Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile tentang Perjuangan Atlet e-Sports

Langsung ke konten utama

Jingle Kebebasan dari Pandemi dalam Lagu "Permission to Dance" BTS

Sudahkah kamu mendengar lagu "Permission to Dance" dari BTS, idol group asal Korea Selatan? Kalau belum, aku sarankan sekarang lihat music videonya di Youtube atau dengarkan playlistnya di Spotify. Kenapa? Lagu "Permission to Dance" memberikan semacam energi baru agar kita tetap punya harapan positif di tengah pandemi ini. Lagunya dinyanyikan dalam bahasa Inggris dengan Ed Sheeran sebagai salah satu penulis liriknya. "Permission to Dance", buatku secara personal sangat mengharukan. Ada harapan untuk semua orang agar bebas dari Covid-19, ada pesan yang tersirat yang membuatku mengangguk-angguk terharu. Lagu BTS satu ini menurutku beyond limit ketika kita sudah mencapai titik jenuh menghadapi pandemi yang tak kunjung selesai.

Makna lagu Permission to Dance BTS

Sepanjang Covid-19 yang melanda dunia hampir 2 tahun ini, aku menonton banyak sekali drama dan film di aplikasi streaming. Aku juga banyak mendengar lagu-lagu yang bisa menyemangati diri sendiri. Dunia sedang dilanda pandemi, korban Covid-19 berjatuhan, banyak orang-orang yang terkena dampaknya. Termasuk aku. Masa jatuh-bangunku dimulai sejak April 2020. Dunia pariwisata meredup. Itu artinya berdampak pula ke aku yang biasanya seliweran, saat itu hanya bisa gigit jari di rumah. Pandemi sangat menguras emosi, banyak media menebar ketakutan, banyak pula oknum-oknum menyebarluaskan hoax, merusak cashflow rumah tangga, menurunkan produktivitas, dan meredupkan kreativitas. Setidaknya itulah yang kuhadapi sejak tahun lalu.

Kamu tentu menyadari kan, jika kita melihat ke pertengahan tahun 2020, semua orang berjuang untuk waras. Orang yang biasa beraktivitas di luar rumah, siswa yang seharusnya berlarian di sekolah, atlet yang semestinya berlatih di lapangan dan siap untuk berbagai kejuaraan, penyanyi yang kehilangan panggungnya, aktor yang kehilangan filmnya karena bioskop tutup, semuanya harus membatasi segala aktivitas pertemuan dan kerumunan.

Bagaimana orang-orang ini bertahan? Bagaimana aku bertahan?

Aku lantas mencari-cari hal yang dapat menjaga kewarasan selama harus berada di rumah. Cara healing tiap orang tentu beda-beda. Karena selalu berada di rumah, sepi, dan nggak tau mau beraktivitas seperti apa lagi, aku mulai hunting lagu-lagu yang bisa menaikkan semangat.

Makna lagu Permission to Dance BTS (2)

Sampai aku bertemu dengan lagu-lagu BTS yang kini ada di playlist Spotify-ku. Anggota Army (fans BTS) pasti satu frekuensi denganku. Lagu-lagu BTS seringkali relate dengan kehidupan sehari-hari, nggak muluk-muluk tentang cinta, tapi lebih membumi dengan tema kehidupan, impian, keluarga, teman, penghargaan kepada diri sendiri, kepercayaan, dan sebagainya. Sebenarnya aku sudah mengenal grup K-Pop ini sejak beberapa tahun lalu ketika aku masih bekerja di media dan perusahaan penerbitan. Aku juga mengenal beberapa lagu mereka yang hits. Namun, berbeda rasanya ketika mendengar lagu-lagu mereka saat ini.

Coba dengarkan lagu "Dynamite" dan "Life Goes On" yang rilis tahun lalu, serta "Butter" yang rilis beberapa bulan lalu. BTS dengan konsisten menggambarkan kepahitan hidup tapi life goes on. Pandemi tentu sudah memporak-porandakan dunia panggung hiburan. Tak terkecuali BTS yang telah menjadi brand K-Pop terbesar yang mampu menembus pasar musik Amerika dan Eropa. Namun, lewat lagu-lagunya, BTS mengajak kita jalan bersama, bangkit dari keterpurukan, dan mampu optimis menghadapi segala tantangan wabah.

Nah, baru-baru ini, BTS meluncurkan lagu "Permission to Dance". Ini semacam imbauan, lagu kampanye kebebasan, dan ajakan untuk mengibarkan bendera semangat lagi. Seperti yang ada di liriknya, 

The wait is over

The time is now, so let's do it right

We'll keep going

and stay up until we see the sunrise.


Apa saja makna yang dibawa oleh BTS dalam lagu terbaru mereka ini?

1. Jingle Kebebasan dan Harapan

Lagu ini sangat enerjetik yang mengajak pendengarnya untuk tetap optimis. Tak ada satu keluhan atau kemarahan pun keluar dalam liriknya. Yang ada hanya keceriaan penuh harapan untuk menghapus hari yang suram. Sungguh positive vibe sekali.

Makna lagu Permission to Dance BTS (10)


Bagian favoritku di Permission to Dance adalah lirik ini

There's always something that's standing in the way

But if you don't let it faze ya, you'll know how to break

Just keep the right vibe, 'cause there's no looking back

There ain't no one to prove we don't got this on lock.

Yang bisa kita lakukan adalah terus menatap ke depan apa pun yang terjadi. Rintangan akan selalu ada, tapi bukan berarti kita berhenti atau terus berpikiran negatif. Lebih kurang seperti itu makna dari liriknya.


2. Menggambarkan masa depan yang bahagia

Sepertinya BTS sudah nggak sabar untuk melihat dunia bebas dari pandemi. Coba dengarkan liriknya bagian ini:

Well, let me show ya

that we can keep the fire alive

'Cause it's not over


'Til it's over, say it one more time

Say:

I wanna dance, the music's got me going

Ain't nothing that can stop how we move


Lalu dengar juga lirik ini:

We don't need to worry

'Cause when we fall, we know how to land

Artinya lagu ini mengajak kita agar jangan khawatir dengan apa pun karena ketika jatuh terpuruk seperti apa pun, kita masih bisa berdiri.


3. Music Video yang memperlihatkan orang bergembira lepas masker dan menari bersama 

BTS mencoba memprediksi masa depan dengan MV "Permission to Dance". Ada bebebera adegan para talent melepas masker dengan penuh kegembiraan seakan sudah memasuki era baru. Rasanya ketika menonton MV ini, pesan itu sampai ke sanubari. Aku merinding saat menontonnya pertama kali. Rasanya pergantian era itu sudah tiba, sudah dekat.

Makna lagu Permission to Dance BTS (3)


Sekilas memang terlihat memprovokasi agar orang-orang melepas masker. Eiits... kalau nontonnya sepotong, tentu kita nggak dapat pesannya. Bayangkan diri kita happy saat menanti hari itu tiba. Penuh harapan dan energi positif, kan. Semacam menanti acara wisuda. Bedanya, yang dilempar bukan topi atau toga, melainkan masker.

Aku sendiri nggak akan heran kalau nantinya lagu ini diadopsi jadi jingle WHO untuk menyuarakan dunia sudah terbebas dari pandemi. Tapi kapan, ya? Entahlah. Yang pasti, melalui lagu ini, kita tahu bahwa harapan itu masih ada. MV ini dipenuhi dengan diterbangkannya balon berwarna ungu. Itu adalah wujud dari harapan lahirnya era baru setelah pandemi dan dunia akan baik-baik saja.


4. MV mengangkat isu kemanusiaan dan anak-anak

Banyak hal simbolik yang mengangkat berbagai isu kemanusiaan dalam MV-nya.

Aku juga nggak akan heran kalau lagu ini juga dijadikan kampanye UNICEF untuk anak-anak. Di MV "Permission to Dance" menampilkan beberapa talent dari ras berbeda, terutama anak-anak.

Sebenarnya simbol awalnya jelas. Ketika MV ini menampilkan talent dengan warna kulit dan warna rambut berbeda, kita dapat melihat bahwa pandemi ini memang mendunia. Tak terkecuali. Orang di seluruh dunia terkena dampaknya, semua orang dari ras berbeda, suku bangsa berbeda, dan negara berbeda. MV ini menjadi perwakilan suara dari seluruh dunia untuk semua orang di muka bumi dan melampaui batas-batas regional. Karena Covid-19 sendiri sudah melewati batas berbagai negara dan menginfeksi siapa saja tanpa permisi. Itu juga alasan lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional, alih-alih BTS menggunakan bahasa Korea. Agar pesannya dapat dibaca di seluruh dunia.

Makna lagu Permission to Dance BTS (4)


Lalu, bagaimana dengan simbol tersiratnya? Kalau kita bicara warna kulit, tentu kita mengacu pada keberadaan BTS sebagai grup idola dari Korea, bukan Amerika. BTS sudah menelan banyak sekali diskriminasi ras saat memasuki pasar musik Amerika. Ini juga menjadi bentuk kegelisahan BTS yang terwakilkan dalam lagu mereka. "We don't need permission to dance."

BTS sudah mengentas perbedaan itu lewat lagunya. Simbol perdamaian pun terlihat dengan tarian mereka dengan mengacungnya 2 jari, telunjuk dan jari tengah. Siapa saja berhak menari. Siapa saja berhak bahagia dan mengekspresikan diri.

Kemudian, mengapa yang disorot kebanyakan talent anak-anak? Ya, karena anak-anak adalah harapan suatu bangsa. Anak-anak pula yang akan tumbuh dan memeluk satu era. Setelah era pandemi ini, era selanjutnya adalah milik mereka. Pesannya jelas, anak-anak adalah masa depan. Ketika kita membicarakan masa depan, anak-anak atau generasi mudalah yang ada di depan mata. Aku dukung BTS untuk jadi duta UNICEF lagi.


5. Hint tersembunyi berupa quote menarik di setiap set MV

Bagi Army, tentu sudah menonton MV "Permission to Dance" berkali-kali. Bagi penikmat musik pada umumnya, MV "Permission to Dance" memang menarik. Ada quote inspiratif bertebaran di set-nya yang membuatku merinding. Semua pejuang pandemi merasa terwakilkan. MV "Permission to Dance" mengambil beberapa set. Restoran, sekolah, kantor, dan luar ruangan. Itu adalah beberapa dari sektor yang terdampak pandemi. Anak-anak nggak bisa sekolah, nggak bisa olahraga, pegawai kantor yang selama ini bekerja dari rumah, restoran yang sepi karena nggak boleh dine in dan beberapa usaha kecil lainnya.

Pada bagian set kantor, ada tulisan "Welcome Back" yang memberikan jalan bagi kita semua untuk bisa bertemu dan kembali bekerja seperti biasa. Ada pula set luar ruangan yang menuliskan tanda arah dengan nama-nama negara. Set itu seakan membuka jalan untuk kembali menjelajah setelah dunia kita serba dibatasi. J-Hope menunjuk ke tanda arah berbagai negara itu yang menandakan bahwa dunia telah dibuka kembali.

Makna lagu Permission to Dance BTS (5)`

Makna lagu Permission to Dance BTS (6)

Lalu di beberapa set terdapat quote yang dipetik dari lirik lagunya. Quote itu menjadi istimewa karena menjadi highlight.

"Just keep the right vibe" ditulis besar di badan truk yang dinaiki Jungkook di pembuka lagu.

Ada pula cap "Live just like we're golden." Ini juga bisa jadi penanda perjalanan lagu-lagu BTS seperti lagu berbahasa Jepang mereka berjudul Stay Gold yang mengingatkan kita bahwa hidup kita berharga.


Makna lagu Permission to Dance BTS (7)

Makna lagu Permission to Dance BTS (8)


Quote berikutnya adalah vandal di tembok dengan gambar abstrak berwarna cerah. Di sana tertulis "The wait is over" dan diikuti quote dengan tulisan yang lebih kecil yang juga merupakan highlight lirik lagu mereka.


6. Tarian Berbahasa Isyarat

Ternyata BTS diam-diam juga menaruh perhatian terhadap disabilitas. Bagi orang-orang yang tidak dapat mendengar lagu mereka, BTS memberikan tarian dengan bahasa isyarat di bagian ending lagu. Ekspresi bahagia, "menari", "perdamaian", dan "keseruan" adalah makna dari tarian mereka. Ini adalah pesan khusus untuk para disabilitas khususnya yang tidak dapat mendengar, bahwa lagu ini buat semua orang.

Makna lagu Permission to Dance BTS (9)

Makna lagu Permission to Dance BTS (11)


Serangkaian makna "Permission to Dance" yang kutulis mengartikan bahwa lagu ini tak sekadar lagu. Ini seperti lagu "Heal The World" yang dilantunkan oleh Michael Jackson yang concern pada isu kemanusiaan di Afrika. "Permission to Dance" bisa jadi memberikan ruang kita untuk berpikir ulang tentang pandemi ini, mencerahkan apa yang tadinya gelap. Pandemi memang membuat hidup kita sangat sulit, tetapi seperti kodrat manusia, selalu mampu berdiri kembali.

Aku nggak akan heran kalau lagu di bawah label musik HYBE Label ini akan long lasting seperti lagu "Heal The World" yang punya pesan tentang kemanusiaan dan semangat. Gimana? Seperti apa perasaanm usai mendengar lagu terbaru BTS ini? Terenyuh? Tersentuh? Terharu?

"Well, let me show ya that we can keep the fire alive"

Komentar