Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Labels

Postingan Populer

[Review] Nonton Drama Cina Falling Into Your Smile, Sebuah Impian Jadi Pemain e-Sports Internasional

Film Rompis, Puisi Roman Memaku di Hati

Quote Drama Cina Falling Into Your Smile tentang Perjuangan Atlet e-Sports

Langsung ke konten utama

Virtual Tour 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis

Sudah setahun pandemi melanda dan kita belum bisa ke mana-mana. Meski sekarang tidak ada larangan bepergian, tapi lalu lintas mancanegara belum resmi dibuka. Kita baru bisa terbang sana-sini di dalam negeri aja. Pemerintah pun masih menganjurkan kita untuk tetap di rumah, bekerja dari rumah, dan sekolah daring.

Namun, aku salut dengan segala inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak, pemerintah serta pelaku usaha. Memang manusia itu luar biasa ya, dalam keadaan terbelenggu pun kita selalu bisa mencari solusi apa pun itu. Salah satunya virtual tour untuk beberapa tempat. Traveling melalui virtual tour ini mulai digemari beberapa waktu ini.

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis

Aku baru aja browsing museum virtual tour yang bisa diakses gratis. Tiba-tiba kepikiran museum karena punya adik yang masih SMA. Kasihan juga dia belum banyak pengalaman untuk study tour. Adikku pernah bilang, seharusnya liburan semester kenaikan kelas nanti dia study tour ke Jepang sesuai program sekolah mendalami bahasa dan budaya Jepang langsung di negaranya. Lalu adikku juga pernah bilang, seharusnya dia bisa jalan-jalan ke museum-museum bagus di ASEAN. Dia juga punya keinginan yang besar untuk belajar bahasa Korea lebih serius. Tapi lembaga kursus bahasa asing pun masih sebatas daring.

Sedih juga dengar cerita-ceritanya. Apa daya, dia cuma bisa sekolah daring. Waktu luangnya cuma diisi dengan lihat social media, nonton drama Korea, dan stalking para idol K-Pop khususnya BTS.

Jadi, aku kepikiran untuk cari tahu destinasi-desinasi menarik yang bisa didatangi adikku. Ya, mulai dari museum dulu kali ya. Museum-museum di Indonesia sudah banyak yang disediakan virual tournya. Lalu bagaimana dengan museum-museum terkenal di Eropa? Kebanyakan virtual tour dapat diakses di beberapa platform harus berbayar. Ternyata ada lho museum di Eropa yang bisa diakses gratis. Ini bisa dijadikan bahan belajar dari museum untuk adikku yang masih sekolah itu.

Aku udah rangkum rekomendasi virtual tour museum terbaik di dunia yang dapat diakses gratis.

1. Musee du Louvre, Paris-Prancis

Siapa yang nggak kenal Musee du Louvre di Paris ini? Dengan arsitektur piramida kaca di bagian depan museum dan tempat lukisan Monalisa asli karya Leonardo da Vinci dipajang, Museum Louvre jadi terkenal di seluruh dunia. Kalau ke Paris belum mampir ke museum Louvre, kunjunganmu belum tuntas.

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 2

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 3

Bahkan ada banyak orang yang datang ke sini untuk berfoto di bagian depannya saja. Nggak ikutan masuk karena alasan tiket masuknya mahal atau karena butuh seharian khusus untuk mengelilingi semua penjuru museum saking besarnya.

Orang yang datang langsung ke Paris saja jarang yang masuk kecuali memang benar-benar penggemar karya seni dan arsitekturnya. Nah, pihak museum Louvre sendiri menyediakan virtual tour dalam museumnya yang bisa diakses gratis. Siapa yang ngiler ya kan. Aku sendiri belum akses semua ruangannya, baru bagian ruangan pertama. Yuk, ada yang mau ikutan virtual tour ke Musee du Louvre Paris? Langsung kunjungi website resminya ya (klik di sini).


2. National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA), Seoul-Korea

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 4

Pencinta karya seni kontemporer, desain, dan arsitektur Korea nggak boleh melewatkan MMCA Korea ini. Ada 4 museum nasional tersebar di beberapa kota di Korea. Salah satunya di Seoul. Aku baru saja berjalan-jalan masuk melihat koleksi-koleksi di area indoor MMCA Seoul. Wah, keren dan menarik sekali. Katanya di bagian outdoor ada taman dengan beberapa instalasi juga.

Langsung aja klik Google Arts and Culture lalu search MMCA ya.


3. Dali Theatre Museum, Girona-Spanyol

Bagi yang tahu tentang Salvador Dali, seorang pelukis surealis legendaris Spanyo, tentu wajib mengunjungi Dali Theatre Museum di Girona, Spanyol. Museum ini memang didedikasikan untuk sosok Salvador Dali dan memuat berbagai karyanya di museum tersebut.

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 5

Bagi yang tidak mengenalnya, Dali Theatre Museum menarik untuk dikunjungi. Interiornya, koleksinya, dan karya seninya, sungguh enak dipandang. Apalagi museum ini terkenal sekali di Spanyol.

Untuk akses virtual tour museum ini, kamu bisa masuk ke website resmi Dali Theatre museum (silakan klik di sini).


4. The British Museum, London-Inggris

Ini museum yang sudah lama sekali ingin kukunjungi langsung. Apa daya belum kesampaian. Akhirnya aku akses jalan-jalan ke The British Museum London lewat aplikasi Google Arts and Culture. Kamu tinggal search The British Museum, langsung keluar semua informasi dan virtual tour-nya (klik di sini). 

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 6

Katanya, film Night At The Museum yang ketiga sedang shooting di museum ini. Wah, pasti seru. Sebelum filmnya resmi rilis tahun depan, kita telusuri sendiri dulu yuk The British Museum London ini.


5. Vatican Museum, Vatican City-Italia

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 7

Bagi pencinta karya Michelangelo, kita bisa menikmatinya di Kapel Sistine, Vatican Museum. Tentu saja dengan telusur virtual tour. Vatican Museum terkenal dengan koleksi benda bersejarah dan seluk-beluk Gereja Katolik Roma. Total ada 14 ruangan atau hall yang bisa kita akses secara virtual 360 derajat. Bagus banget tata ruangnya, dekorasi, hingga bentuk bangunannya. Kenapa bisa seindah ini sih? Klasik dan serasa masuk ke Roma zaman dulu.

Kamu bisa akses virtual tour Vatican Museum di link ini.


6. Smithsonian National Museum of Natural History, Washington D.C-Amerika Serikat

Siapa yang suka nonton film Night at The Museum? Untuk film keduanya, Night At The Museum: Battle of Smithsonian mengambil lokasi shooting di Smithsonian National Museum of Natural History di Washington D.C.

Museum ini adalah museum yang tepat untuk belajar banyak binatang bahkan ada fosil dinaosaurus dipajang di salah satu hall-nya.

Kamu bisa ajak keluarga, adik, bahkan anak-anak buat belajar dunia hewan lewat virtual tour resmi di website Smithsonian National Museum of Natural History ya.

Keliling 6 Museum Terkeren di Dunia Gratis 8

Puas kan virtual tour museumnya. Aku baru nulis 6 rekomendasi museum-museum terbaik dari berbagai negara. Masih banyak museum keren lainnya. Selesaikan dulu aja buat berkeliling 6 museum keren ini lewat virtual tour. Seru. Yakin nggak mau jalan-jalan virtual?

Komentar