In Movie Land

Film Mahasiswi Baru, Ketika Oma-Oma 70 Tahun Kuliah Lagi


Mau nonton film ringan, lucu banget, dan punya pesan dalem banget tentang kehidupan? Film Mahasiswi Baru bisa diagendakan buat nonton bareng teman-teman geng kuliah, bareng keluarga, atau bareng pasangan. Ini bukan cerita tentang anak muda saja, tapi juga cerita lintas generasi. Coba kamu bayangin, saat kuliah, kamu punya teman se-geng yang sudah oma-oma? Kira-kira bagaimana dunia perkuliahanmu berjalan? Apakah si oma-oma ini kamu jauhin dari pergaulan lantaran sudah terlalu tua atau malah kamu rangkul biar bisa dipermak kemuda-mudaan?

Film Mahasiswi Baru, Ketika Oma-Oma 70 Tahun Kuliah Lagi - source jurnaland.com

Nah, kira-kira begitu yang terjadi dengan Oma Lastri (Widyawati) usia 70 tahun yang memutuskan untuk kuliah lagi dan mengikuti semua prosedur mahasiswa baru di kampusnya. Nggak tanggung-tanggung, kampus tempat Lastri kuliah itu adalah kampus Cyber Indonesia. Kebayang kan bagaimana Lastri menyesuaikan diri dengan teman kuliahnya yang merupakah anak millennials yang melek digital. Lha, ini si oma satu ini masih saja pakai hape jadul polyphonic. Ya ampun, perbedaan usia dan zaman nggak bikin Lastri menyerah. Padahal dia ditantang Pak Dekan (Slamet Rahardjo) untuk menaikkan nilainya agar bisa bertahan di kampus itu.

Lastri tinggal bersama anaknya yang diperankan oleh Karina Suwandi. Yang jadi lucu adalah saat anaknya harus menunggu Lastri pulang kuliah tanpa kabar. Kehidupan kampus yang penuh dengan tugas makalah tentu bikin Lastri sering pulang sampai larut malam. Otomatis menjadikannya terkesan jadi mahasiswi rebel yang siap disemprot oleh anaknya sendiri saat pulang ke rumah. Drama keluarga ini menjadi menarik ketika mereka berganti peran, siapa yang harus mencemaskan dan siapa yang pantas dicemaskan. Apalagi ada adegan Lastri minggat dari rumah karena nggak kuat dikekang anaknya dan mematuhi aturan di rumah. Ada-ada saja ya tingkah oma-oma. Lastri akhirnya kos bersama Sarah dan menjadi dekat satu sama lain. Oiya, latar Yogyakarta juga cukup kental di film ini. Aku suka dengan indekos Sarah yang nuansanya anak kos Jogja banget. Pantas saja Lastri mau-mau aja ikutan ngekos dekat dengan Sarah.

Sebenarnya apa yang jadi motivasi Lastri untuk kuliah lagi? Mampukah dia bertahan di kampusnya?

Bagaimana dengan kehidupan teman-teman se-geng Lastri? Film-film Widyawati memang nggak ada yang mengecewakan. Setelah sebelumnya aku menonton film yang lucunya serupa di Sweet 20, aku bisa melihat lagi duet Widyawati dengan Slamet Rahardjo di film Mahasiswi Baru ini. Ada chemistry yang baik pula antara teman se-geng Lastri, yaitu Danny (Morgan Oey), Mikha Tambayong (Sarah), Reva (Sonia Alyssa), dan Erfan (Umay Shahab). Meski terpaut usia yang sangat jauh, keempat tokoh actor muda ini mampu mengimbangi acting Widyawati. Morgan tampil sangat berbeda di film kali ini dan lucunya natural. Bisa dibilang Morgan Oey jadi scene stealer di Mahasiswi Baru.

Gala Premiere Film Mahasiswi Baru - source jurnaland.com

Morgan Oey di Film Mahasiswi Baru - source jurnaland.com

Aku menyukai plot dan scoring film produksi MNC Pictures ini. Lagu “Hip Hip Hura” menjadi OST yang berkumandang di beberapa scene film. Rasanya semangat sekali mendengar irama musiknya. Seisi bioskop ingin berjoget bersama. Meskipun bercerita tentang mahasiswi yang sudah 70 tahun, film ini tidak menjadi ikutan memble dalam pengisahannya. Justru malah sebaliknya. Menonton film yang tokoh utamanya sudah lanjut usia ternyata menyenangkan juga. Aku takjub Indonesia bisa bikin film yang mengangkat cerita seperti ini dan dapat manisnya, lucunya, serta pesan hidupnya. Rasanya menonton film Mahasiswi Baru semenyenangkan menonton film remaja lainnya. Oh iya, ssst, ada spoiler dari aku. Di film Mahasiswi Baru kamu akan dibikin baper oleh pasangan Lastri dan Pak Dekan. Emmm, seperti apa ya sweet-nya mereka?

Mahasiswi Baru akan kuliah di bioskop mulai tanggal 8 Agustus 2019. Jadi, pastikan kamu sudah punya jadwal menonton bersama teman ya. Nggak seru kalau menonton sendiri. Ini adalah film terbaik Monty Tiwa dari sepanjang filmnya yang aku tonton.


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment