Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Baralek Gadang, Tradisi Pernikahan Adat Minang

Langsung ke konten utama

Jelajah Makki Ungu Taklukkan 7 Gunung di Indonesia


Siapa pencinta naik gunung di sini? Ayo, ngacuuuung! Pastikan kamu baca artikel blogpost aku ini sampai selesai ya. Karena ada kisah seru dari Makki Ungu tentang penjelajahannya menaklukkan 7 gunung sekaligus selama 1 bulan.

Omong-omong soal naik gunung, dulu aku pencinta pendakian. Walaupun bukan pendaki yang ambisius harus menaklukkan gunung-gunung tinggi, tapi aku senang dengan kegiatan alam seperti ini. Jadi ingat dulu pernah menulis buku tentang kisah mistis saat pendakian gunung. Dan, aku selalu semangat kalau ada tontonan yang mengangkat tema tentang jelajah naik gunung, seperti program Makki Parikesit Adventure ini.

Episode perdananya sudah tayang di NET TV tanggal 23 April 2022. Bentuknya dokumenter yang memperlihat Makki Ungu motor-riding dan hiking berpindah-pindah tempat bersama tim pendakian. Ada komentar-komentar lucu dan renyah dari personel band Ungu lainnya tentang pengalaman Makki.

Jelajah Makki Ungu Taklukkan 7 Gunung di Indonesia

Makki Ungu sendiri adalah sosok yang memang menyukai traveling dan adventure. Namun, baru kali ini secara khusus, Makki menyeriusi keinginannya untuk summit di beberapa puncak gunung. Akhirnya bekerja sama dengan Belantara Studio, Makki Ungu menggarap proyek dokumenter tentang riding dan pendakian 7 gunung di Pulau Jawa dan Lombok. Pendakian dilakukan selama 1 bulan mulai dari 1-31 Desember 2021.

Melihat jadwalnya yang padat, Makki Ungu sendiri telah menyiapkan fisik untuk melakukan petualangan yang akan menguras banyak tenaga ini. Aku sendiri takjub tim Makki Parikesit Adventure mampu menjelajah 7 gunung dengan berpindah-pindah naik motor dari 1 daerah ke daerah lain nonstop.

7 gunung yang dimaksud adalah:

- Gunung Ciremai - Jawa Barat

- Gunung Sindoro dan Sumbing - Jawa Tengah

- Gunung Lawu - perbatasan Jawa Tengah & Jawa Timur

- Gunung Arjuno dan Welirang - Jawa Timur

- Gunung Rinjani - Nusa Tenggara Barat

Jelajah Makki Ungu Taklukkan 7 Gunung di Indonesia

Gunung-gunung yang dipilih ini tentu bukan gunung-gunung tertinggi (selain Rinjani tentunya). Namun pemilihan gunung ini sepertinya berdasarkan sensasi pendakian yang berbeda-beda di tiap lereng. Saat menonton tayangan perdananya malam minggu lalu, Makki mencurahkan perasaannya selama perjalanan. Dia bisa melihat kabut turun di desa saat berangkat riding pagi-pagi. Dia juga terkesima melihat lereng pendakian yang berbeda-beda konturnya di tiap gunung. Makki juga bercerita tentang persiapan fisik yang ia lakukan dan asupan apa saja selama pendakian.

Episode perdana Jelajah Makki Ungu baru sampai menjelajah Gunung Lawu. Tayangan berdurasi 30 menit ramai dengan ocehan band Ungu yang ingin diajak secara virtual.

Lalu ada yang menarik saat pendakian di Gunung Lawu. Makki ditemani oleh putrinya sendiri yang sudah beranjak remaja bersama dengan 7 summiter termuda di Indonesia, Khansa. Khansa sendiri adalah seorang gadis pendaki yang sudah naik gunung sejak umur 5 tahun. Total sudah 70 gunung ia taklukkan di usia 16 tahun. Keren!!!

Jelajah Makki Ungu Taklukkan 7 Gunung di Indonesia

Selain menikmati keindahan alam dan pendakian, Makki Parikesit Adventure juga menjalankan program untuk warga di sekitar pegunungan yang disinggahi. Melalui Parikesit Peduli untuk pariwisata, lingkungan, dan pendidikan, Makki Parikesit Adventure tim sudah berkontribusi sedikit di daerah setempat. Mulai dari pembuatan marka di basecamp dan jalur pendakian, ada Pojok Pustaka Parikesit, serta pelatihan manajemen sampah dan fotografi. 

Kedatangan Makki Ungu sendiri disambut luar biasa oleh masyarakat setempat. Makki sempat menyajikan pertunjukan musik akustik kolaboratif bersama sejumlah pemusik lokal di Desa Argamukti, Desa Kledung, Dusun Butuh, dan Desa Sembalun.

Jelajah Makki Ungu Taklukkan 7 Gunung di Indonesia

Belantara Studi selaku rumah produksi program ini berharap perjalanan proyek Jelajah Makki Ungu: Ekspedisi Parikesit  Saga dapat menjadi inspirasi bagi para pencinta outood activity dan adventure. Menurutku ini vybe yang positif ketika tayangan ini mampu membangkitkan semangat kita yang mati suri sejak pandemi. Esensi dalam sebuah perjalanan adalah dapat menikmati alam, kuliner, berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan menyerap kearifan lokalnya. Nanti akan berujung pada kepekaan sosial untuk dapat berkontribusi dalam pemberdayaan warga setempat. Esensi ini tergambar dalam film dokumenter Jelajah Makki Ungu.

Jika kamu ketinggalan, Jelajah Makki Ungu akan tayang lagi tanggal 30 April 2022 pukul 22.30. Masih ada keseruan 3 gunung berikutnya yang siap diceritakan oleh Makki. Selamat menonton.

Jelajah Makki Ungu Taklukkan 7 Gunung di Indonesia

Komentar