharap ini semua bisa segera kembali normal ya mbak.. aamiin

BalasHapus
  17. Perjalanan seru dan pastinya tidak akan terlupakan. Semoga isolasi mandiri nya berhasil ya Mbak. Tetap sehat dan aktivitas seperti biasa. Aamiin...

18. Ya alhamdulillah semuanya baik baik saja. Karena kadang kita nggak tahu bagaimana sebaiknya pencegahan ini kita lakkan demi kebaikan bersama

19. Alhamdulillah bisa balik dengan selamat ya mbak. Emang agak riskan sih bepergian saat wabah corona makanya kmrn jg bbrp temen refund2 drpd berisiko. Kmrn kyknya di salah satu grup jg ada yang kasian kejebak di mana gtu, untungnya ada memberi grup yang tinggal di sana yang bantuin. Semoga wabah ini lekas selesai Ya Allah

BalasHapus
  20. Alhamdulillah sudah tiba di rumah dengan selamat. Semoga karantinanya baik-baik saja. Serem kalau ada di kondisi aku pas penerbangan cancel semua. Duuh bakalan panik.

21. Asli aku deg-degan bacaannya Mbak Ita sudah pulang ya tetap jaga kesehatan, semoga bakal baik situasi kita

22. Barokallah deg-degan juga baca ceritamu mBak hehehe
    selamat sehat sellau ya, langkawi seru juga di sana ya pengen main ke sana juga mudah-mudahan ada rejeki. aamiin

BalasHapus
  23. Ya Allah, mbak, membaca pengalamannya jadi ikutan tegang. alhamdulillah masih bisa kembali ke rumah dan sekarang sedang menikmati masa 2 minggu isolasi, semoga baik baik saja ya mbak.

24. Mba, aku bacae deg2an apalagi pas part temen mba kena cancel duh bikin lemas yah..alhamdulilah mba bis apulang juga dengan selamat semoga tidak terjadi apa2 selama masa karantina ini mya mba emang khawtai sih bepergian saat corona ini

25. Cerita travelingnya cukup menegangkan juga ya Mbak. Di tengah wabah corona seperti ini keadaan jadi serba tidak memungkinkan tapi syukurlah Mbak bisa kembali ke Indonesia dengan selamat.

BalasHapus
  26. Selalu stay safe ya mba. Di mana pun. Semoga selalu sehat. Kalo pergi2 ttep jaha kesehatan

27. Ya allah mbaaaa..Alhamdullilah bisa lancar juga akhirnya ya dan tetap setia di rumah saja ya mba. Aku senang kalau ada yang bertanggungjawab denga stay home 14 hari pasca perjalanan luar negeri. Karena jaga-jaga saja ya, mungkin kita sehat tapi orang di sekitar kita belum tentu