Pop Up Art Jakarta, Pameran Tematik Menarik di Jakarta

Makin ke sini, karya seni semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Bahkan karya seni dapat dipajang dan menjadi semacam wisata tematik kaum urban. Orang Jakarta kini punya banyak pilihan untuk berwisata. Libur 17 Agustus lalu aku sengaja datang ke salah satu pameran instalasi yang cukup digemari anak-anak muda dan banyak berseliweran di social mediaku. Namanya Pop Up Art Jakarta.

Awalnya Pop Up Art Jakarta cuma kulihat seliweran di social mediaku. Belum ada momen buat berkunjung langsung ke sana. Kebetulan sekali, ada seorang teman lama dari Padang datang ke Jakarta. Namanya Ria. Ria menginap selama 2 hari di rumahku sebelum melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Jarang-jarang sekali Ria punya banyak waktu begini. Dia datang bersama anak bungsu dan keponakannya.  Aku memutar otak, ke mana ya enaknya liburan singkat yang ramah anak?

Akhirnya ku tahu jawabannya. Pop Up Art Jakarta. Wisata di Jakarta yang nggak bikin anak rewel karena masih di dalam mall, dan tentunya menarik. Tiket masuknya juga gratis. Cukup registrasi online di website-nya.

Pop Up Art Jakarta, Pameran Tematik Menarik di Jakarta

Pop Up Art Jakarta, Pameran Tematik Menarik di Jakarta (2)

Pop Up Art Jakarta diadakan di Senayan Park Mall Jakarta. Aku akhirnya bawa mobil ke Senayan Park biar sekali angkut karena Ria membawa balita. Kasihan kan kalau mesti aku ajak naik KRL atau MRT. Padahal ingin sekali aku mengajak teman-teman atau saudara yang datang dari luar kota buat menjajal angkutan umum. Mungkin lain kali ya.

Begitu masuk mall, kita diarahkan ke lantai 2 untuk masuk ke Pop Up Art Jakarta. Rupanya antreannya lumayan dan ada sesi yang dibuka setiap 2 jam. Ini tujuannya agar pengunjung tidak membludak di dalam.  Untung sekali, aku cukup menunggu 15 menit untuk ikut sesi pukul 4 sore.

Ada beberapa tema menarik begitu aku memasuki venue Pop Up Art Jakarta. Benar-benar art banget. Untuk beberapa ruangan pertama yang dimasuki bergantian, kita akan bermain warna dan cahaya. Ada area gelap dengan warna-warna yang nyala dalam gelap. Serasa berada di angkasa. Lalu ada area cermin dengan bola-bola lampu warna-warni.

Pop Up Art Jakarta, Pameran Tematik Menarik di Jakarta (3)

Pop Up Art Jakarta, Pameran Tematik Menarik di Jakarta (4)

Pop Up Art Jakarta kali ini mengangkat tema Collecting Moments and Happiness. Kita disuguhi karya karya para kreator muda Indonesia. Ada beberapa stand pameran dari Bumilangit, Gatotkaca, Infia, Pionicon, dan sebagainya. Dekorasinya menarik dan berwarna banget. Kita bisa berfoto bergantian dengan pengunjung yang lain. Bagi pencinta komik Indonesia dan karakter-karakter lokal, tentu datang ke Pop Up Art Jakarta ini sangat menyenangkan.

Yang menarik adalah, pengunjung juga punya ruang berkreasi sendiri. Ada dinding hitam yang disediakan untuk dicoret-coret oleh pengunjung. Bikin apa pun bebas. Nanti spidol metalik silver dan gold akan dipinjamkan oleh petugas yang berjaga. Selain itu ada pohon harapan buatan juga di dekat pintu keluar. Di sini kita bisa menuliskan harapan kita tentang hidup dengan post it yang sudah disediakan. Lalu digantungkan deh di pohon harapan ini. Saat aku datang, pohon harapan ini sudah dipenuhi oleh gantungan sticky notes berwarna-warni. Jadi menarik ya.

Pop Up Art Jakarta, Pameran Tematik Menarik di Jakarta (5)

Begitulah Pop Up Art Jakarta memukau kita sesaat. 2 jam di dalam tak akan terasa. Begitu juga Ria, sangat menikmati pameran tematik satu ini. Kebetulan kami juga pencinta kesenian dan pameran, jadi menyenangkan datang ke sini bersama-sama.

Setelah ini ada pameran tematik atau exhibition apa lagi yang menarik di Jakarta?

Komentar

Popular Posts