Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

Ngenalin Wisata Indonesia kepada Orang Italia, Serasa Virtual Tour Via Zoom Meeting

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Langsung ke konten utama

Malam Kemilau Etnik di Transmate Fest 2021

Kamu sudah tahu apa itu Transmate? Transmate merupakan komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Perhubungan RI untuk membagikan pesan-pesan positif dan perkembangan transportasi kita. Aku sudah 2 tahun bergabung dalam Transmate Indonesia. Artinya, sudah 2 tahun pula aku bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan RI.

Aku sendiri tidak menyangka, aku bisa berkembang dan berkarya lebih banyak selama bergabung di Transmate ini. Puncaknya adalah perjalanan Transmate Journey yang berkesan sekali yang bakal terus diadakan setiap tahun. Oktober 2020, aku berkesempatan melihat konektivitas transportasi di Banyuwangi, Jawa Timur, sementara Oktober 2021, aku berkesempatan menginjakkan kaki di Alor, Nusa Tenggara Timur untuk melihat konektivitas trasportasi dan logistik di daerah timur Indonesia. Bersyukur sekaligus bangga bisa bergabung di Transmate dan melakukan perjalanan Transmate Journey. Senang bisa traveling membawa misi positif dan punya akses melihat insan transportasi bekerja di berbagai daerah.

Baca Kisah Transmate Journey-ku di sini

Transmate Journey Banyuwangi: Kupas Tuntas Transportasi Selama Jelajah Banyuwangi

Transmate Journey Alor: Menuju Alor, Pulau Terdepan Indonesia Timur


Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum
Transmate Fest 2021

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (2)
Jajaran Transmate dan Kemenhub RI

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (3)
Talkshow dengan Menteri Perhubungan RI

Malam itu adalah malam puncak segala event yang diadakan Transmate selama 2021. Kemenhub mengadakan Transmate Fest 2021 yang memang diperuntukkan bagi Transmate yang akhir tahun ini berjumlah 19 orang. Sebenarnya tadinya ada 20 orang, tapi ada yang mengundurkan diri di tengah jalan, jadilah saat ini kami cuma ber-19. Iya, tahun 2021, konsep Transmate memang mengumpulkan travel influencer yang concern mengulas transportasi umum. Kami ber-19 ini pula yang selama mengumpulkan ide dan memproduksi konten tentang transportasi dalam setahun terakhir. 

Tahun ini, Transmate disebar ke 10 lokasi yang berbeda-beda tantangannya. Ada Palembang, Lampung, Yogya-Solo-Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Sumbawa, Alor, Selayar, dan Papua. Tentu ada banyak sekali cerita dari teman-temanku ini. Karena itu, Transmate Fest ini diadakan agar kami bisa bertemu, bercerita, bersuka ria bersama. Selama ini kami jarang sekali bertemu karena PPKM. Selalu ada meeting bulanan via Zoom untuk evaluasi konten dengan Kemenhub. Lalu, tiba-tiba sudah berangkat Transmate Journey. Hanya sekali presentasi tatap muka lalu sibuk berkelompok menyiapkan perjalanan masing-masing.

Rasanya sayang sekali jika kami tidak berkumpul setelah pulang dari misi di lapangan. Rasanya juga rindu karena ingin sekali bertemu tatap muka satu sama lain. Jadi, inilah kami di malam kemilau etnik Transmate Fest 2021. Pertama kalinya Transmate full team begini, bahkan sudah ada New Transmate yang akan turut meramaikan konten-konten transportasi tahun depan.

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (17)
Teman-teman Transmate-ku


Talkshow Konektivitas Transportasi dengan Menteri Perhubungan RI

Beberapa hari sebelum Transmate Fest aku dihubungi pihak BKIP Kemenhub. Aku diminta untuk sharing pengalaman Transmate Journey Alor bersama Kang Arief Pokto. Rupanya sharing session ini dikemas dalam acara talkshow bareng Pak Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI.

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (4)
Pak Budi Karya sedang ngasih wejangan

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (5)
Aku bercerita tentang konektivitas di Alor

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (6)
Tim Alor dengan Pak Menhub

Karena akan talkshow dengan Pak Menteri, aku diberikan draf topik talkshow kami seputar konektivitas di pulau-pulau terpencil Indonesia dan cerita insan transportasi di Alor. Sebelum acara dimulai pun, kami diminta untuk rapid tes antigen. Ini berlaku untuk semua undangan yang hadir di Transmate Fest 2021.

Berada di panggung sejajar dengan Pak Budi Karya tentu membuatku sedikit gugup. Namun, cerita mengalir begitu saja tentang Alor, konektivitasnya, dan insan transportasi di sana. Aku dan Kang Arief Pokto bercerita tentang bagaimana konektivitas di Alor. Kami bertemu dengan petugas-petugas bandara yang mengerjakan tugasnya sepenuh hati. Aku menceritakan bagaimana logistik di Alor bergantung pada jadwal kapal yang berlabuh di sana dari Pulau Jawa. Dan dari sana, kami melihat bahwa transportasi kita sebenarnya sudah menjangkau pelosok negeri karena transportasi adalah gerbang pertumbuhan ekonomi dan pendidikan.

Transmate Journey tahun ini memang punya cerita sendiri bagiku. Aku punya kesempatan yang tidak semua orang dapatkan, yaitu melihat langsung bagaimana para insan transportasi bekerja di pelosok negeri. Tahu nggak, yang paling terasa sekali perubahanku sejak bergabung dengan Transmate dan melihat lebih dekat tentang konektivitas transportasi kita, aku jadi lebih peka saat menggunakan transportasi umum. Kisah ini juga aku ceritakan pada Pak Budi Karya saat talkshow.

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (7)
Selfie dulu dengan Pak Menhub

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (8)
Joget tiktok bareng Menhub dan jajarannya

Jadi, sepulang dari Alor, aku berangkat ke Lampung. Saat perjalanan pulang ke Jakarta, aku telat check in di bandara dan sempat diomeli oleh petugas check in. Saat itu, aku melihat bagaimana petugas check in membantu aku dan teman-teman yang harus drop bagasi secepat mungkin, berkali-kali pula aku mendengar petugas ini berdebat dengan ground handling agar menunggu bagasi kami diproses. Aku tidak bisa berkata-kata, bahkan untuk balik marah pun aku tak berdaya. Saat itu aku berpikir, jadi begini ya mereka bekerja. Setiap hari menghadapi para penumpang yang beraneka ragam karakternya, bahkan sering sekali dimarah-marahi. Beginilah insan transportasi bekerja. Mereka nggak kenal tanggal merah, mereka sering melihat penumpang marah, tapi apakah lantas mereka berhenti bekerja? Tentu tidak. Kalau mereka berhenti bekerja, apa kabar transportasi kita. Lajunya akan mandek. Jadi, yang aku pikirkan saat itu adalah minta maaf pada petugas check in yang sudah membantu kelancaran perjalananku. "Maaf, Mas. Ini salah kami."

Lalu, kamu tahu celoteh dari Pak Menhub padaku setelah beliau bercerita tentang orang-orang di balik transportasi kita? Beliau berkata sambil bercanda, "Yang kamu lakukan sudah tepat. Minta maaf. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi pada petugas itu berikutnya. Tapi dia tetap bersedia membantumu agar tetap berangkat."

Aku mengangguk-angguk tersenyum. Pak Budi Karya adalah sosok pendengar yang baik. Dia menatap kami serius dengan buku catatan kecil di tangannya. Pak Budi selalu mencatat poin-poin penting pembicaraan kami sebagai pengingat. Pak Budi Karya juga mengapresiasi Transmate, khususnya para travel influencer dan content creator ini yang mampu menyampaikan segala perubahan terkait aturan transportasi yang sering berubah selama 1 tahun ini. Menyulap istilah konektivitas logistik, istilah insan transportasi, mengenalkan tol laut, kapal ternak, dan pesawat perintis menjadi bahasa yang ringan tentu nggak mudah. Itulah sebagian tantangan kami sebagai Transmate, memberikan konten-konten segar dan informasi ringan untuk masyarakat.


Transmate Fashion Night

Transmate Fest 2021 punya tema khusus untuk seluruh undangan. Kami diminta datang dengan pakaian hitam dengan sentuhan etnik. Yang namanya Transmate, aku sudah mengenal mereka setahun terakhir, selalu niat kalau ada dress code begini. FYI, teman-teman Transmate ini memang kebetulan adalah kumpulan orang-orang kreatif, yang pintar mix 'n match dress code. Aku curiga, jangan-jangan selain travel blogger, mereka ini sebenarnya adalah fashion enthusiast juga.

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (9)
Style Etnik versi Sulung Siti Hanum

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (10)
Bersama ibu manajerku,  @Mardiaheyyy

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (11)
3 dara ter-luv

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (24)
Partner libra-ku
Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (12)
Rame kan Transmate itu
Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (13)
Bersama tim tenun hitam-kuning

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (14)
Bersama teman jalan

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (15)
Aku bersama si kembar tapi tak sedarah

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (16)
Bersama para budak konten bikin happy

Dan, ya, malam itu, kami datang dengan pakaian rapi lengkap dengan sentuhan etnik. Aku sudah menyiapkan dress tenun dengan legging dan sepatu boots hitam. Ah senang sekali bisa tampil serba etnik di Transmate Fest 2021. Yang laki-laki dandan cakep, ada yang pakai pakaian batik, outer tenun, blazer dengan kalung wayang, setelan elegan pakai lurik, lengkap dengan sepatu pantofel. Sementara itu yang perempuan, ada yang mix 'n match dress tenun, memakai aksesoris berupa scarf batik, ada pula yang tampil anggun dengan atasan hitam polos dan rok batik. Aku suka sekali dengan padu padan gaya etnik dari teman-teman dan tim Kemenhub. Serasa parade pakaian etnik. Terasa sekali nuansa cinta produk lokal, sebuah esensi tugas yang kami emban sepanjang tahun ini tentang Indonesia.

Malam Transmate Fest 2021 yang lebih seperti Transmate Fashion Night ini, diam-diam menyelipkan penghargaan Best Dress Transmate Fest buat Transmate yang paling fashionable. Surprisingly, dress tenun hitam yang kupakai malam itu mendapat penghargaan best dress. Siapa sangka kan. Tapi aku memang suka sekali dengan pakaian tenun ini. Dress tenun hitam dengan motif bunga berwarna kuning, dan ada aksen selempang dengan motif senada di bagian lengan, lalu ada tile hitam di ujung dress biar ada kesan swing. Dress tenun bisa seelegan ini. Udah cocok jadi gadis Alor belum?

Ini dia teman-temanku yang cantik dan ganteng sekali menyandang predikat Best Dress di Transmate Fashion Night malam itu. Bangga bisa ada di tengah-tengah mereka.


Best Dress Transmate Fest 2021:

- Kalena Efris @kalenaefris

- Sulung Siti Hanum @sansadhia

- Salman @salmanbiroe

- Dody Senjaya @dsenjaya89

 

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (18)
Best Dress of Transmate Fest 2021


Transmate Award

Transmate Fest 2021 menyuguhkan anugerah award bagi teman-teman Transmate. Katanya award ini dipilih oleh tim Transmate Indonesia dan tim Kemenhub sendiri melihat dari konten-konten yang sudah kami buat selama bekerja sama tahun 2021.

Mulanya, aku sama sekali lupa tentang awarding ini. Aku hanya berniat datang ke Transmate Fest untuk bertemu dengan teman Transmate, apalagi memang ini sebagai malam inagurasi setelah kami dipencar dalam Transmate Journey di 10 destinasi bulan Oktober-November lalu.

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (19)
Transmate Ter-Eksis 2021

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (20)
Foto bersama Pak Menhub dan teman-teman peraih award

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (21)
Tebarkan luv di mana-mana

Namun, siapa sangka ternyata aku masuk nominasi untuk 3 kategori Transmate Award dan mendapat 1 penghargaan sebagai Transmate Ter-Eksis 2021. Aku sendiri tidak tahu bagaimana sistem penilaiannya, tapi aku tertawa kecil ketika namaku dipanggil. Antara eksis dan narsis, beda tipis. Alhamdulillah, terima kasih Kemenhub dan Transmate Indonesia yang sudah memberikan apresiasi sebesar ini di pengujung tahun. Semoga tahun depan aku bisa berkarya lebih baik lagi. Terima kasih juga buat teman-temanku di Transmate yang selalu menjadi wadah diskusi, berbagi ide, dan berbagi keceriaan.

Anyway, selamat buat Kang Arief Pokto yang mendapat penghargaan sebagai Transmate of The Year. Partner Transmate Journey Alor aku memang terbaik. Kami sering berbagi berbagai macam hal selama perjalanan di Alor dan Kupang. Senang mengenal Kang Arief Pokto yang selalu memberi banyak masukan untuk improve skill di dunia content creator.

Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (22)
Bersama Patner Journey Alor-ku yang jadi Transmate of the Year
 

Ini dia penerima penghargaan Transmate Awar 2021. Selamat teman-temanku semua. Kalian hebat dan benar-benar content creator sejati.

Transmate Ter-Aktif: Hartadi @kopertraveler.id

Transmate Ter-Eksis: Sulung Siti Hanum @sansadhia

Transmate Ter-Update: Riyardi Arisman @riyardiarisman

Transmate Ter-Luv: Irene Komala @pinktravelogue

Transmate of The Year: Arief Rachman @ariefpokto


Transmate Fest 2021- Sulung Siti Hanum (23)
Jangan lupa wefie

 


Komentar

  1. Selamat ya menjadi yang tereksis. Memang Hanum inspiratif dan selalu eksis dalam menebarkan hal positif di setiap kontennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Aip juga selamat ya, jadi Transmate of The Year. Travelmate keren nih. Tetap semangat berkarya ya kang.

      Hapus
  2. Wuhuuuww keren-keren banget, ih! Sekali lagi selamat yaaa <3

    BalasHapus
  3. Selamat ya kak atas prestasinya menjadi Transmate tereksis 2021 dan best dress of Transmate Fest 2021. Dress codenya menarik semua itu. Aku baru tahu kalau ada Transmate dan Transmate Fest 2021 setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  4. seru sekali, kepengen juga ikut jadi bagian transmate. Semmoga tahun depan bisa ambil bagian ya, seru banget soalnya baca cerita inagurasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kak. Seru banget. Semoga next time bisa bergabung juga di Transmate ya.

      Hapus
  5. mba so proud of you, aku merasakan gimana bangganya menjadi bagian dari transmate, ootd hitam kuningnya juga pas dan cocok banget selamat ya uuntuk kesuksesan acaranya

    BalasHapus
  6. Kereeen banget sih kalau menhub sudah support full pariwisata Indonesia bersama para travel blogger. aku gagal fokus sama dresscodenya. Cakep cakep amat siiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ada banyak campign kemenhub yang menyangkut transportasi di tempat-tempat wisata. Makanya senang bisa bergabung di Transmate ini. Relate sama konten-konten aku selama ini. Terima kasih kak.

      Hapus
  7. Seru banget ya event malam kemilau etnik Transmate Fest 2021. dan selamat ya mbak menjadi pemenang dress mate. Keren banget. Kirain bajunya emang disediakan sama penyelenggara, ternyata memang dress codenya yaa dan mbak jadi pemenang dress mate. Barakallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Iya kak. di undangannya sudah tertulis dress code yang harus dipakai. Jadi ya, mulailah kami berkreasi sendiri nyiapin pakaian buat acara malam itu. Hehehe

      Hapus
  8. Eventnya seru banget yah, berasa hadir di sana stlh intip foto2nya, apalagi ada pak Menhub. Sukses selalu ya kak

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, selamat yaa Hanum, memangvtereksis dan ternarsis nih menyebarkan konten2 positifnya.
    Dan aku suka outfitmu, keceeee begh , luvv...
    Dan selamat pokonya buat semuanya yang menang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Makasih Teh. Narsis banget kayanya aku ya. hahaha... Semangat berkarya juga buat Teh Nchie.

      Hapus
  10. kereeennn bangeeeettt, bisa tergabung dg transmate..
    btw, seru ya sekarang udah bisa adain acara offline, jadi bisa ketemu sama temen2 lainnya.
    selamaat jugaa yaa dapat award ter-eksis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tapi kalau acara offline begini, sebelumnya diminta untuk tes rapid antigen dulu kak. Dan event offline-nya juga masih dibatasi jumlah orangnya. Semoga ke depannya udah makin aman dan banyak event-event lainnya ya.

      Hapus
  11. Keren. Selamat untuk mba Hanum yang dresnya masuk yg terbaik dan menjadi Transmate tereksis juga.
    Selamat juga untuk semua pemenang, semoga transportasi Indonesia semakin memberikan pelayanan terbaik dan masyarakat yg menggunakan mengetahui aktivitas di belakangnya.

    BalasHapus
  12. Wah selamat ya Mba termasuk ke dress terbaik..keren. Aku baru tahu tentang transmate fate ini. Suka banget lihat kain2 etnis seperti ini. Keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. senang bisa melihat teman-teman pakai dress bergaya lokal begini ya.

      Hapus
  13. seru sekali yaaa tergabung jadi transmate ini, selamat yaa mba masuk menjadi salah satu best dress, kereeeeeen loh

    BalasHapus
  14. Ah aku udah menduga begitu melihat penampilan Hanum dengan dress etnik dan boot, kece banget. JAdi wajar aja mendapatkan apresiasi best dress Transmate fEst 2021. SElamat juga udah menjadi yang Ter-Eksis, mantull deh dapat penghargaan dobel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Yang lain juga cakep-cakep banget kak. Terima kasih kak.

      Hapus
  15. Waw ikut happy dental penghargaan yang Amba Hanum terima. Keren sekali. Senang juga ada perjalanan dan cerita yang bisa dibagikan di media sosial ya mba. Selamat selamat! Keren

    BalasHapus
  16. ramai banget temen2 transmate ini ya, mbak. aku ikut bahagia melihat influencer yang aktif menyebarkan konten dengan aktif khusus transportasi di Indonesia. btw, lari2an last minute menjadi momen banget. dan itu juga pengalaman pertamaku. biasanya tepat waktu laah. qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Idah. Aku sampai cerita pas kita lari-larian di Lampung waktu itu ke Pak Menhub. Malu hampir ditinggal pesawat. wk

      Hapus
  17. Selamat mba keren banget, suka banget sama outfitnya juga semoga terus eksis yah menebarkan konten positifnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Makasih Kak. Kakak juga tetap semangat nulis konten positif.

      Hapus
  18. Keren banget Mba bisa jadi transmate dan berbagi cerita dengan Pak Menteri! Semoga bisa terus menebar hal positif ya

    BalasHapus
  19. Ya ampun Nuuummm... kamu keren sekali. Selamat ya untuk awardnya. Keren semua teman2 Transmate ini. Pengin juga dong daftar, caranya gimana sih Num? Menarik sekali nih, selain dapat content, kita juga bisa ikut menyebarkan info menarik ya tentang perkembangan sektor transportasi kepada khalayak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluk Mba Uniek...

      Makasih ya Mba. Dulu sih aku ditawarin karena sering posting tentang naik transportasi umum. Semoga tahun depan ada perekrutan member baru Transmate, biar gantian eksis kita. Hehehe

      Hapus
  20. Masya Allah kerennya kakak...
    Bisa keliling Indonesia dong berkat transmate, berawal dari perjalanan ke Banyuwangi

    BalasHapus
  21. Selamat kak, mendapatkan penghargaan kategori Transmate Award dan sebagai Transmate Ter-Eksis 2021.
    Dengan terus konsisten menggunakan transportasi massal, bisa membantu memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan Pemerintah untuk mobilisasi.

    BalasHapus
  22. seruuu banget ya Kak kegiatan ini, jadi punya pengalaman berharga banget ya bisa bekerjasama dengan dengan orang-orang hebat di Transmate ini.
    selamat ya Kak dapat award tereksis ini, artinya kerja kerasnya selama ini betul-betul nyata diapresiasi ya, bisa jadi menebar banyak inspirasi buat yang lain juga dong pastinya :)

    BalasHapus
  23. Keren banget kakak...
    Bisa mendapatkan penghargaan kategori Transmate Award dan sebagai Transmate Ter-Eksis 2021.ga kebayang deh bahagianya kaya apa. Selamat ya....

    BalasHapus

Posting Komentar