Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile tentang Perjuangan Atlet e-Sports

Langsung ke konten utama

Mobil Juga Butuh Perawatan, Ozone Treatment di Dokter Mobil

Aku mau cerita tentang pengalamanku pengecekan mobil di Dokter Mobil yang pasti beres.

Sejak pandemi setahun lalu, mobil jadi jarang keluar 'kandang'. Kalau dulu, dalam setahun, mobil kecil kesayangan ini sering dipakai roadtrip ke mana-mana. Lampung, Bandung, Sukabumi, Banten. Kini mobil hanya dipakai untuk belanja bulanan, keperluan keluarga jarak dekat, dan beberapa keperluan dalam kota. Pandemi benar-benar mengubah hajat hidup orang banyak, ya, termasuk hajat hidup mobil. :)

Ozone Treatment di Dokter Mobil

Ozone Treatment di Dokter Mobil 2


Sebenarnya aku nggak terlalu paham perihal otomotif. Tapi, aku tahu pasti kapan harus servis mobil. Karena mobil lebih sering 'jaga rumah' akhir-akhir ini, aku dan Junisatya juga jadi males-malesan cek mesin, oli, dan berbenah interior mobil. Aku pikir mobil akan baik-baik saja. Namun, ternyata, mobil juga butuh perawatan. Dan perawatannya kali ini agak ekstra.

Sampai aku menemukan Dokter Mobil yang punya beberapa treatment yang dibutuhkan mobilku. Dokter Mobil ada di beberapa lokasi di Jabodetabek. Untuk wilayah Depok, lokasinya gampang dijangkau. Begitu aku datang, kebetulan mobil yang sedang dalam treatment tidak begitu banyak, jadi antreannya pun nggak panjang. Aku diberikan beberapa daftar treatment yang disediakan Dokter Mobil.

1. General Check Up

Ozone Treatment di Dokter Mobil 3

Ozone Treatment di Dokter Mobil 4


General check up ini merupakan treatment gratis yang diberikan oleh Dokter Mobil. Ini gunanya untuk mengecek secara keseluruhan masalah yang ada di mobil kita. Seharusnya general check up ini dilakukan berkala agar kita tahu kondisi mesin, air radiator, oli, dan filternya. Saat mobilku dicek, olinya memang harus segera diganti meski baru saja diservis beberapa bulan lalu. Ini efek dari mobil yang berdiam dalam waktu yang lama, yang menyebabkan ampas oli menumpuk.

Setelah dicek semua, ya memang aku harus ganti oli. Padahal oli ini juga baru diganti lho sebelumnya. Sedihnya... :( Tapi demi performa mesin dan laju kendaraan lancar, oli memang harus ganti baru. Pelayanan ganti oli disediakan juga kok di Dokter Mobil.

2. Servis AC dan Cuci Evaporator

Ini treatment yang memang andalan dari Dokter Mobil. Kadang kita sering mengabaikan kadar AC di dalam mobil saat mobil sedang melaju. Kita hanya tahu AC-nya dingin atau panas, tanpa memahami apakah tekanan AC dan kompresornya normal.

Ozone Treatment di Dokter Mobil 5

Ozone Treatment di Dokter Mobil 6

Ozone Treatment di Dokter Mobil 7


Dokter Mobil melakukan servis AC tanpa harus dibongkar. Jadi pengerjaannya tidak memakan waktu lama. Mekanik memeriksa tekanan AC dan kompresornya. Meski aku nggak terlalu paham, tapi mekanik cukup jelas memberikan penjelasan mengenai kondisi AC mobil. Kondisi mobilku yang sudah 5 tahun ini tentu perawatan AC memang harus ekstra, ya. Syukurlah, kadar freyon dan kompresornya masih bagus. Jadi mekanik Dokter Mobil tinggal mencuci evaporator.

Servis AC dan Cuci Evaporator ini cuma 15 menit penanganan. Kadar suhu di dalam mobil juga diperiksa. Setelah itu beres. AC mobil sudah kembali normal.

3. Ozone Treatment

Dokter Mobil memberikan perawatan khusus untuk interior mobil. Ozone treatment dilakukan dengan memberikan semacam gelombang frekuensi di dalam mobil untuk membunuh kecoak dan segala serangga.

Ozone Treatment di Dokter Mobil 8


Sebenarnya di Dokter Mobil sendiri menyediakan ozone treatment dan fogging treatment. Fungsinya hampir sama, membunuh serangga, bakteri, jamur, kuman, dan virus di dalam mobil. Kita bisa memilih salah satu. Fogging dilakukan untuk membunuh bakteri dan virus dengan metode pengasapan. Kalau ozone untuk membunuh serangga yang lebih berat seperti kecoak, semut, dan nyamuk.

Untuk kasus mobilku, aku nggak yakin apakah ada kecoak yang masuk, tapi karena aku punya kucing di rumah dan sering dibawa jalan-jalan naik mobil, tentu mobil harus bebas kutu dan serangga lainnya. Jadi aku memilih ozone treatment. Dan, benar saja, setelah diozon beberapa menit, begitu masuk mobil, aku melihat kecoak-kecoak kecil mati telentang di karpet bawah jok. Kita tinggal keluarkan karpetnya dan vakum semuanya untuk menyodot kuman dan serangga yang mati efek pengozonan.

Pengozonan dan fogging treatment sangat dibutuhkan pada saat-saat pandemi. Dokter Mobil menyarankan untuk mengambil treatment ini tiga bulan sekali. Ya bolehlah ke depannya mau rutin cek di Dokter Mobil.

Ozone Treatment di Dokter Mobil 9


Anyway, Dokter Mobil juga menyediakan Home Car Service dengan pelayanan servis AC, Servis Mobil/tune up, ganti oli, air radiator. Saat ini Dokter Mobil sudah di beberapa kota, Jakarta, Cibubur Depok, Bekasi, Tangerang, Cirebon, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Kalau akses Dokter Mobil ada di mana-mana begini, aku siap untuk roadtrip lagilah. Pulangnya, treatment di Dokter Mobil, bebersih mesin, berbenah AC, dan bersihkan virus-bakteri. #DokterMobil #PastiBeres


Instagram: @doktermobil_indonesia


Komentar

  1. aku juga dong kemarin baru aja cek mobilku mba di Dokter Mobil dan ternyata filter ACnya udah kaya sarang laba-laba hahahhaha

    BalasHapus
  2. Unik ssekali ya namanya dokter mobi. Tapi juga pas sih ama kemampuannya. Aku belum ke sini jadi pengen juga. Sampaikan ke suami ah :)

    BalasHapus
  3. perawatan mobil memang sangat penting. apalagi yang sering bgt digunakan.
    aku baru tau nih klo di Bandung ada juga. yang ozone treatmentnya sangat menarik dan mau cobain deh

    BalasHapus
  4. Namanya unik ya dokter mobil, ak baru tau. Di kota ku blm ad cabangnya semoga bisa menyebar ke berbagai kota

    BalasHapus
  5. Wah mba geli banget aku pas baca banyak kecoa kecil mmmm jadi pengen periksain juga mobilku jangan2 ada yg begitu hahah..bisa nih panggil ke rumah

    BalasHapus
  6. Betul banget bukannya hanya manusia yang butuh mobil. Lagian kalau mobil dirawat juga aktivitas jadi lancar dan jauh lebih hemat.Btw, Dokter Mobil belum ada nih di kotaku

    BalasHapus
  7. wah bagus juga ini ya konsepnya si dokter mobil, temenku juga kemarin cerita nih katanya bagus tuh abis servis AC di situ

    BalasHapus
  8. Bisa home treatment? Boleh juga nih, kmrn deket rumah ada bengkel dokter mobil....okeh lah klo gtu..otw ksna

    BalasHapus
  9. Membantu banget nih infonya buat emak-emak kayak aku. Paling ga ngerti urusan otomotif jadi harus ada yang ngingetin kalo giliran servis

    BalasHapus
  10. Sama banget sama suamiku nih...kalau soal bebersih dan servis, lebih tinggal terima beres.
    Enak banget kalau ke Dokter Mobil yaa...
    Bisa mendapat pelayanan lengkap.

    BalasHapus
  11. Banyak juga ya layanan dari Dokter Mobil dan sudah ada di banyak kota di Indonesia. Mantap

    BalasHapus
  12. iya sama mbak, mobil sekarang anteng aja di rumah karena kami enggak kemana mana, kadang aja sih keluar pas hari hujan dan pak suami ke kampus. atau saya harus ke kampus. di bogor ada gak ya mbak dokter mobil? jadi inget udah lama gak cek mobil

    BalasHapus

Posting Komentar