Kisah Tentang Laptop yang Dibawa ke Antariksa

ASUS baru saja me-launching seri laptop Zenbook Space Edition. Dalam rangka apa nih?

Kamu pernah dengar tentang laptop yang dipakai untuk misi luar angkasa? Kebayang nggak bagaimana spek-nya? Bagaimana ketahanannya melintasi ruang hampa udara dan keluar dari radar bumi? Rupanya laptop ASUS pernah dipakai untuk misi luar angkasa 25 tahun lalu. Ini laptop ASUS yang pertama yang akhirnya keluar dari radar bumi dan sudah teruji ketahanannya selama 600 hari di luar angkasa. Aku mendengar tentang kisah ASUS yang sudah menjajal luar angkasa, langsung merasa, "Wow, hebat banget." Aku ikut bangga sebagai pengguna laptop ASUS selama ini.

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa (2)

Nggak ada yang tahu kan, laptop buat menunjang produktivitasku selama beberapa tahun terakhir adalah laptop ASUS. Entah kenapa, aku selalu percaya dengan merk ASUS dari dulu. Lalu punya beberapa list seri Zenbook yang ingin sekali kumiliki. Setelah tahu detail tentang perjalanan ASUS selama ini dalam mengeluarkan seri-serinya untuk berbagai kebutuhan, aku takjub. Kali ini aku mau cerita saat aku diundang ke luar angkasa oleh ASUS.

Eh, bukan luar angkasa beneran. Jadi aku hadir dalam launching seri terbaru ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition. Dekorasi yang dihadirkan adalah tema space alias antariksa. Kita serasa dibawa ke antariksa. Nuansanya dibuat gelap dengan kerlap-kerlip bintang dan cosmos di ruang angkasa. Pokoknya desainnya sungguh futuristik. Semua tamu undangan yang hadir pun mengenakan pakaian dengan warna-warna unsur space. Event-nya berlokasi di Djakarta Theater XXI, Thamrin, Jakarta Pusat.


Kisah Laptop yang Menembus Ruang Angkasa

ASUS sedang memperingati 25 tahun laptop ASUS dipakai dalam misi penerbangan ke antariksa selama 600 hari. Dalam 600 hari itu pula, laptop ASUS bertahan tanpa kerusakan sedikit pun ketika sampai kembali di bumi. Ini adalah misi pada tahun 1998. Rasanya saat itu, ASUS menjadi laptop yang sengaja dipilih untuk menjadi perangkat pendukung di Stasiun Luar Angkasa MIR milik Rusia. Jenis laptop yang dibawa ke luar angkasa saat itu adalah ASUS P6300.

Pada saat itu, laptop ASUS mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik. Perangkatnya pun diakui tidak pernah mengalami overheat padahal aliran termal di luar angkasa dengan di bumi sangat berbeda. Hanya laptop dengan solusi pembuangan panas terbaik yang dapat bertahan dalam operasi berkelanjutan. Tentu saja ini menjadi tonggak sejarah bagi ASUS yang hingga saat ini mengedepankan inovasi dan kualitas. 

Luar biasa ya.

Karena itu, dalam 25 tahun ini ASUS bergerak dan berinovasi mengeluarkan seri yang dapat membantu produktivitas penggunanya dalam berbagai kebutuhan. Untuk memperingati 25 tahun ASUS terbang ke luar angkasa, ASUS mengeluarkan Zenbook 14X OLED Space Edition dengan space-grade durability.

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa (3)

Laptop edisi khusus ini mampu lolos uji ketahanan ekstrem US Space Systems Command Standard (SMC-S-016A) yang di antaranya adalah uji operasional pada suhu 61 hingga -24 derajat Celcius. Selain itu laptop ini juga tahan terhadap guncangan ekstrem berfrekuensi 20-2.000Hz. Untuk menyesuaikan dengan tema luar angkasa, Zenbook 14X OLED Space Edition dihadirkan dengan warna khusus Zero-G Titanium yang elegan. Aku pribadi menyukai desainnya dan bagaimana ASUS memaknai setiap detail dari pola yang terdapat dalam body laptop terbaru ini. Terdapat ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. Elegan dan tiada duanya. Cuma ASUS yang mengeluarkan edisi seperti ini.

Tidak hanya sampai di sana. Keyboard Zenbook Space Edition menjadi sangat nyaman digunakan berkat teknologi keyboard ASUS ErgoSense. Teknologinya dirancang khusus agar aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman dengan pengalaman seperti menggunakan keyboard PC desktop premium. Jarak antar tombol dirancang 1,4mm agar jari dapat menyentuh lebih akurat. Untuk touchpad-nya juga unik. Touchpad Zenbook Space Edition dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan. NumberPad 2.0 membuat input angka menjadi lebih mudah.

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa (4)

Saat acara peluncuran, Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia sempat mengatakan kekagumannya terhadap produk seri terbaru ASUS yang satu ini. Zenbook 14X OLED Space Edition merupakan salah satu laptop yang paling penting bagi ASUS pada tahun 2022. Laptop tersebut merupakan simbol yang melambangkan konsistensi ASUS terhadap inovasi dan kualitas di setiap produknya. Selain dibekali hardware terkini dan desain yang unik, Zenbook Space Edition ini dibekali fitur yang tidak dimiliki oleh laptop lainnya, yaitu space-grade durability. Ini adalah tonggak sejarah baru bagi industri laptop modern. 


ZenVision Bagaikan Jendela Antariksa

Fitur ASUS yang unik dan ekslusif cuma ada di laptop terbarunya ini. Selain dibekali layar terbaik berkat teknologi ASUS OLED, Zenbook Space Edition memiliki fitur ZenVision di bagian depan laptop. Ada layar kecil di bagian depan laptop menyerupai jendela seperti jendela di stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan animasi ekslusif, status, atau informasi penggunanya.

Filosofi fitur ZenVision ini juga menarik. Seperti halnya jendela menuju antariksa dengan pemandangan tanpa batas, ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik yang dapat membuka cakrawala penggunanya tanpa batas.

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa (5)


Layar Zenbook Space Edition ini sudah merupakan layar sentuh dengan resolusi 4K (16:10), sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi fitur ScreenXpert yang inovatif serta interaktif. Untuk teknologi visualnya juga sudah high-quality, dilengkapi dengan warna yang kaya dan akurat. ASUS OLED ini memiliki color gamut 100% DCI-P3 yang telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Teknologinya HDR dan tersetifikasi VESA DisplayHDR True Black. Ini menjadikan laptop canggih satu ini mampu menampilkan kualitas visual dengan akurasi terbaik, serta warna hitam sempurna. 

Ada lagi fitur tambahan yang aku yakin ini akan menjadi pertimbangan penting saat kita sedang memilih laptop. ASUS Zenbook 14X OLED ini dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi hingga 90%. ASUS OLED sendiri sudah mendapatkan sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Laptop ini anti-mata-lelah-club jika sudah digunakan berjam-jam. Simple-nya, ini aman buat mata pengguna, menahan radiasi blue-light, dapat setidaknya mencegah penuaan dini akibat radiasi, dan menjaga hormon melatonin yang biasanya ditekan oleh sinar biru ini sebagai penyebab insomnia.


Prosesor Secepat Roket yang Mengangkasa

Dengan fitur-fitur hardware yang menarik yang sudah kujelaskan di atas, tentunya ada yang bertanya-tanya bagaimana dengan prosesor dan RAM-nya? Jangan khawatir. Inovasi yang dibuat oleh ASUS berbanding lurus dengan teknologi prosesornya. Zenbook Space Edition merupakan laptop modern yang ditenagai prosesor 12th Gen Intel Core H-Series. Artinya, Zenbook Space Edition setara dengan tenaga powerful laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel Core i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.

Selain Intel Core i9, prosesor ini juga terintegrasi dengan chip grafis Intel Iris X yang dapat menghadirkan performa grafis yang mumpuni tanpa menguras daya baterai lebih besar. Chip grafis ini dibekali dengan hardware encoding dan berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa (6)

Kisah Laptop ASUS yang dibawa di Antariksa (7)

Penasaran dengan RAM-nya? Nggak nanggung-nanggung, dengan kebutuhan produktivitas yang tinggi dan multitasking, Zenbook Space Edition dilengkapi memori LPDDR5 4800MHz dengan kapasitas 32GB. Kapasitas penyimpanan data menggunakan PCIe 4.0 SS sebesar 1TB. Kebayang kan bagaimana cepat dan tangguhnya aktivitas kita menggunakan Zenbook secepat roket ini. Bagiku yang sering menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, video editing, photo editing, dan memuat data yang besar, butuh sekali laptop yang gesit seperti ini. Sudah nggak ada lagi loading-loading yang panjang setelah ini.

Seakan nggak kehabisan ide pembaruan, kita tentu khawatir dengan panas laptop dengan performa seperti ini. Laptop ASUS ini sudah dilengkapi sistem pendingin khusus berupa ASUS IceCool Technology. Terdapat 2 kipas dengan 2 jalur udara keluar sebagai pendingin semua komponen di dalam laptop ini.

Harga ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini dibandrol Rp26.999.000 untuk Core i7/16GB RAM dan Rp30.999.000 untuk Core i9/32 GB RAM. Harga yang spektakuler dengan spek yang juga luar biasa.


Main Spec.Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)
CPUIntel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory32GB LPDDR5 16GB LPDDR5
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
GraphicsIntel® Iris® Xᵉ Graphics
Input/Output1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader
ConnectivityWi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera720p HD camera with electronic privacy shutter
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm
Weight1.4 Kg
ColorsZero-G Titanium
PriceRp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM) Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Komentar

Popular Posts