In Story Land

Merancang Liburan Mewah ke Lombok dengan Budget Minimalis

Seperti yang sudah kutulis di postingan sebelumnya, aku berencana liburan ke Sumbawa dan transit di Lombok selama 2 hari. Beberapa persiapan sudah kulakukan, mulai dari beli tiket pesawat, membuat to-do-list, menyewa motor dan perahu untuk berlayar ke Kenawa dan Pulau Moyo. Sebulanan ini, aku membuat itinerary Lombok-Sumbawa selama beberapa hari. Aku jarang menggunakan jasa tour agent. Lebih enak berjalan sendiri bersama teman-teman karena fleksibel soal waktu dan keuangan. Seperti perjalananku ke Nusa Penida tahun lalu. Entah sejak kapan, selalu aku yang diminta untuk menyusun itinerary perjalanan seminggu di Ubud, Seminyak, dan Nusa Penida (kisahnya bisa dibaca di sini). Mungkin karena aku yang punya jadwal paling kosong di antara sekumpulan teman-teman gengku (udah sebesar ini masih nge-geng macam anak SMA). Iya, mereka rata-rata adalah budak omset perusahaan, sementara aku cuma gundik untuk diri sendiri. :)

Liburan ke Lombok

Liburan mewah budget murah di Lombok. (2)

Nah, rupanya menyusun itinerary Lombok-Sumbawa tampak mudah tapi punya tantangan sendiri. Lokasi antara Lombok dan Sumbawa harus ditempuh dengan kapal ferry. Lalu, kami harus menyewa perahu dua kali. Yang satu untuk bolak-balik Pulau Kenawa yang eksotik itu dan yang satu lagi untuk ke Pulau Moyo, pulau yang pernah jadi pelarian almarhumah Putri Diana bersama pangerannya zaman dulu kala. Masalahnya lagi, pelabuhan menuju Pulau Kenawa berada di Sumbawa Barat, sementara pelabuhan menuju Pulau Moyo berada di Sumbawa Besar. Kami harus menyewa mobil atau motor atau malah naik bus. Rasanya menyusun itinerary saja, aku sudah lelah duluan. Masukan demi masukan kuterima biar kami tidak tersesat di belantara Sumbawa. Di Sumbawa, jangan harap ada ojek online.

PR terbesarku satu lagi adalah penginapan. Itinerary untuk ke Sumbawa sudah rampung. Perlengkapan kemah juga sudah disiapkan. Iya, kami akan berkemah saja setiap malam, entah di Kenawa atau di Moyo. Eh, tapi mungkin kalau ada alternatif rumah penduduk yang bisa diinapi selama kami di Moyo nanti, boleh juga. Semua masih kutulis dalam pilihan alternatif. Untuk itinerary Lombok belum kususun sempurna. Kami akan terbang dari Jakarta menuju Lombok dan akan mampir di sana selama 2 hari sebelum nge-camp di Sumbawa. Jadi, aku harus pintar-pintar menyusun jadwal destinasi kami dan disesuaikan dengan jarak menuju pelabuhan Kayangan untuk naik kapal ferry ke Sumbawa. Aku masih belum menentukan penginapan dan transportasi dalam kota selama di Lombok.

Ketika aku ketemu beberapa teman sesama travel blogger, ada yang menyarankanku untuk cek lalalaway.com. Wah, situs apa lagi, tuh? Namanya baru kudengar baru-baru ini. Unik juga, Lalalaway. Melafalkan kata 'Lalalaway' saja lidahku sampai belok-belok. Kupikir itu semacam sekuel La La Land. Ternyata bukan.

Liburan ke Lombok pakai Lalalaway. Source: Lalalaway

Situs booking hotel Lalalaway. Source: lalalaway.com

Lalalaway ini merupakan situs booking hotel yang baru saja di-launching menemani kehidupan kita-kita ini yang haus traveling. Lalalaway memang meramaikan persaingan booking hotel via pihak ketiga secara online. Bedanya, Lalalaway hanya memasukkan list hotel dengan status bintang 4 ke atas. Begitu tahu Lalalaway hanya untuk booking hotel berbintang, aku langsung mencoretnya dari list karena pasti harganya tinggi. Namun, anggapan itu terbantahkan begitu mengecek langsung situsnya. Isinya memang daftar hotel-hotel mewah di kota-kota besar, tapi harganya merosot tajam seharga budget hotel. Wah, menarik, nih.

Aku pun langsung membuat akun biar bisa melihat harganya. Begitu login, aku serasa orang tajir banget, ingin pergi liburan mewah dengan budget minimalis. Nuansa desain Lalalaway sungguh fancy dan elegan tanpa menghapus kesan asyiknya liburan. Sebelum aku makin bertele-tele karena terlalu excited menyusun itinerary liburan versi mewah di Lombok dengan budget minimalis ini, ada 3 keunggulan memilih booking hotel di situs Lalalaway.

1. Cocok buat yang ingin staycation di hotel berbintang dengan harga murah

Sesuai dengan tujuanku ke Lombok, ada beberapa pilihan hotel di Lalalaway yang termasuk hotel bintang 4 dan 5. Agak gemetar, ya, kalau memesan hotel berbintang ini karena takut overbudget. Namun, nggak perlu khawatir. Lalalaway sudah membuat deal harga terendah dan diskon besar-besaran di setiap hotel yang ditawarkan. Yes, kalau begini, aku harus memasukkan itinerary Gili Trawangan, nih karena ingin merasakan staycation di resort mewah Jambuluwuk Oceano Resort. Sekali-kali liburan fancy, tak masalahlah, ya sebelum melakukan petualangan di Sumbawa.

Situs booking hotel berbintang lalalaway. Source: lalalaway.com

2. Selalu ada Flash Sale macam e-commerce yang kini sedang hits

Satu lagi keunggulan Lalalaway yang beda dari situs booking hotel lain, yaitu selalu menyediakan flash sale. Jadi, harga hotel-hotel yang ditawarkan di Lalalaway tidak pernah sama. Lalalaway menerapkan sistem flash sale untuk mendapatkan deal harga terbaik untuk hotel terbaik pilihan kita. Seperti Jambuluwuk Oceano Resort yang sedang kupilih ini. Harga dengan diskon 71% ini hanya tersisa 9 hari 8 jam lagi (pada saat artikel ini ditulis). Jadi, kita nggak punya banyak waktu untuk mikir-mikir mau pilih hotel yang mana. Rata-rata flash sale ini dilakukan 5-10 hari setiap hotel. Makanya, kita harus rajin-rajin cek situsnya, nih, untuk dapat harga terbaik. Ini semacam nunggu promo tiket pesawat yang harus sering-sering dicek dan diburu apalagi saat travel fair.

Liburan ke Lombok booking lewat Lalalaway. Source: Lalalaway.com

3. Sistem sign up yang mudah

Kalau kamu berminat liburan mewah dengan budget minimalis seperti yang sedang kurencanakan ini, coba buat akun di situs Lalalaway, ya. Caranya gampang dan tidak bertele-tele. Sign up bisa lewat Facebook maupun email. Tidak perlu notifikasi verifikasi, kok. Jadi begitu sign up, akunmu sudah resmi terdaftar. Kenapa harus bikin akun dulu? Karena best deal hanya untuk yang punya akun. Kalau cuma buka-buka situs tanpa memasukkan akun, kita tidak akan tahu harga hotel-hotel yang ditawarkan.

Lalalaway, situs booking hotel mewah yang murah. Image source: www.lalalaway.com

Lalalaway, situs booking hotel mewah yang murah. Imager source: Doc. Lalalaway

Kini Lalalaway sedang melebarkan relasi hotelnya dengan menjangkau lokasi-lokasi wisata di Indonesia dan Asia. Kita bisa pesan hotel dan tiket pesawat sekaligus di sini tentu dengan harga bersaing dengan e-commerce lainnya. Sekali-kali merencanakan liburan mewah dengan harga rendah, siapa takut? Lalalaway sudah menyiapkannya untuk kita, para traveler.

Related Articles

8 komentar:

  1. Liburan mewah tapi terjangkau, itu impian semua turis. Terutama aku hehehe..Nanti mau longok-longok ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banget ini untuk referensi booking hotel buat staycation Un. :))

      Delete
  2. makasih infonya lalalaway...saya berencana habis lebaran diam dulu di rumah Bali kalo ada wakti pengen ke lombok. wah perjalan mewah buget terjangkau. perlu div
    voba

    ReplyDelete
  3. Baru tahu soal lalaway ini. Tampaknya perlu dicoba. Butuh juga nginep mewah harga rendah. Suka bette kan kalau pulang Liburan kantong jadi tipis banget

    ReplyDelete
  4. Ini sudah ada appsnya belum mba? Kalau sudah ada pasti lebih mudah lagi nih karena gk harus capek2 untuk buka browser :)

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu sama Lalalaway ini. Dan jadi tahu sekarang, sepertinya memudahkan kalau mau liburan ya :)

    ReplyDelete
  6. Kak, ini aku banget loh, inginnya liburan ala Princess tapi dengan budget seminim mungkin hehehhee. fix, download apps Lalaway, thanks for the info

    ReplyDelete
  7. Lalaway, baru denger nih apps yang ini. Nnati tak coba deh. Ayo mbak, apa sudah ada itinerynya....siapa tahu saya boleh ngikut (Hahahaaaa.....)

    ReplyDelete