Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Langsung ke konten utama

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021

Ternyata, berkali-kali ke Lampung tak membuat Lampung itu membosankan untuk dikunjungi. Buktinya, ini entah ke berapa kali aku menginjakkan kaki di Lampung, tapi aku selalu terpukau. Ada saja cerita dari Lampung yang bisa kubawa pulang.

Aku bersama beberapa teman travel blogger dari Jakarta diundang untuk datang ke Lampung Krakatau Festival 2021. Ini kedua kalinya aku mengikuti rangkaian acara Lampung Krakatau Festival yang memang selalu diadakan setiap tahun. Siapa yang tidak kenal dengan Krakatau di sini? Kisah meletusnya Gunung Krakatau telah melegenda. Lalu kisah erupsi Gunung Anak Krakatau tahun 2019 akhir lalu juga mengukir cerita baru.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021


Baca ini: 

Pendakian Gunung Anak Krakatau

Lampung Culture And Tapis Canival


Rangkaian Lampung Krakatau Festival 2021 dibuat sangat berbeda. Pertama, karena faktor pandemi, undangan dibatasi dan eventnya pun dirancang secara hybrid. Kedua, karena faktor Gunung Anak Krakatau telah meletus dan kini masih sering erupsi, tidak ada lagi pendakian atau mengelilingi perairan di sekitar Gunung Anak Krakatau.

Jadi beginilah rangkaian Lampung Krakatau Festival 2021 sekaligus Famtrip Pesona Lampung yang kuikuti awal November lalu.


1. Lamban Gedung Kuning

Lamban Gedung Kuning merupakan pusat kebudayaan Lampung. Tidak banyak yang tahu, bukan? Karena itu aku beruntung sekali bisa mendatangi Lamban Kuning di kawasan Rajabasa dan disambut oleh tari-tarian penyambutan tamu.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 3

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 4


Lamban dalam bahasa Lampung artinya rumah. Jadi Lamban Kuning ini adalah rumah pelestarian adat dan budaya Lampung. Begitu memasuki bagian dalam Lamban Kuning, aku melihat dekorasi meriah dari hiasan-hiasan kain dan motif-motif tapis Lampung. Serasa datang ke perhelatan kawinan adat Lampung yang didominasi warna merah, kuning, dan hijau.

Di Gedung Lamban Kuning ini pula aku bisa melihat benda-benda bersejarah, singgasana adat Lampung, pelaminan pengantin adat Lampung, dan pembagian ruangan dalam rumah adatnya. Aku melihat Al Qur'an tertua di Indonesia yang ditulis tangan dengan kertas dari serat kayu. Al Qur'an ini disimpan sebagai benda bersejarah.

Acara di Lamban Kuning ini semakin meriah dengan adanya prosesi lomba makan durian beramai-ramai yang merupakan budaya petani di Lampung. Budaya ini sebagai wujud bersuka ria menyambut musim panen. Aku juga merasakan kebahagiaan itu karena durian Lampung terkenal enak.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 5

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 6

Lamban Gedung Kuning

Alamat: Jln. Hi Pangeran Suhaimi, Harapan Jaya, Kec. Sukarame, Bandar Lampung


2. Malam Puncak Lampung Krakatau Festival 2021

Biasanya Lampung Krakatau Festival dimeriahkan dengan karnaval dari setiap kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Lampung. Masyarakat merasakan keriuhannya langsung. Kali ini, karena situasinya berbeda, malam puncak Lampung Krakatau Festival diadakan dengan undangan terbatas di Hotel Novotel Bandar Lampung tetapi dapat ditonton secara live streaming di channel Youtube Lampung Krakatau Festival.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 7

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 8

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 9

Tema malam itu adalah Pesona Kemilau Krakatau. Acara dibuka dengan Tari Bedana Kipas sebagai tari penyambutan di Lampung. Lalu dilanjutkan dengan bincang-bincang secara daring dengan Menteri Parekraf, Pak Sandiaga Uno yang semangat sekali menyambut Pesona Kemilau Krakatau ini. Kata beliau tentang festival yang mengangkat budaya masing-masing daerah, "Parekraf meningkat, budaya semakin lesat."

Aku sendiri melihat bagaimana Lampung mulai bangkit dengan mengadakan festival besar ini. Dari keseniannya dan produk budayanya berupa kain-kain tradisional mulai diperlihatkan kembali kepada dunia. Festival Krakatau ini merekam bagaimana budaya Lampung yang sebenarnya meski saat ini masih terbatas. Lampung sudah mulai memperlihatkan pesona kemilaunya kembali. Dan, aku bangga bisa menjadi undangan dalam perayaan akbar tahunan Provinsi Lampung ini.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 10

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 11


3. Lamban Batik Lampung

Aku baru saja dikenalkan dengan kain batik Lampung di galeri Lamban Batik Lampung ini. Lamban Batik ini dibuka oleh Dekranasda Provinsi Lampung sebagai wadah para pengrajin di seluruh Lampung. Tempat ini baru banget diresmikan bulan Maret 2021 dengan harapan untuk kemajuan dan pelestarian nilai-nilai budaya Lampung dan UMKM.

Sebelumnya aku hanya tahu kain tapis yang merupakan kain khas Lampung yang berupa sulaman berwarna emas. Namun, kali ini aku melihat karya-karya itu dimasukkan ke dalam motif-motif batik Lampung dengan warna cerah.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 12

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 13


Inilah batik-batik Lampung dengan berbagai corak dan motif. Mulanya batik Lampung itu hanya mengenal motif sembagi, yaitu paduan motif bunga dan kembang kopi di sepanjang kain. Lalu, para pengrajin di kabupaten dan kota di Provinsi Lampung berinovasi untuk mengolah motif batik menjadi lebih beragam. Muncullah motif siger, gajah, gamolan, perahu, dan kupu-kupu sebagai representasi khasanah kekayaan negeri Kedaton ini. Terlihat berbeda dengan motif batik di Jawa. Warna-warnanya pun banyak warna cerah, ada kuning, hijau, merah muda.

Lamban Batik Lampung ini mewadahi para pembatik dan para pencinta kain batik. Di sini kita bisa melihat berbagai motif kain batik tulis. Bisa dilihat, dicoba, dibeli, lalu dikoleksi. Harganya mulai dari Rp100.000 hingga Rp2 jutaan.

Siapa pencinta batik? Kalau kamu mengunjungi Lampung, pastikan mampir ke Lamban Batik Lampung ya. Selain ini adalah batik tulis dan indah-indah banget, kita juga sekaligus bisa membantu UMKM lokal serta menggaungkan batik Lampung.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 14

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 15


Lamban Batik Lampung

Alamat: Jln. Way Pengubuan N0. 35, Pahoman, Kec. Teluk Betung Utara, Bandar Lampung

Jam buka: 08.00-17.00 WIB

Instagram Lamban Batik: @lambanbatiklampung


4. El's Coffee Roastery

Aku sering sekali mendengar El's Coffee ini disebut-sebut. Bermula dari kafe kopi kecil di Bandar Lampung, El's Coffee memperkenal kopi-kopi hasil alam Lampung. Yap, Lampung memang terkenal banget dengan perkebunan kopinya dan kopi Lampung memang terkenal enak di mana-mana.

Akhirnya kesampaian juga aku mampir ke El's Coffee Roastery yang terkenal di Lampung ini. Bangunan kafenya kekinian dengan pelataran parkir yang luas dan gedung kaca. Ini merupakan cabang El's Coffee yang baru dengan mesin roaster biji kopi besar berada di sebelahnya. Semacam kita nongkrong di pabrik kopi aja. Katanya ini mesin roasting ini terbesar di antara cabang El's Coffee yang ada di Lampung. Lalu kafe ini juga diklaim sebagai kafe roastery terbesar di Indonesia.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 16

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 17


Duduk di kafe ini memang memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung. Kita bisa menikmati kopi sambil melihat pengolahan biji kopinya langsung. Aku juga melihat sendiri barista meracik dan menyajikan kopi di area tengah kafe. 

Mungkin sekilas, kita hanya akan melihat kafe ini menarik sebagai tempat nongkrong kekinian orang Lampung. Tapi bagi pendatang sepertiku dari luar Lampung, El's Coffee Roastery lebih dari itu. Kafe menyajikan identitas Lampung dengan kekayaan alamnya. El's Coffee menjadi trade mark Lampung untuk menggaungkan kopi Lampung. Akhirnya El's Coffee bisa menjadi sebesar ini.

Yuk, pencinta kopi harus icip-icip berbagai menu di sini. Ada mochatella, magnuccino, hot cafe latte, dan espresso on the rock.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 18

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 19

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 20


El's Coffee Roastery

Alamat: Jln. Soekarno-Hatta No. 99, Kalibalau Kencana, Kec. Sukabumi, Bandar Lampung

Jam buka: 10.00-21.00 WIB

Instagram El's Coffee: @elscoffeeroastery | @elscoffee_house


5. Peternakan Lebah Madu Suhita (Suhita Bee Farm)

Kali ini aku diajak masuk desa di pinggiran Kota Bandar Lampung. Lokasi Suhita Bee Farm ini sunyi sekali di Desa Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Utara. Aku bagaikan menemukan hidden gems di antara pepohonan setelah berjalan kaki di jalan setapak sekitar 10 menit. Di sinilah rupanya lebah-lebah tumbuh dan menyimpan madunya.

Kawasan peternakan lebah Suhita ini merupakan kawasan yang dipenuhi dengan bunga-bunga dan pohon-pohon akasia. Ada gemericik dari air kolam ikan buat menambah keasriannya. Tempat sangat asri. Ada beberapa kotak kayu berjajar di tengah-tengah peternakan yang dikelilingi pohon-pohon rindang. Rupanya di sana lebah-lebah bersarang. Pemilik Suhita sengaja menyediakan kotak-kotak kayu ini agar mudah membudidaya madu asli dari sini.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 21

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 22

Lebah yang diternakkan di sini adalah jenis lebah trigona, lebah yang tidak menyengat. Pakannya adalah nektar yang berasal dari bunga-bunga yang sengaja ditanam di area tersebut. Suhita Bee Farm punya slogan 'Gertakanlah' yang merupakan singkatan dari Gerakan Tanam Pakan Lebah.

Rupanya begini ya peternakan lebah madu asli itu. Kita yang menanam sendiri pakannya dari bunga-bungaan dan dedaunan yang menghasilkan nektar. Aku juga baru tau tentang fakta propolis berasal dari getah madu dari lebah. Suhita Bee Farm juga menghasilnya madu propolis asli dan terbaik karena mereka memang menyiapkan pakannya dari aliran getah dan tunas pohon. Rupanya propolis yang banyak khasiatnya buat tubuh itu memang berasal dari lebah madu juga.

Aku mencoba madu asli dari sarangnya. Rasanya agak manis dan asam. Rasa dan produksi madu itu bergantung pada nektar yang dikonsumsi oleh lebah. Suhita Bee Farm ini cenderung punya rasa yang agak asam sekaligus manis. Produk-produk madu Suhita tidak sulit didapatkan dan terjamin madu asli karena aku sendiri sudah melihat peternakannya di Bandar Lampung.


Suhita Bee Farm

Alamat: Jln. Batin Mangku Negara, Batu Putuk, Kec. Teluk Betung Utara, Bandara Lampung

Instagram Madu Suhita: @madu_suhita

Harga: mulai dari Rp96.000


6. Kahut Sigerbori

Ketika asyik mencicip madu suhita, di bawah pepohonan rindang, kami diajak berkenalan dengan ecoprint dari Kahut Sigerbori. Ada makna di balik nama Kahut Sigerbori. Kahut artinya cinta atau kesayangan. Siger adalah mahkota khas Lampung. Bori adalah teknik dari Jepang untuk mengikat atau membuat corak kain. Kahut Sigerbori sendiri merupakan bahasa dari Lampung Pesisir.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 23


Sesuai namanya Kahut Sigerbori memproduksi produk-produk yang ecofirendly. Contoh simple-nya adalah praktik membuat motif print dari bunga dan dedaunan di atas bahan linen untuk membuat tote bag. Aku mencobanya sendiri dengan menata daun dan bunga-bungaan yang telah ku pilih di atas kain. Kain itu dibalik lalu dipukul-pukul dengan palu dari kayu. Getah-getah daun dan bebungaan itu akan tercetak di atas kain dan memiliki corak warna natural. Daun-daun yang punya tanin tinggi yang akan menghasilkan warna yang bagus.

Ternyata seru juga ya membuat pola dari bahan-bahan alami begini. Aku baru diajarkan tahap pertama dalam mencetak pola dan warna. Masih ada beberapa langkah berikutnya agar warna dan pola yang tercetak tadi lebih tahan lama.

Kalau kamu penasaran dengan produk-produk Kahut Sigerbori, kamu bisa lihat katalognya di akun Instagram-nya. Motif-motif kainnya sungguh cantik dengan warna-warna alam.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 24

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 25

Kahut Sigerbori

Alamat: Jln. ZA. Pagar Alam, Gang Ken Arok No. 10/22, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung

Jam buka toko: 09.00-17.00 WIB

Instagram Kahut Sigerbori: @kahut_sigerbori


7. Lembah Batu Heritage

Makan malam di Lampung dengan nuansa alam, restoran Lembah Batu Heritage bisa jadi pilihan. Sebenarnya Lembah Batu Resto ini luas dan instagramable. Tapi karena aku datang untuk makan malam, aku hanya dapat melihat bagian depannya saja. Rupanya Lembah Batu Heritage baru saja soft opening bulan September 2021. Masih baru banget. Jika melihat dekorasi dan nuansa alamnya, restoran ini bakal jadi alternatif tempat nongkrong kekinian di Lampung.

Makanan yang disajikan adalah menu-menu tradisional Nusantara. Restorannya terbuka dan terdiri dari beberapa pondokan. Jika ingin mengadakan pertemuan besar dengan live music, Lembah Batu Heritage memang pilihan.


Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 26

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 27

Di restoran ini, peserta fam trip Lampung Krakatau Festival dijamu oleh Bapak Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. Kami bersuka ria di pondokan terbuka berlantai 2 dengan menu-menu makanannya yang enak-enak. Ikan gurame dan ayam gorengnya adalah favoritku. Lain kali, kalau aku berkesempatan kembali ke Lampung, aku akan datang lagi ke sini, bersantai dari siang hingga sore di Lembah Batu Heritage.


Lembah Batu Heritage

Alamat: Jln. Haji Agus Salim No. 29, Sukadana Ham, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung

Jam buka: 11.00-21.00 WIB

Reservasi: 0721-5608862

Instagram Lembah Batu: @lembahbatuheritage


8. Explore Pahawang

Ini adalah salah satu kegiatan puncak dalam rangkaian Fam Trip Lampung yang kuikuti. Akhirnya aku berkesempatan mengunjungi pulau-pulau di Pahawang lagi. Sudah ada 2 perahu motor dari Bumi Pahawang yang menunggu kami di Dermaga Ketapang, sekitar 1 jam dari Kota Bandara Lampung. Aku pun berlayar sekitar 1 jam pula ke Pulau Kelagian Lunik (Kelagian Kecil) yang jadi destinasi pertama saat eksplor Pahawang. Pantai dan airnya bersih.

Aku bersiap-siap untuk snorkeling di perairan Pulau Pahawang. Rindu sekali aku dengan bawah laut Sumatera. Sekarang perairan Pahawang tampak berbeda. Terlihat rumah-rumah apung buat pengunjung istirahat dan ingin bermain air di sekitar. Ada beberapa kegiatan air yang bisa dilakukan di Pahawang, seperti snorkeling, paddle board, dan banana boat. Atau jika tidak ingin basah-basahan, cukup bersantai dengan rumah apung sambil menikmati udara segar dan melihat ikan-ikan kecil berenang di permukaan air yang bening.

Pesona Lampung dalam Lampung Festival Krakatau 2021-jurnaland 28

Kisah tentang eksplor Pahawang akan aku tulis terpisah. Sekian dulu cerita 3 hariku di Lampung. Tampak padat sekali ya. Tetapi menyenangkan. Aku merasa bisa lebih dekat mengenal Lampung. Bisa melihat produk UMKM-nya yang semua dikelola oleh orang Lampung asli. Bangga sekali melihat Lampung bisa sehidup ini kini. Sampai jumpa lagi, Lampung.




Komentar

  1. Waahberuntungnya, Mbak bisa menghadiri Lampung Krakatau Festival 2021 ini. Walaupun dibatasi tetap semarak ya ... saya membayangkannya saja merasa excited. *_*

    BalasHapus
  2. Seru bangeeet acaranya dan tempat2 yang dikunjungi juga bagus2, suka desain cafe coffe nya, unik dan modern

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya usaha2 keren di Lampung, jadi tau deh akan oleh2 di sana. Terus wisata Pahawangnya juga keren banget ya, mudah2an bisa traveling ke sana :)

    BalasHapus
  4. waah..seru sekali acaranya! beruntung sekali ikut acara ini..semoga suatu saat saya berkesempatan ikut pula. Terima kasih sharing pengalamannya dan juga foto2 kecenya yaa

    BalasHapus
  5. Betul, Kak. Kemarin seru banget! Sampai-sampai, 3 hari itu kurang rasanya kalau mau explore Lampung. Harus seminggu. Eh, atau sebulan sekalian? Hahaha

    BalasHapus
  6. Beruntung sekali bisa ikutan festivalnya,Mbak. Acaranya banyak dan mengedukasi. Dari mulai melihat budaya di sana, menikmati batik, menilik peternakan lebah, membuat corak di kain dengan getah daun, semuanya pasti jadi pengalaman yang menarik, ya...

    BalasHapus
  7. Aku beruntung pernah ikut Lampung Krakatau Festival tahun 2016. Waktu itu masih boleh mendaki ke Krakatau. Tapi LKF tahun 2021 ini juga gak kalah menarik ya mba. Aku jadi penasaran ama Lamban Gedung Kuning dan Lamban Batik Lampung. Duh, jadi kangen ama Lampung..

    BalasHapus
  8. Wah makin pengen ke Lampung aja nih.... seru ya, dulu sempat berencana ke sana eh ga jadi. Semoga next berkesempatan bisa ke sana...Aamiin Allohumma Aamiin...

    BalasHapus
  9. Seruuu bangeettt!! Alhamdulillah sekarang udah bisa acara-acara offline gini ya mbaaa. mudah2an kasus covid terus menurun, ku juga kangen banget event-event gini.. :D

    BalasHapus
  10. Menyenangkan ya Festival Lampung ini, bisa mengenal banyak budaya dan wisatanya. Suka banget dengan warna batiknya, cerah dan menyegarkan mata
    Festival Lampung ini diadakan setiap tahun ya, keren Pemerintah sana bisa mengadakan acara secara rutin

    BalasHapus
  11. Seru banget acara Lampunh Festival Krakatau 2021. Bisa lihat adat budaya, keindahan alamnya, hasil pertaniannya dll. Lampung sejak dulu terkenal dengan hasil buminya terutama singkong, jagung dll.

    BalasHapus
  12. seru sekali yaa mba bisa ikutan festival krakatau dan melihat keunikan budaya di Lampung, plus seru bgt itu visit yang part kopinya, sedaaaap tuh kopi lampung

    BalasHapus
  13. Pengen banget ke Lampung, soalnya aku belum pernah menginjak pulau Sumatera, padahal Lampung g terdekat
    Udah planning eh keburu copid haha
    Seneng kalau festival2 gini udah hidup, moga bisa meningkatkan wisata yg sempat meredup ya mbak dan moga tahun depan aku bisa jg lihat Lampng apalagi pas festival gtu :D

    BalasHapus
  14. Mau ke Labam Batik Lampung. Batiknya indah sekali, mba. Pesona batik Lampung tuh wajin dimiliki. Aku cuma punya satu batik Lampung

    BalasHapus
  15. Senang banget bisa berkunkung ke Lampung acara yg sangat bagus. Selain suka dengan Els Coffe, pengen juga ke Pahawang kayaknya keren banget ya mbak.

    BalasHapus
  16. Bahagianya...bisa menghadiri Rangkaian Lampung Krakatau Festival 2021.
    Keseruan yang mulai dibangkitkan lagi untuk menghidupkan wisata Lampung. Semoga pandemi segera berakhir dan segalanya bisa berjalan normal kembali.

    BalasHapus
  17. Langsung jatuh cinta sama El's Coffee Roastery hahaha, tempatnya cozy banget sepertinya. Terus motif kainnya juga bagus-bagus. Aku penggemar kain yang kalo tidur mesti nutupin wajah pake kain. Lalu penasaran sama Kahut Sigerbori dan madunya. Hmm... mesti ke lampung lagi nih suatu hari nanti

    BalasHapus

Posting Komentar