In Story Land

Antara Samsung Galaxy dan Xiaomi Redmi, Kamu Pilih Mana

Apa yang kamu pikirkan saat akan membeli handphone? Kameranya? RAM? Memory? Daya tahan baterai? Atau harganya?

Kalau ngomongin teknologi, pasti nggak ada habisnya. Apalagi handphone berpengaruh banget sama aktivitas kita sehari-hari. Tanpa handphone, hidup rasanya hampa. Lebih baik ketinggalan dompet di rumah daripada ketinggalan handphone. Siapa yang setuju?

Samsung Galaxy vs Xiaomi Redmi-iPrice

Fitur Samsung Galaxy vs Xiaomi Redmi-iPrice

Beberapa bulan lalu aku sempat kebingungan memilih handphone karena handphone lamaku sudah mulai error dan baterainya sudah sangat drop. Waktu itu aku mau berangkat ke Jember tetapi handphone sudah sangat 'sekarat'. Kamu tahu sendiri kan, kalau traveling, aku selalu update video dan foto di social media untuk berbagi objek dan cerita menarik di setiap tujuan. Handphone sudah jadi benda wajib yang selalu kugenggam sepanjang traveling.

Pada saat itu, pilihanku sudah mengerucut pada dua merk handphone, Samsung dan Xiaomi. Percaya nggak kalau secara fitur, dua brand handphone ini sedang bersaing. Mari aku jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan antara Samsung dan Xiaomi ini.

1. Samsung Galaxy

Pada masa awal handphone android merebak di Indonesia, aku adalah pengguna setia Samsung Galaxy pada saat itu. Jadi aku memang sudah tidak asing lagi dengan merk handphone yang satu ini. Ternyata Samsung masih merajai pasar smartphone di Indonesia. Seri Samsung Galaxy sudah banyak sekali seperti Samsung Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A, Galaxy E, dan Galaxy J.

Sebagai orang yang suka traveling, blogging, dan vlogging, aku menyukai performa Samsung Galaxy A series dengan harga yang masih ramah kantong. Samsung Galaxy A series nggak mau kalah saing dengan Samsung Galaxy Note. Dari segi harga, Samsung Galaxy Note yang terbaru tentu lebih tinggi. Aku butuh smarphone yang baterainya tahan lama, kameranya bagus, RAM minimal 4GB dan memory bisa di atas 64 GB. Kebutuhannya sudah pasti untuk multimedia, bisa akses social media, shoot kamera, photo dan video editing.

Harga Samsung Galaxy vs Xiaomi Redmi iPrice
Gambar diambil dari samsung.com

Sebenarnya performa itu sudah dipegang oleh Galaxy Note 10 yang punya fitur dual video call, auto HDR, dan video 2160p@30fps. Diimbangi pula oleh Galaxy S series yang mengeluarkan Samsung Galaxy S10 yang sempat heboh di pasar gadget karena menggunakan konsep infinity-O yang langsung menempel di layar sentuhnya dan RAM 8GB. Seri ini juga sudah anti air, sehingga aman buat penyuka petualangan air.

Sementara itu, untuk Galaxy A series yang terbaru adalah Galaxy A80. Kamera belakangnya bukan dual lagi, tapi triple, persis seperti Galaxy A50. Begitu juga dengan kamera depannya. Fitur fotografinya dilengkapi LED Flash, panorama, HDR, dan kamera ultrawide. Untuk fitur video, kualitas video 2160p@30fps, 1080p@30/60fps, dan 720p@480fps. Cocok sekali buat yang hobi buat konten video.

Untuk perbandingan harga, kamu dapat cek di iPrice agar bisa melihat penawaran harga terbaik. Rata-rata untuk harga Samsung Galaxy A80 harganya mulai dari Rp7.100.000. Sementara itu, Galaxy Note 10 sekitar Rp7.838.500 dan Galaxy S10 Rp7.700.000. Harganya beda tipis ya. Kalau mau yang lebih murah masih ada Samsung Galaxy M20 seharga Rp1.670.000, Galaxy S8 seharga Rp3.493.237, dan Galaxy A70 seharga Rp4.550.000 berdasarkan list termurah dari iPrice Indonesia.


2. Xiaomi Redmi

Bagi pengguna smartphone yang multimedia, selain Samsung Galaxy, aku digoda juga dengan keberadaan Xiaomi Redmi. Xiaomi Indonesia mengeluarkan seri Redmi tentu dengan sejumlah alasannya. Dari awal kemunculan Xiaomi di Indonesia, pasarnya selalu menjangkau anak muda milennial dan orang-orang dari kalangan menengah. Brand smartphone satu ini menjadi salah satu vendor yang sangat produktif mengeluarkan produknya dengan harga lebih murah dari pesaingnya tetapi spesifikasi sama. 

Aku pernah naksir dengan Xiaomi Redmi 4A karena menggunakan prosesor Snapdragon 425 64-bit quad-core. Sudah pasti handphone satu ini sangat nyaman dipakai multimedia dan multitasking. Untuk seri terbarunya yang sedang bersaing di pasar gadget adalah Redmi Note 8 dan 8 Pro yang mengandalkan fitur 4 kamera. Bukan triple lagi, ya. Redmi 7 dan 7A yang harganya murah meriah di kisaran satu juta rupiah sudah tersedia RAM 3GB.

Pilihan Redmi terbaru juga beragam sesuai kebutuhan penggunanya. Ada Black Shark 2 Pro yang menjadi seri Redmi untuk pencinta gaming karena dibekali hardware tertinggi dan RAM 12GB. Bahkan, katanya Black Shark 2 Pro telah dinobatkan sebagai smartphone pertama di dunia yang menerapkan tingkat capacitive touch 240 Hz untuk 10 jari di layar 60Hz. Harganya berkisah Rp7.800.000.

Fitur Samsung Galaxy vs Xiaomi Redmi-iPrice
Gambar diambil dari mi.com

Sebenarnya handphone Xiaomi terkenal murah banget. Bahkan Redmi 5A dan Redmi 2 Prime saja harganya di bawah satu juta rupiah. Karena itu pula, dengan karakter dan spesifikasi menyaingi Samsung, Xiaomi cepat melejit dan punya banyak penggemar. Untuk tahun ini, berdasarkan data dari iPrice, handphone Xiaomi yang populer antara lain Xiaomi Redmi 5A, Redmi Note 5, Redmi 6A, Pocophone F1, dan Redmi S2.

Fitur pelacakan untuk handphone Xiaomi jika sewaktu-waktu hilang juga telah diaktifkan melalui fitur Mi Account. Jadi pengguna Xiaomi kini nggak perlu waswas lagi jika handphone ketinggalan atau hilang. Fiturnya sudah cukup mumpuni dan bisa dilacak melalui PC. Inovasi-inovasi semacam ini masih terus dikembangkan oleh Xiaomi agar performanya di pasar internasional semakin kuat. Aku nggak akan heran jika nanti Xiaomi mengeluarkan fitur tercanggih lainnya. Kemungkinan itu masih sangat terbuka lebar. 

Kalau dilihat-lihat fitur-fitur smartphone saat ini berlomba-lomba memenuhi kebutuhan orang banyak di dunia digital. Pergantian seri setiap merk pun cepat sekali karena teknologi cepat berkembang. Nah, kalau kamu bingung mau membeli smartphone jenis apa yang sesuai kebutuhan dan sesuai kantong, kamu bisa cek iprice.co.id. Jadi iPrice Indonesia merupakan marketplace yang memuat  perbandingan harga, voucher, kupon, dan segala promo. Nah, mengingat sekarang gadget sudah berbagai jenis, tipe, dan harga, aku terbantu banget melihat perbandingan spesifikasi dan harga di iPrice ini. Sekali cek, iPrice akan memuat harga-harga terendah dari berbagai e-commerce yang menjual produk yang sama. Kita sangat dimudahkan dengan perbandingan harga ini, kan. Jadi tingga pilih kita akan membeli produk handphone di e-commerce dan toko yang mana.

Related Articles

1 komentar:

  1. saya pilih realme saja :)
    Dalam waktu singkat, kurang dari setahun hadir di indonesia, realme sudah bisa masuk 5 besar market share smartphone di Indonesia. harga lebih murah dari xiaomi, tapi spek, fitur dan build quality setara galaxy

    ReplyDelete