In Advertorial Land Story Land

Ada Inovasi Pengobatan Kanker Payudara HER2-Positif

Mumpung aku lagi selow dari aktivitas traveling, aku mau share sedikit cerita tentang kesehatan. Perlu lah ya sekali-sekali bahas tentang kesehatan dan pola hidup sehat. Nah, kali ini aku mau bahas tentang pengobatan kanker payudara HER2-positif yang sudah ada kemajuan.

Apa itu kanker payudara HER2-positif?

Kamu tahu nggak penyakit kanker payudara yang paling meresahkan di Indonesia? Tingkat kematiannya paling tinggi khususnya bagi perempuan. Namanya HER2-positif yang diproduksi oleh protein dari gen tertentu dan memiliki potensi untuk menyebabkan kanker jika terekspresi berlebihan di permukaan sel-sel. Pertumbuhannya sangat cepat sekali.

Nah, sebelumnya pasien kanker payudara HER2-positif diprediksikan memiliki harapan hidup yang lebih rendah dibanding pasien dengan HER2-negatif. Tentu saja ini menjadi PR besar ilmu pengetahuan khususnya farmasi dan kedokteran dalam menangani kanker payudara HER2-positif. Kemoterapi, radioterapi dan terapi target sudah dilakukan, tetapi masih ada beberapa efek samping yang harus dipecahkan bersama.



Terobosan Baru Ilmu Kedokteran dan Farmasi Menemukan Obat Kanker Payudara HER2-Positif

Sebenarnya yang jadi beban dalam pengobatan kanker payudara jenis ini bagi orang Indonesia secara umum adalah masalah ekonomi, psikologis, dan psikososial. Itu pula yang membuat penurunan harapan hidup si penderita kanker payudara. Hal-hal seperti ini perlu ditangani serius.

Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD-KHOM
Bagi pasien kanker payudara HER2-positif stadium lanjut, tujuan pengobatan kanker ini adalah untuk mengendalikan penyakitnya agar memiliki harapan dan kualitas hidup yang lebih baik.

Dr. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD-KHOM
Apabila pasien mendapatkan akses pengobatan inovatif seperti trastuzumab emtansine, mereka dapat memiliki banyak tambahan waktu bersama keluarga. Trastuzumab sudah masuk ada di skema pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional sehinga dapat mengurangi beban ekonomi, psikologis, dan psikososial yang ditanggung oleh pasien serta orang-orang terdekatnya.


Jadi intinya, melalui Roche sebagai pelopor global dalam bidang farmasi dari Swiss resmi mengumumkan bahwa sudah ada pengobatan HER2-positif yang dinamakan trastuzumab emtansine. Sebenarnya di luar negeri, metode pengobatan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Di Indonesia baru akan diterapkan setelah pengobatan ini telah disetujui oleh BPOM kita.


Apa itu trastuzumab emtansine?

Trastuzumab emtansine adalah antibody-drug conjugate aliasobat tunggal yang mensinergikan 2 perlawanan terhadap kanker, yaitu kemoterapi dan terapi target dalam 1 obat. Cara kerjanya mengikat reseptor HER2 di permukaan sel kanker dan memblokir sinyalnya untuk bertumbuh. Cara ini efektif menghancurkan sel dari dalam sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada jaringan sel normal. Itu artinya, efek samping kemoterapi dan terapi target dapat ditekan. Setidaknya gejala mual dan muntah pada pasien juga berkurang. Ide bagus kan?! Tapi sayangnya efek rambut rontok tidak dapat ditekan karena beda kondisi. Kita harus bersyukur nih, harapan hidup pasien penderita kanker payudara dapat diperpanjang, bahkan ada yang bisa bertahan 3-5 tahun.


Namun, inovasi pengobatan kanker payudara HER2-positif ini bisa sia-sia kalau kita nggak menjaga perkembangan hormon. Bagi penderita kanker payudara harus banget menjaga keseimbangan hormonnya. Risiko kanker payudara bisa menyerang siapa saja, bahkan orang yang pola hidupnya sehat sekalipun. Jadi kontrol metabolik paling penting untuk mengurangi risiko kanker payudara. Jaga makanan, jaga berat badan, dan jaga kolesterol. Itu penting. Catatan buat diriku sendiri yang pola makannya sampai hari ini belum seimbang. Mari kita sehat bersama.

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment