Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile tentang Perjuangan Atlet e-Sports

Langsung ke konten utama

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua

Baru aja euforia Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan tahun 2021 selesai. Rasanya hati ini bergetar saat Indonesia meraih medali emas untuk caang olahraga bulutangkis kategori ganda putri. Ikut bangga dengan prestasi baru ini. Dari dulu bulutangkis Indonesia memang berjaya.

Belum usai euforianya, dulu kita pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Ingat sekali bagaimana dulu opening ceremony-nya luar biasa. Ternyata Indonesia mampu menjadi tuan rumah di event olahraga bergengsi se-Asia itu. Indonesia berjaya di mata dunia ketika konsep opening ceremony-nya disorot dan trending topic sepanjang Asian Games berlangsung.


Fakta Menarik Seputar PON XX Papua

Lalu, kini, di masa pandemi masih melanda dan Indonesia berduka beberapa bulan karena mengalami fase kedua kenaikan kasus Covid-19, Indonesia sepertinya tetap bertekad buat mengadakan PON XX Papua. Tidak apa-apa. Ini event olahraga terbesar tingkat nasional tanah air yang diadakan 4 tahun sekali. Ini juga kali pertama Papua mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Siapa tau dengan PON XX Papua ini kita bisa saling mendukung, saling menularkan semangat, dan sehat bersama. Indonesia sedang butuh nuansa positif di tengah gempuran info negatif seputar pandemi negeri ini.

PON XX Papua sebentar lagi. Euforianya mulai berasa. Nggak berasa ya tinggal 1 bulan lagi menjelang Oktober 2021. Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Mimika, dan Merauke bakal jadi tuan rumah.

Persiapan PON XX Papua nggak main-main lho. Mungkin event-nya akan berbeda dengan PON sebelumnya. Namun, infrastruktur gelanggang olahraga, penginapan, jalan, transportasi, dan printilan yang mendukung disiapkan sedemikian rupa. Papua punya negeri yang luas. Aku yakin juga Papua mampu membangun segalanya demi PON XX Papua berjalan lancar. Ah, nggak sabar.

Aku menemukan beberapa fakta menarik seputar infrastruktur yang dibangun menjelang PON XX Papua. Ini dia fakta-faktanya.

1. Papua punya rute bus yang menjangkau 4 wilayah tuan rumah

Kemenhub sudah menyiapkan rute-rute bus selama PON XX Papua untuk memudahkan mobilitas. Kita bisa lihat rute itu yang terbagi dalam 4 wilayah lokasi pertandingan.

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 2

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 3

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 4

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 5


2. 428 bus telah dikirim ke Papua

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 6

Berkat adanya tol laut dan ketersediaan kapal barang, sudah ada total 428 bus yang dikirim ke Papua untuk memudahkan mobilitas kontingen PON XX Papua. Beberapa bus sudah dilengkapi GPS. Setelah PON berakhir, bus ini akan terus dimanfaatkan menjadi angkutan perintis di Papua. Senangnya, nanti usai PON XX Papua, sudah ada transportasi publik yang memadai beserta rute-rutenya.


3. Pembangunan dan Renovasi 5 bandara di Papua

Ada 5 bandara di beberapa kabupaten di Papua sedang direnovasi. Apa saja?

  • Bandara Douw Atuture Nabire Baru Papua

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 7

Kemenhub bangun Bandara Douw Aturure Nabire Baru Papua. Ini membuka jalan kita buat konektivitas ke Nabire dalam jangka panjang


  • Bandara Siboru Fakfak Papua Barat

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 8

Bandara Siboru Fakfak Papua Barat juga dibangun dan akan menjadi gerbang baru perekonomian Papua Barat.


  • Bandara Mozes Kilangin Timika Papua

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 9

Bandara Mozes Kilangin Timika Papua juga siap digunakan untuk konektivitas ke Timika.

 

  • Bandara Ewer Papua

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 10

Bandara Ewer Papua membuka konektivitas ke daerah terisolir.

 

  • Bandara Kepi Papua

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 11

Bandara Kepi Papua juga sudah siap digunakan. Bandara ini jadi pembuka isolasi dan konektivitas di Papua dengan beberapa rute. Ada rute Kepi-Merauke, Senggo, Bade, Timika, Tanah Merah, dan Aboge.

 

4. Trayek Tol Laut T-19 untuk distribusi kebutuhan PON XX Papua

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 12

Kemenhub sudah memaksimalkan peranan tol laut untuk distribusi akomodasi atlet selama PON XX Papua. Buktinya melalui trayek T-19, beberapa furniture kayu sudah dikirim ke Papua untuk melengkapi penginapan para atlet. Pengiriman bus juga menggunakan trayek tol laut ini.


5. Renovasi Pelabuhan dan Dermaga Penunjang PON XX Papua

  • Renovasi Dermaga Ponton di Danau Sentani

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 13

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 14

Dermaga Ponton di Danau Sentani sudah selesai direnovasi. Kemenhub sudah mempersiapkan bus air yang dioperasikan di Dermaga Ponton, Danau Sentani. Bakal seru banget nih PON XX Papua nanti.


  • Pelabuhan Korido

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 18

Pelabuhan Korido di Provinsi Papua jadi pelabuhan baru Tol Laut T-19 yang menghubungkan Papua-Papua Barat untuk membawa komoditi antar daerah. Jenis komoditi yang sudah diangkut T-19 antara lain beras, dedak, air mineral, kecap, batu ciping, abu batu, dan pasir.
 
  • Pelabuhan Pomako di Mimika
 
Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 19

Pelabuhan Pomako di Mimika Timur jadi pelabuhan bongkar muat penting di Papua. Pelabuhan ini jadi salah satu penunjang PON XX Papua. Lokasinya terletak di Kampung Pomako, Mimika Timur yang merupakan wilayah salah satu pelabuhan penting di selatan Papua. Kebutuhan pokok masyarakat Papua di pedalaman disuplai dari pelabuhan ini.
 
 

6. Kapal Pelni untuk fasilitas isoter

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 15

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 16

Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 17

Seperti yang baru di-launching Kemenhub, kapal pelni juga disediakan di Papua untuk isolasi terpusat pasien Covid-19. Jadi selama PON XX Papua, sudah disiapkan armada KM Tidar buat isolasi jika ada yang terpapar Covid-19.

 
Jadi inilah beberapa fakta menarik seputar PON XX Papua di bidang transportasi. Aku sih semangat banget menyambut PON ini meski nggak bisa langsung merasakan euforianya di sana. Setidaknya setelah PON XX Papua berakhir nanti, seluruh infrastruktur transportasi di Papua ini akan menjadi gerbang pembuka pertumbuhan ekonomi di negeri Papua. Senangnya. Mari kita sukseskan dulu gelaran PON XX Papua bulan Oktober ini ya.
 
Seluruh aset infografis di tulisan ini aku ambil dari instagram @Kemenhub151 dan @transmateindonesia. Kebetulan sekali aku termasuk ke dalam tim Transmate Indonesia 1 tahun terakhir jadi cukup banyak mendapat pencerahan terkait transportasi dan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Komentar

  1. wah menarik mba, saya belum pernah ke Papua dan jarang sekali mendengar tentang infografis mereka :) thanks for sharing mba

    BalasHapus
  2. Baru tau Papua punya 5 bandara, kapan mbangunnya? ��
    Wah asik Papua akan punya kendaraan umum, dampak PON XX bagi masyarakat Papua luar biasa ya. Semoga setelah ini negeri Papua kian maju, dan akses je sananya bisa murah. Ingin euy ke sana. Menanti undangan open trip ke Papuaama Hanum, haha

    BalasHapus
  3. Papua sekarang makin maju ya, banyak pembangunan renovasi bandara. Sempet liat juga di berita dan kawan yang memang tinggal di Papua.

    BalasHapus
  4. Wah hebat ya... saya justru baru tau kalau PON XX nanti diadakan di Papua. Saya kudet ya hehe..

    BalasHapus
  5. Cabang olahraga yang digelar PON Papua ada 4 lokasi ya. Seru juga kalau bisa nonton langsung ke sana aoalagi udah ada jalur bus menuju ke Timika & Merauke dari Tanjung Priuk

    BalasHapus
  6. Menarik sebetulnya PON diadakan di Papua. Alam di sana juga indah banget. Semoga pandemi tidak mengurangi kemeriahannya

    BalasHapus
  7. Excited banget deh menyambut Pon di Papua, ini sangat berarti buat menduniakan Papua , di.mana sering banget terlupakan, padahal potensinya keren-keren.

    Semoga dengan adanya Pon, membawa dampak positif selalu buat Papua :)

    BalasHapus
  8. Akhirnya setelah sekian lama ada lagi PON ya mbak, semoga semua persiapananya berjalan lancar apalagi di tengah pandemi macam begini kan ya. Prokesnya pasti ketat banget, dan salah satu cara nih memperkenalkan bumi Papua.

    BalasHapus
  9. Luar biasa nih persiapan sarana dan prasarana transportasi di Papua jelang PON XX. Ga main-main nih pemerintah memberikan support yang luar biasa untuk kelangsungan helatan akbar tahun ini.

    BalasHapus
  10. Mantap ya persiapan PON di Papua, semua fasilitas sudah ready, event ini bakal jadi sejarah besar buat Papua, kita dukung juga buat kemajuan olahraga indonesia

    BalasHapus
  11. kereeen banget ya, meski di tengah pandemi, tapi persiapan menghadapi PON ini luar biasa.
    dan tentu saja ini bakalan jadi aset terbaik untuk warga Papua nantinya, karena setelah PON fasilitas-fasilitas ini masih bisa digunakan kembali begitu pun dengan wisatawan yang nantinya akan berkunjung ke Papua.
    semoga suatu hari nanti bisa ke Papua juga, biar bisa lihat semua fasilitas keren ini :)

    BalasHapus
  12. Akhirnya yaa Papua jd tuan rumah.
    Cuma bisa bantu mendoakan supaya acaranya lancar sukses dan tidak ada kenaikan kasus.
    Persiapannya cukup matang kyknya ya, semoga prokesnya benar2 ditegakkan jd fasilitas utk jaga2 kalau ada yg terpapar covid gak terpakai aamiin

    BalasHapus
  13. wahhh keren banget nih fasilitas yang disediakan untuk PON Papua ini. Semoga perhelatan akbar ini berjalan sukses dan lancar

    BalasHapus
  14. Banyak hal yang telah disiapkan ya untuk Papua. Semoga terlaksana dengan baik dan semoanya sehat. Baru tahu juga kalau bis juga telah dikirim

    BalasHapus
  15. Sebagai orang yang lahir dan besar di Papua saya merasa bangga karena Papua akhirnya terpilih juga menjadi tuan rumah PON 2020 Indonesia. Ya semoga semarak PON tahun ini bisa berjalan dengan lancar walau ditengah kondisi pandemi

    BalasHapus
  16. Keren ini Papua pembangunannya jadi pesat. Semoga PON tahun ini di Papua berlangsung sukses dan lancar ya. Pengen suatu hari menginjakkan kaki di tanah Papua

    BalasHapus
  17. PON kali ini pasti berbeda ya, karena dipastikan prokes nya ketat dan sepi penonton offline. Semoga PON di Papua kali ini berjalan lancar tanpa kendala apapun. aamiin

    BalasHapus
  18. Wuih keren. Udah mantap ya Papua jadi tuan rumah PON XX nanti. Fasilitasnya udah lengkap. Dan pastinya, buat para atlet yang akan bertanding, PON di Papua bisa membuat exciting. Jadi bisa tahu Papua. Hehehe, aku sih begitu. Kepengen banget sejak lama ke Papua. Dapat banyak cerita dari suami yang pernah kerja di sana. Papua yang kaya dan eksotik.

    BalasHapus
  19. Kemarin aku dikabari sama temenku yang anti vaksin, dia akhirnya vaksin...horeee gara-gara dapat tugas ke Papuan buat meliput PON XX, jadi ada berkahnya ya acara ini buat temenku, hehehe. Moga lancar acaranya

    BalasHapus
  20. Keren nih nanti Papua jadi ramai karena PON diadakan di sana. Semoga sukses untuk semua yang berlaga ya. Walopun sedang pandemi, kita harus tetap semangat olahraga.

    BalasHapus
  21. Ah bangga banget liat persiapan dan fasilitas pendukung di PON XX Papua ini yaa Num. Semoga bisa liat langsung aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar