Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile tentang Perjuangan Atlet e-Sports

Langsung ke konten utama

Ngenalin Wisata Indonesia kepada Orang Italia, Serasa Virtual Tour Via Zoom Meeting

Beberapa waktu lalu aku diminta oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma-Italia untuk mengisi materi seputar travel blogging. Beberapa KBRI di luar negeri memang mengadakan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bahasa Indonesia untuk orang-orang lokal (Italia). Tujuannya agar penutur bahasa Indonesia semakin banyak di berbagai negara. Program yang positif sekali ya.

Aku teringat kelas Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) UI yang memang jadi program kelas unggulan di Universitas Indonesia sejak lama. Sempat juga aku diminta mengisi seminar tentang wisata Indonesia di dalam kelas yang didominasi oleh peserta dari Korea, Cina, Jepang, Turki, India, dan sebagainya. Tapi itu offline, di dalam kelas dan sebelum pandemi.

Untuk kali ini, aku diminta bercerita tentang wisata Indonesia khusus kepada teman-teman Italia via Zoom Meeting. Semua dilakukan dalam jaringan. Tentu pengalaman mengisi talkshow atau seminar (webinar) online ini jadi pengalaman baru bagiku. Pengalaman ini menjadi tantangan tersendiri. Sebelumnya aku juga sempat mengisi sharing session untuk kelas Script Writing di IAIN Bukittinggi via Zoom Meeting. Jadi setidaknya aku masih bisa menangani kegugupan jika berhadapan dengan orang lain secara daring.

Zoom Meeting dengan teman-teman bule Italia.

Zoom meeting dengan IAIN Bukittinggi

Zoom Meeting bersama teman-teman bule Italia ini menjadi pengalaman baruku mengisi webinar lintas negara dalam Zoom Meeting. Materinya tidak muluk-muluk, kok. Aku menceritakan pengalamanku traveling di beberapa daerah di Indonesia. Sebelum memulai sharing session, aku juga sudah mendengar para peserta bercerita tentang pengalaman wisata mereka di berbagai tempat. Aku sendiri terkejut ketika ada yang bercerita tentang pengalaman di Bali, Kepulauan Derawan, dan Yogyakarta. Rupanya ada di antara mereka yang sudah tidak asing dengan Indonesia.

Kebetulan pula 3 wilayah yang diceritakan oleh teman-teman buleku ini ada di slide materiku. Jadi tidak sulit bagiku untuk berbagi tentang Indonesia kepada mereka. Bahkan, aku merasa senang sekali ketika mereka menimpali setiap kisahku di slide yang aku bagikan. Aku bercerita mulai dari keindahan Taman Nasional Bawah Laut di Togean, Taka Bonerate, dan Derawan. Ada habitat ubur-ubur tanpa sengat yang cuma ada 4 di dunia, 3 di antaranya adalah di Indonesia. Lalu tentang wisata budaya di Yogyakarta dan Bali yang otentik sekali, tentang wisata pegunungan dan wisata air yang memiliki keindahan tak terlukiskan. Bagaimana Kawah Ijen yang jadi lokasi Sunrise of Java menyimpan keelokan tersembunyi di puncaknya. Ini belum termasuk pegunungan tinggi dan berapi lain di berbagai pulau. Andai aku sudah pernah ke Kelimutu, mungkin ada gambaran lain tentang puncak pegunungan versi lainnya lagi. Rasanya bercerita tentang wisata Indonesia ini mengalir begitu saja. Aku akhirnya bisa menarik energi positif dari mereka sepanjang sharing session ini karena antusiasme peserta yang tinggi.

"Kami serasa jalan-jalan berkeliling Indonesia mendengar cerita Hanum." Salah satu peserta berkomentar.

Bercerita selama 1 jam bersama teman-teman baru yang jauh di Italia ini benar-benar tanpa sekat. Kami belum pernah berjumpa, terpisah jarak yang sangat jauh, dan berbeda bahasa pula, tidak membuat obrolan kami menjadi asing. Saat mengisi webinar singkat kala itu aku memperlihatkan sisi lain dari Indonesia yang banyak dari orang-orang bule Eropa yang belum tahu. Rata-rata mereka hanya tau Bali, ternyata Indonesia lebih dari itu.

Bincang-bincang aku tentang wisata Indonesia ini menyisakan beberapa pertanyaan menarik. Ada satu peserta yang hobi sekali surfing. Dia menanyakan selain Bali, di mana lagi tempat surfing terbaik di Indonesia? Aku menjawab dengan simple, "Tentu saja banyak lokasi di Indonesia yang berombak besar khususnya di kawasan yang menghadap ke Samudera Hindia. Salah satunya pantai G-Land di selatan Banyuwangi. G-Land ini pernah dijadikan tempat latihan para surfer terkenal di dunia bahkan sempat mau dijadikan tuan rumah untuk ajang perlombaan surfing tingkat internasional. Namun, karena pandemi, event itu belum bisa terlaksana.

Ketika aku bercerita tentang jejak Mataram Islam di Kotagede, Yogyakarta, ada pula yang menimpali, "Apakah Kerajaan Mataram Islam ini berada di Kota Mataram?" Aku jawab, "Tidak. Kerajaan Mataram Islam berpusat di Yogyakarta dan menjadi cikal bakal Keraton Yogyakarta. Sementara Kota Mataram adalah ibukota dari Nusa Tenggara Barat yang berlokasi di Pulau Lombok."




Ketika ada banyak orang antusias menanyakan keindahan dan keunikan negerimu, kamu tentu semakin bersemangat lagi untuk berbagi lebih dan lebih. Itu yang kurasakan saat sharing session harus berakhir dalam waktu 90 menit. Waktu berjalan begitu cepat.

Selama webinar Zoom Meeting ini berlangsung, aku mengandalkan kuota dari smartfren GOKIL MAX. Sebenarnya aku bukan pelanggan baru smartfren. Dulu ketika andromax sedang booming, aku bawa modem andromax ke mana-mana. Lalu ketika smartfren mengeluarkan berbagai pilihan paket yang menguntungkan ini, aku pun nggak ketinggalan. FYI, sekarang smartfren bisa diakses di berbagai ponsel kok.

Selama pandemi ini, kegiatan kita banyak yang berpindah ke rumah. Otomatis, kebutuhan kuota dan kecepatan internet penting banget untuk menunjang aktivitas bekerja dari rumah. Setelah mengulik-ngulik berbagai provider, aku rekomendasi paket smartfren yang sejauh ini jadi andalanku. Paket yang kugunakan saat ini adalah smartfren GOKIL MAX 36GB dengan detail 12GB kuota nasional dan 24GB kuota lokal. Ada extra kuota 70GB yang bisa digunakan untuk pukul 1-5 dini hari. Kuota data dari paket ini bisa dipakai untuk mengakses semua aplikasi dengan jaringan 100% 4G LTE dengan masa berlaku 30 hari. Dengar-dengar sekarang smartfren sedang melakukan uji jaringan 5G.

Menurutku, kuota smartfren GOKIL MAX dengan 'kuota SULTAN' ini worth to buy di situasi pandemi ini. Harganya cuma Rp70.000 dengan kuota yang besar dan harga yang menguntungkan sekali, termurah dibanding provider lain. Apalagi kebutuhanku sebagai content creator menuntut banyak upgrade skill otodidak, serta punya agenda unggah blog dan video yang sudah terjadwal setiap minggu. Yah, begitulah, siang buat kerja. Malam bisa sambil unduh-unduh atau nonton streaming drama Korea.

Lihat kan, aku mengisi webinar Zoom Meeting dengan teman-teman di Italia nggak berjarak sama sekali. Lancar jaya tanpa buffering. Iseng-iseng cek speedtest, wow, speedtest-nya bisa mencapai 30 mbps ke atas. Ini sih bisa dipakai puas main game online.


Kuota smartfren GOKIL MAX ini memang direkomendasikan buat kamu yang membutuhkan internet cepat dengan bonus kuota melimpah. Buat yang memang pengguna smartfren sejak lama pasti tahu kelebihan-kelebihan smartfren ini. Dengan adanya smartfren GOKIL MAX aku merasa makin maksimal untuk explore berbagai hal karena smartfren memang selalu jadi #TemanBukaPeluangmu.

Dengan ada pembagian kuota lokal dan nasional, kuota yang aktif otomatis adalah kuota nasional dan kuota lokal Jabodetabek. Pastikan kamu membeli smartfren GOKIL MAX yang sesuai dengan domisili kamu ya. Saat bercerita tentang berbagai daerah di Indonesia kepada teman-teman Italia, aku membayangkan bisa terbang langsung ke Yogyakarta, Bali, atau pun Lampung. Kuota nasional akan aktif ketika kita meninggalkan wilayah domisili. Cocok buat kita yang sering ke luar kota. Lebih efektif dan efisien.

Oh iya, smartfren sedang mengadakan loyalty program "Rejeki WOW" sebagai salah satu extra benefit menggunakan smartfren. Rejeki WOW dari smartfren ini sudah memasuki periode 3 dengan konsep treasure hunt. Kamu bisa melihat di aplikasi smartfren dan mengikuti langkah-langkahnya mengikuti Rejeki WOW dari smartfren ini. Setiap pengguna dijamin pasti langsung menang dan berhak mendapatkan hadiah langsung, mulai dari smartpoin, pulsa, emas, smartphone, tablet, TV, laptop, motor, hingga Grand Prizes dan SUPER GRAND PRIZES dengan hadiah 50 gram emas, tabungan ratusan juta rupiah dan mobil.



Caranya:

-Download aplikasi My smartfren

- Pilih menu Rejeki WOW, di sana kamu akan menemukan Oasis

- Lakukan transaksi sebanyak-banyaknya dalam jangka waktu 20 September 2021 hingga 14 Januari 2022.

Nggak perlu tunggu-tungguan, dari beberapa provider yang sudah aku coba, sejauh ini smartfren GOKIL MAX 36GB paling unggul karena emang punya #KuotaSultanHargaTeman. Kamu bisa cek info lebih lanjut dan follow Instagram @smartfrenworld. Info Rejeki WOW bisa diikuti di sana. Dengan adanya program seru pencarian harta karun lewat Rejeki WOW, kita dapat kesempatan rejeki depan mata dengan hadiah pasti dan langsung. Oiya, jangan lupa untuk menggunakan voucher GOKIL MAX di nomor smartfren GOKIL MAX kamu agar bisa menikmati kuota lokal di zona GOKIL MAX.

#RejekiWOW #RejekiDepanMata #TemanBukaPeluangmu

Komentar

  1. Paling seneng kalau denger cerita wisata orang lain, kita jadi banyak tahu sebelum ke sana kadang. Jadi punya pengetahuan lebih dan prepare apa aja yang dipersiapkan. Abis baca postingan ini juga aku jadi tahu kalau ada habitat ubur-ubur tanpa sengat yang cuma ada 4 di dunia, Indonesia termasuk diantaranya ternyata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Aku highlight banget keistimewaan yang dimiliki Indonesia tentang alam lautnya. Hihi

      Hapus
  2. Wah seru ya ngenalin Indonesia ke orang Italia yang lagi belajar bahasa Indonesia. Semoga mereka juga bisa segera berkunjung ke tempat wisata di Indonesia. Mereka antusuas banget ya & kagus dengan keunikan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Senang bercerita sama orang yang antusias tentang wisata Indonesia

      Hapus
  3. Brarti nggak hanya fasih bahasa asing ya Num, tapi juga harus mengerti pariwisata dan sejarah Indonesia. Kira-kira selama acara berjalan pakai nyontek ke wikipedia gak Num? Susah lho ngapain kerajaan-kerajaan di nusantara, haha..

    Keren, Num. Nambah pertemanan di luar negeri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah nyontek google waktu bikin slidenya mba. Jadi tinggal bacain aja. wkwk

      Hapus
  4. Mba..keren banget pengalamanmu ini. Sharing ttg keindahan alam dan budaya kita kepada teman2 baru dari luar negeri pasti makin menumbuhkan rasa bangga dan cinta Indonesia ya..lebih keren lagi karena ditunjang Smartfren yg GOKIL abis.. Terima kasih sharingnya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih bisa berbagi cerita kak. Aku cuma share pengalaman aja, dan seru banget ternyata liat mereka antusias.

      Hapus
  5. Senang banget emang jika ada warga luar yang antusias dengan bangsa ini ya mba. Dari pertanyaan pertanyaan yang diajukan, mereka senang dengan Indonesia. Suatu kebanggaan pastinya ya mba bisa berbagi seperti ini :)

    BalasHapus
  6. Pengalamannya menyenangnkan, Mbak.
    Zoom Meeting bersama teman-teman bule Italia, disuguhi gambar-gambar juga ya berarti? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pamer-pamer dikit foto-foto cantik pas traveling. Hehehe

      Hapus
  7. waa keren banget mengenalkan wisata indonesia yang cantik ini ke orang luar yaaa, kalo udah ngomongin keindahan wisata indonesia ke orang luar itu jadi berasa bangga tinggal di indonesia hihihi

    BalasHapus
  8. aku juga seneng banget nih bisa terus mengenalkan Indonesia kepada dunia luar. Ada begitu banyak keindahan dan keunikan Indonesia yang luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba. Senang ya berbagi cerita itu.

      Hapus
  9. Salah satu hikmah pandemi makin banyak acara yang dilakukan secara online jadi kesempatan besar bisa ketemu lebih banyak orang dan melakukan networking lbh luas lagi ya mbak.
    Seru tu cerita2 soal Indonesia, dah jadi duta negara nih, duta pariwisata hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha...apalah aku ini. Cuma berbagi sedikit-sedikit kisah ke mereka kak.

      Hapus
  10. Bangga banget bisa mengenalkan tempat-tempat wisata Indonesia yang cantik dan indah.
    Semoga segera setelah pandemi, pariwisata Indonesia kembali menggeliat bangkit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga semua tetap sehat dan negeri ini aman juga ya kak.

      Hapus
  11. Hanum kereen banget, bisa berbagi tentang banyak tempat indah di bumi Indonesia. Harus pada tau tuh kalau Indonesia itu tak sekadar Bali saja. Masih banyak tempat lain yang indah dan harus dicoba untuk dikunjungi bagi mereka para wisatawan asing ketika nanti bisa kembali melakukan traveling keliling dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget mba. Rata-rata orang luar taunya Bali, makanya aku ngenalin wilayah cantik yang bukan Bali.

      Hapus
  12. Masya Allah keren banget sih kamu mba. Bangga deh aku. Makasih ya udah memperkenalkan Indonesia dgn sejuta keindahan nya 🇮🇩😍

    BalasHapus

Posting Komentar